Pilihan Rasionalitas Pedagang Menentukan Bertahan Atau Berpindah Pasca Konflik Paguyuban

Amiruddin, Muh Dzikri (2018) Pilihan Rasionalitas Pedagang Menentukan Bertahan Atau Berpindah Pasca Konflik Paguyuban. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pedagang Kaki Lima (PKL) pada penelitian ini berada di Jalan Rungkut Industri yang dikelola oleh Strategi Bisnis Unit (SBU) PT. Surabaya Industrial Estate Rungkut (Persero). Konflik yang terjadi ditahun 2014 yang melibatkan Paguyuban Pedagang SIER dengan pedagang yang menolak kegiatan iuran keamanan dan kebersihan, memunculkan aksi eksodus dari pedagang pasca konflik. Berpindahnya pedagang diselimuti sebuah pilihan yang rasional untuk sebuah keuntungan bagi aktor/pedagang itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan teori pilihan rasional James Coleman sebagai pisau analisis. Coleman mengungkapkan bahwa terdapat dua unsur yang paling penting dalam teori pilihan rasionalnya, yaitu aktor dan sumber daya. Pemosisian sumber daya disini adalah sesuatu benda/potensi yang dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk memenuhi tujuan dan terdapat di lingkup aktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pilihan rasional pedagang pasca konflik dalam menentukan bertahan atau berpindah bergantung pada posisi aktor memanfaatkan sumber daya dan juga bentuk/motif interaksi sosial yang terjadi. Sumber daya yang terdapat di Rungkut industri untuk menunjang pedagang dalam berjualan adalah gratis sewa lahan, bangunan sentra kuliner maupun tenda jualan, pinjaman kredit usaha dan ketersediaan pembeli dari kalangan pekerja. Pedagang yang bertahan berdasarkan faktor sumber daya yang ada tersebut, sedangkan pedagang yang berpindah berdasarkan modal interaksi sosial dengan paguyuban dan juga terkait tidak terpenuhinya tujuan pedagang dari ketersediaan sumber daya di kawasan Rungkut industri. Terdapat pedagang dari yang berpindah mengalami keuntungan lebih banyak di lokasi yang baru, tetapi juga terdapat pedagang yang mengalami kerugian setelah berpindah.

English Abstract

Street Vendors (PKL) in this research is located in Rungkut Industry Street managed by Business Strategy Unit (SBU) PT. Surabaya Industrial Estate Rungkut (Persero). The conflicts that occurred in 2014 involving the Traders Association of SIER with merchants who rejected the paguyuban activities, raises action exodus from traders of post-conflict. The movement of traders is shrouded in a rational choice for a profit for the actor/trader itself. This research used a descriptive qualitative approach and use the theory rational choice of James Coleman as a knife analysis. Coleman revealed that there are two elements that are most important in the theory of rational choice, namely actors and resources. Positioning of resources here is a object / potential that can be utilized to the fullest to meet the goals and is in the scope of the actor. The research result show that the rational choice of the trader post–conflict in determining survival or relocation depends on the position of the actor utilizing the resources and also shape / motives of social interaction that occurred. Resources are available in Rungkut industry to support traders in selling is a free land rental, culinary center building and selling tents, business credit loans and the availability of buyers from the workers. Traders who survived based on the existing resource factor, while traders are shifting based on social interaction capital with the association and also related to not fulfilled of trader's objectives from the availability of resources in Rungkut industry area. There are traders from the move experience more profits in the new location, but there are also traders who disadvantage after switching.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/454/051806337
Uncontrolled Keywords: Pedagang Kaki Lima, Paguyuban Pedagang SIER, Pasca Konflik, Pilihan Rasional, Aktor dan Sumber Daya. Street Vendors, Traders Association of SIER, Post Conflict, Rational Choice, Actors and Resources
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.18 Outdoor and streat markets
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Apr 2019 03:24
Last Modified: 21 Oct 2021 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163239
[thumbnail of Muh Dzikri Amiruddin.pdf] Text
Muh Dzikri Amiruddin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item