Hubungan Antara Karakteristik Program Reality Show Rumah Uya Di Trans7 Terhadap Minat Menonton (Studi Kuantitatif Eksplanatif Karakteristik Program Reality Show Rumah Uya Di Trans7 Terhadap Minat Menonton Di Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang)

Simarmata, Rocky (2018) Hubungan Antara Karakteristik Program Reality Show Rumah Uya Di Trans7 Terhadap Minat Menonton (Studi Kuantitatif Eksplanatif Karakteristik Program Reality Show Rumah Uya Di Trans7 Terhadap Minat Menonton Di Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berawal dari teori Uses and Effect tentang hubungan antara penggunaan media dan karakteristik isi terhadap hasilnya yang memiliki dampak pada konsumen pesan. Karakteristik reality show Rumah Uya dalam penelitian ini merupakan variabel independen (X). Sedangkan minat menonton mahasiswa merupakan variabel dependen (Y). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat korelasi antara variabel karakteristik reality show Rumah Uya terhadap minat menonton mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa berstatus aktif Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2018. Dari sejumlah populasi tersebut, dipilih 272 sampel menggunakan teknik Quota Sampling. Pada penelitian ini menggunakan kuisioner offline dan kuisoner online sebagai teknik pengumpulan data. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Pearson melalui program sytem package social science (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik program reality show Rumah Uya terhadap minat menonton mahasiswa dengan nilai sebesar 0,541 yang termasuk dalam kategori menengah. Serta berdasarkan hasil analisis rata-rata, indikator alur cerita merupakan indikator yang paling berpengaruh terhadap minat menonton mahasiswa.

English Abstract

This research started from Uses and Effect’s theory about correlation between media usage and contentcharacteristics toward its results that affect communicant of message. Independent variables (X) in this research is characteristic of reality show RumahUya. Meanwhile dependent variables (Y) in this research is college student’s interest of watching. Therefore, this research purposed to examine and analyze the correlation between characteristics of reality show RumahUya toward college student’s interest of watching. This research used quantitative approach with explanation type research. The population in this research areBrawijaya University college students of 2018. From those population, 272 sample selected by using Quota Sampling technique.In this research using an offline and online questionnaire as data collection technique. Method for analyze hypothesis in this research is Pearson’s correlation analysis by using system package social science (SPSS) program. The results indicate that there is a significant correlation between the characteristics of reality show RumahUya toward student’s interest of watching as 0,541, which is in medium category. Beside, according to averages analysis, storyline is the most effecting indicator of reality show’s characteristic toward student’s interest of watching.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/739/051809822
Uncontrolled Keywords: KarakteristikReality Show, Korelasi, MinatMenonton, Uses and Effect. Correlation, Interest of Watching,Reality Show’s Characteristics,Uses and Effect.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Sep 2019 02:12
Last Modified: 22 Oct 2021 04:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163777
[thumbnail of Rocky Simarmata.pdf] Text
Rocky Simarmata.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item