Pengaruh City Branding Terhadap Keputusan Kunjungan Kembali (Studi Pada Wisatawan Kampung Coklat

Ningsih, Aini Nurfita (2018) Pengaruh City Branding Terhadap Keputusan Kunjungan Kembali (Studi Pada Wisatawan Kampung Coklat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari city branding terhadap keputusan kunjungan kembali di Kampung Coklat. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisatawan yang pernah berkunjung ke Kampung Coklat sejumlah 160 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni purposive sampling dan kuesioner yang terkumpul sejumlah 160 buah yang digunakan sebagai data primer. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dari responden adalah kuesioner dengan skala likert. Analisis data digunakan analisis regresi linear berganda yang diolah dengan SPSS versi 19 untuk mengetahui pengaruh city branding terhadap keputusan kunjungan kembali di Kampung Coklat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah city branding (X) yang terdiri dari presence, place, potential, pulse, people dan pre-requisites sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan kunjungan kembali (Y). Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang dilakukan adalah variabel city branding (X) secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan kunjungan kembali (Y), selain itu variabel dari city branding yang memberikan pengaruh dominan terhadap variabel terikat adalah place.

English Abstract

This study aims to analyze the influence of city branding on revisit decision to Kampung Coklat. The population and sample used in this study are 160 visitors of Kampung Coklat. The sampling technique used in this study is purposive sampling. The data of this study are primary data obtained from 160 returned Likert-scale questionnaires, which were analyzed using multiple linear regression analysis in SPSS version 19. The independent variable of this study is city branding (X) consisting of presence, place, potential, pulse, people and pre-requisites, while the dependent variable is revisit decision (Y). The result of this research, based on data analysis and hypothesis testing, is that city branding (X) simultaneously and partially have a significant effect on revisit decision (Y). In addition, the variable of place has also a dominant influence on the dependent variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2018/457/051809288
Uncontrolled Keywords: Kampung Coklat,city branding
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 May 2019 02:46
Last Modified: 20 Oct 2021 08:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164353
[thumbnail of AINI NURFITA NINGSIH.pdf]
Preview
Text
AINI NURFITA NINGSIH.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item