Naimanda, Muhammad Addin (2018) Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada The Bagong Adventure Museum Tubuh). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh dari variabel Customer Relationship Management terhadap kepuasan pelanggan di The Bagong Adventure Museum Tubuh. Jenis penelitian iniadalah explanatory research. Sampel penelitian merupakan 70 pelanggan The Bagong Adventure Museum Tubuh dengan menggunakan purposive sampling. Karakteristik responden dalam penelitian ini yaitu berdasarkan jenis kelamin, usia, dan pekerjaan. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan The Bagong Adventure Musueum Tubuh pada tahun 2018 dan telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan regresi linier sederhana melalui uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi Identifikasi (X1), Diferensiasi (X2), Interaksi dengan Pelanggan (X3), Modifikasi (X4), Berbagi Informasi (X5), Keterlibatan Pelanggan (X6), Kemitraan jangka panjang (X7), Pemecahan masalah (X8), Teknologi berbasis CRM (X9), dan Otomatisasi Layanan (X10) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y) pada The Bagong Adventure Museum Tubuh.
English Abstract
This research objective is to analyze and find out the effect of Customer Relationship Management variable on customer satisfaction at The Bagong Adventure Museum Tubuh. This research is classified as explanatory research. Using purposive sampling, 70 customers of The Bagong Adventure Museum Tubuh were recruited as respondents. Respondents characteristics in this research are taken based on their gender, age, and occupation. The population of this research are all the customer of The Bagong Adventure Museum Tubuh on 2018 who fulfilled the criteria required before. Firstly, the questionnaire was tested to make sure the validity and reliability. Furthermore, the hypotheses are tested with simple regression analysis to find out the f test results. This research shows that Identified dimension (X1), Differentiation (X2), Interaction with Customer (X3), Modification (X4), Sharing information (X5), Customer engagement (X6), Longterm partnership (X7), Problem solving (X8), Technology based CRM (X9), and Service automation (X10) have simultaneous significant effect on Customer Satisfaction variable (Y) at The Bagong Adventure Museum Tubuh.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2018/206/051804596 |
Uncontrolled Keywords: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh dari variabel Customer Relationship Management terhadap kepuasan pelanggan di The Bagong Adventure Museum Tubuh. Jenis penelitian iniadalah explanatory research. Sampel penelitian merupakan 70 pelanggan The Bagong Adventure Museum Tubuh dengan menggunakan purposive sampling. Karakteristik responden dalam penelitian ini yaitu berdasarkan jenis kelamin, usia, dan pekerjaan. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan The Bagong Adventure Musueum Tubuh pada tahun 2018 dan telah memenuhi kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan regresi linier sederhana melalui uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi Identifikasi (X1), Diferensiasi (X2), Interaksi dengan Pelanggan (X3), Modifikasi (X4), Berbagi Informasi (X5), Keterlibatan Pelanggan (X6), Kemitraan jangka panjang (X7), Pemecahan masalah (X8), Teknologi berbasis CRM (X9), dan Otomatisasi Layanan (X10) secara bersama-sama (simultan) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y) pada The Bagong Adventure Museum Tubuh, customer relationship management, customer satisfaction |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 03 May 2019 02:10 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:37 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163591 |
![]() |
Text
MUHAMMAD ADDIN NAIMANDA.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |