Pengaruh Store Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada LOKA Supermarket Malang

Anastasia, Anis Rana (2018) Pengaruh Store Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada LOKA Supermarket Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tradisi sosiopsikologis dalam teori komunikasi bertujuan untuk memahami bagaimana dan mengapa setiap manusia berperilaku seperti yang diperbuatnya. Store image termasuk kedalam tradisi ini karena lebih berpusat pada perilaku sosial individu, kepribadian, variabel psikologis, sifat, efek individu, persepsi serta kognisi. Tradisi sosiopsikologis merupakan salah satu alat komunikasi pemasaran yang memiliki pengaruh dalam meningkatkan minat beli konsumen untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini dilakukan pada LOKA Supermarket Malang yang bertujuan untuk mengetahui hubungan pengaruh antara store image LOKA Supermarket Malang terhadap minat beli konsumen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey eksplanatif. Sampel dari populasi penelitian ini adalah 272 responden, sampel ini diambil dari model Isaac & Micheal dengan tingkat kesalahan 10%. Variabel independent yang digunakan penelitian ini adalah variabel produk (X1), variabel pelayanan (X2), variabel store atmosphere (X3), variabel harga (X4) dan variabel dependennya adalah variabel minat beli konsumen (Y). Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner yang disebarkan melalui Google Form. Teknik analisi data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, variabel X store image (produk, pelayanan, store atmosphere, dan harga) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen (variabel Y). Secara parsial dimensi/sub variabel X (produk, store atmosphere, dan harga) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen (variabel Y). Sedangkan dimensi/sub variabel X (pelayanan) secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen (variabel Y).

English Abstract

The sociopsychological tradition in communication theory aims to understand how and why every human being behaves as he/she does. Store image belongs to this tradition because it is more centered on individual social behavior, personality, psychological variables, traits, individual effects, perceptions and cognitions. Sociopsychological tradition is one marketing communication tool that has an influence in increasing purchase intention to meet the wants and needs of consumers. This research was conducted at LOKA Supermarket Malang which aims to find out the relationship of influence between store image of LOKA Supermarket Malang to purchase intention. This research uses a quantitative approach with explanative survey method. The sample of this study population was 272 respondents, this sample was taken from Isaac & Micheal model with error rate of 10%. The independent variables used in this research are product (X1), service (X2), store atmosphere (X3), and price (X4). The dependent variable used is purchase intention variable (Y). Data were collected by using questionnaire method distributed through Google Form. Data analysis technique used is multiple linier regression analysis. The results of this study indicate that simultaneously, there is a significant effect between X variable store image (product, service, store atmosphere, and price) with purchase intention (variable Y). Partially dimension / sub-variable X (product, store atmosphere, and price) have significant influence to purchase intention (variable Y). While the dimension / sub-variable X (service) partially does not have a significant influence on purchase intention (variable Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/329/051805044
Uncontrolled Keywords: Tradisi Sosiopsikologis, Store image, Minat beli konsumen-Sociopsychological tradition, Store Image, Purchase intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:26
Last Modified: 14 Mar 2022 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163979
[thumbnail of Anis Rana Anastasia.pdf] Text
Anis Rana Anastasia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item