Rahmatri, Dio (2018) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Olahan Cokelat Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI) (Studi Kasus Di Kampung Coklat Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Cokelat adalah olahan yang dihasilkan dari bahan baku biji dan lemak kakao. Agroindustri cokelat di Indonesia saat ini sudah berkembang. Indonesia memiliki banyak produsen kakao yang menghasilkan berbagai macam produk cokelat, baik itu dalam skala industri maupun dalam skala UKM. Salah satu produsen produk olahan cokelat adalah Kampung Coklat Blitar. Kampung Coklat Blitar merupakan sebuah wahana edukasi dan rekreasi keluarga yang berlokasi di Blitar, Jawa Timur. Kampung Coklat Blitar menawarkan 3 jenis produk yang dapat dinikmati konsumen yaitu biji kakao, cokelat dan area wisata edukasi. Beberapa produk olahan cokelat yang diproduksi Kampung Coklat Blitar yaitu cokelat batangan, cokelat bubuk dan permen cokelat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan konsumen terhadap produk olahan cokelat Kampung Coklat Blitar. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut apa saja yang harus diperbaiki produk olahan cokelat Kampung Coklat Blitar menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Pengumpulan data dilakukan dengan 120 responden yang merupakan konsumen produk olahan cokelat Kampung Coklat Blitar. Sebanyak 16 atribut diujikan dalam penelitian ini. Hasil perhitungan dengan metode IPA menunjukkan atribut yang masuk kedalam kuadran I atau prioritas utama untuk dilakukan perbaikan adalah ukuran dan volume, dan harga. Atribut yang masuk kedalam kuadran II atau atribut yang perlu dipertahankan prestasinya adalah rasa, kondisi bahan baku, informasi kadaluarsa dan daya tahan produk. Atribut yang masuk kedalam kuadran III atau prioritas kedua untuk dilakukan viii perbaikan adalah kandungan gizi, bentuk, kemudahan komplain, iklan dan promosi, kemasan produk, kepopuleran merek dan informasi produk. Atribut yang termasuk kedalam kuadran IV atau berlebihan adalah variasi, manfaat dan kandungan bahan pengawet. Hasil perhitungan metode CSI menunjukkan nilai CSI atau tingkat kepuasan konsumen didapatkan sebesar 75% yang berarti konsumen merasa puas terhadap produk olahan cokelat Kampung Coklat Blitar. Produsen perlu memperbaiki atribut – atibut yang kinerjanya masih belum memenuhi kepuasan konsumen agar kepuasan konsumen meningkat dan dapat memberikan citra baik bagi perusahaan.
English Abstract
Chocolate is a base product made from cacao-bean and cacao-fat. Chocolate agroindustry in Indonesia has much improved. Indonesia has many cacao producer that produce many kinds of chocolate-based products, whether in industrial or home-industry scale. One of the chocolate-based product is Kampung Coklat Blitar. Kampung Coklat Blitar well known as family-recreational and educational area located in Blitar, East Java. Kampung Coklat Blitar is offering 3 kind of products that customer can enjoy such as cacao-bean, chocolate bar and edu-recreational areas. Several chocolate-based product of Kampung Coklat Blitar, for example chocolate bar, chocolate powder and chocolate candy This research is done to know the customer satisfaction level towards chocolate based product of Kampung Coklat Blitar. Moreover, the aim of this research is about to find out all of the attributes that should be improved towards chocolate-based products in Kampung Coklat Blitar, using Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI) method. The data was collected from 120 respondents, who were customers of Kampung Coklat Blitar. 16 attributes were analyzed in this research. Calculation result using IPA method showed that attributes categorized into quadrant I (concentrate here) or main priority for improvement are size and volume, and also price. Attributes that are categorized into quadrant II (keep up the good work) or attributes that need to be maintained are flavor, ingredients condition, expiration date information, and product durability. Attributes that are categorized into quadrant III (low priority) or second priority for improvement are nutrition facts, shape, convenience to complaint, advertisement and promotion, x product packaging, brand popularity, and product information. Lastly, attributes that are categorized into quadrant IV (possible overkill) are variation, benefit, and preservative content. Calculation result using CSI method showed that the CSI value or consumer satisfaction level is 75%. This value is in the range of 0,66 – 0,80, which means that consumers are satisfied with chocolate-based products made by Kampung Coklat Blitar. The producer needs to improve attributes that haven’t meet consumer satisfaction in order to increase their satisfaction and also improve the company’s public image.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2018/252/051806183 |
Uncontrolled Keywords: | Cokelat, Kepuasan Konsumen, Kualitas,/ chocolate, consumer satisfaction, quality |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 21 May 2019 06:55 |
Last Modified: | 21 May 2019 06:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/164275 |
Actions (login required)
View Item |