Pengaruh Motif Penggunaan Aplikasi Musik Terhadap Minat Beli Spotify Premium Melalui Tingkat Kepuasan Free Trial Premium

Santoso, Cipto Adi (2018) Pengaruh Motif Penggunaan Aplikasi Musik Terhadap Minat Beli Spotify Premium Melalui Tingkat Kepuasan Free Trial Premium. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Media adalah salah satu bentuk kebutuhan yang selalu dikonsumsi oleh setiap individu. Media digunakan dengan berbagai macam motif yang berbeda-beda. Motif orang menggunakan media juga dipengaruhi oleh tingkat kepuasan dan kegunaan media yang digunakan. Minat sebagai dorongan, yaitu rangsangan internal yang kuat yang memotivasi tindakan, dimana dorongan ini dipengaruhi oleh stimulus dan perasaan positif akan produk”. Pemenuhan kepuasaan yang diharapkan khalayak sendiri semakin bisa terealisasikan dengan adanya bantuan dari aplikasi-aplikasi yang medorong kebutuhan khalayak, salah satu dari aplikasi yang mencoba mendorong pemenuhan kebutuhan kepuasaan khalayak yakni aplikasi musik bernama spotify. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif penggunaan (X) terhadap tingkat kepuasan (Z) sehingga menimbulkan minat beli (Y). Dalam penelitian ini menggunakan populasi yaitu pengguna aplikasi musik spotify dengan total sample sebanyak 272 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling. Penelitian ini menggunakan alat uji instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan ialah uji normalitas, uji linearitas dan uji heteroskedastisitas. Untuk analisis data menggunakan uji jalur (path analysis). Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa motif penggunaan (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan free trial spotify (Z) dan minat beli spotify premium (Y). sehingga dapat disimpulkan bahwa pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan bahwa adanya pengaruh variable motif penggunaan terhadap tingkat kepuasan dan minat beli dalam penggunaan aplikasi musik spotify premium.

English Abstract

Media is one form of need that is always consumed by each individual. Media is used with a variety of different motives. The motive of people using media is also influenced by the level of satisfaction and usefulness of the media used. Interest as encouragement, namely internal stimulation a strong one that motivates action, where this impulse is influenced by stimulus and positive feelings for the product. Fulfillment of satisfaction expected by the audience itself can be more realized with the help of applications that encourage the needs of audiences, one of the applications that tries to encourage the fulfillment of the needs of public satisfaction, namely the music application called Spotify. This study aims to determine the motive of use (X) to the level of satisfaction (Z) so that it raises interest in buying (Y). In this study using a population that is spotify music application users with a total sample of 272 respondents. Sampling is done bytechnique nonprobability sampling. This study uses instrument testing instruments that are validity and reliability. The classic assumption test used is normality test, linearity test and heteroscedasticity test. For data analysis using path test. The results in the study showed that the usage motive (X) had a significant effect on the spotify (Z) free spot satisfaction level and spotify premium buying interest (Y). so it can be concluded that the testing of the hypothesis which states that there is an influence of usage motif variables on the level of satisfaction and buying interest in the use of spotify premium music applications.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/841/051811001
Uncontrolled Keywords: Motif Penggunaan, Tingkat Kepuasan, Minat Beli, Spotify Premium.-Usage Motive, Satisfaction Level, Buy Interest, Spotify Premium.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:11
Last Modified: 22 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163348
[thumbnail of Cipto Adi Santoso.pdf] Text
Cipto Adi Santoso.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item