Pelaksanaan Penilaian Perilaku Kerja Pegawai dengan Metode Penilaian 360 Derajat Feedback (Studi pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Wilayah Jawa Timur II)

Putri, Dina Alyani (2018) Pelaksanaan Penilaian Perilaku Kerja Pegawai dengan Metode Penilaian 360 Derajat Feedback (Studi pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kantor Wilayah Jawa Timur II). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelaksanaan penilaian perilaku dengan metode penilaian 360 derajat feedback dilatarbelakangi oleh kurang obyektif umpan balik penilaian perilaku dengan metode konvensional yaitu penilaian dari atasan terhadap bawahan dikarenakan penilaian hanya dilakukan dari satu sudut pandang. Penilaian dengan metode 360 derajat feedback merupakan penilaian dengan melibatkan umpan balik atasan, rekan, kerja dan juga bawahan sebagai penilai. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jawa Timur II merupakan salah satu instansi pemerintah yang sudah melaksanakan penilaian dengan metode 360 derajat ini. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh tiga fokus penelitian yaitu (1) Aspek penilaian perilaku pegawai ; (2) proses pelaksanaan penilaian perilaku pegawai dengan metode 360 derajat feedback ; (3) Tujuan pelaksanaan penilaian perilaku pegawai dengan metode 360 derajat feedback. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi di lapangan. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah Analisis data model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian perilaku pegawai dengan metode 360 derajat feedback dirasa lebih obyektif daripada penilaian secara konvensional, karena penilaian dilaksanakan dari berbagai sudut pandang sehingga menghasilkan penilaian yang lebih obyektif, namun masih terdapat hambatan dalam pelaksanaannya dikarenakan masih terdapat pegawai yang kurang berpengalaman dalam melakukan penilaian sehingga akurasi penilaian menjadi bias, dan kuesioner sebagai alat untuk melakukan penilaian dirasa masih sulit dipahami oleh sebagian pegawai. Disisi lain tujuan pelaksanaan penilaian perilaku dengan metode 360 derajat feedback ini untuk mendapatkan umpan balik yang signifikan demi perbaikan perilaku pegawai, namun hasil yang ditunjukkan belum mendapatkan umpan balik yang terlalu signifikan karena hasil penilaian yang didapatkan oleh pegawai merupakan rata-rata secara keseluruhan sehingga tidak menggambarkan secara jelas. Agar pelaksanaan penilaian perilaku dengan metode 360 derajat feedback ini berjalan dengan efektif maka diperlukan sosialisasi kepada seluruh pegawai dan pendampingan atau pelatihan kepada pegawai agar dapat memahami mengenai tujuan pelaksanaan penilaian perilaku pegawai dengan metode 360 derajat feedback ini.

English Abstract

Conduct a behavioral assessment using a 360 degree feedback method motivated by less objective feedback behavioral assessment by conventional methods of assessment of superior to subordinates because the assessment is only done from one point of view . Rating with 360- degree feedback method is an assessment by involving feedback from superiors, associates, work as well as subordinates as assessors. Directorate General of Customs and Excise Office of East Java Region II is one of the government agencies that has implemented the assessment with this 360-degree method. This research is descriptive research with qualitative approach and limited by three focus of research that is (1) Aspect of assessment of behavior ; (2) the process of conducting employee behavior assessment with 360- degree feedback method ; (3) The purpose of the implementation of employee behavior assessment with 360-degree feedback method . Data obtained through observation, interviews, documentation in the field. While the data analysis used is Miles & Huberman interactive data model analysis. The results of this study indicate that the implementation of employee behavior assessment with 360 degree feedback method is considered more objective than conventional assessment, because the assessment is carried out from multiple points of view to produce a more objective assessment, but there are still obstacles in the implementation because there are still employees who are less experienced in the assessment so that the accuracy of assessment becomes biased, and the questionnaire as a tool to do assessment is still difficult to understand by some employees. On the other hand the purpose of conducting a behavioral evaluation with this 360 degree feedback method is to obtain significant feedback for improving employee behavior, but the results shown have not received too significant feedback because the results of the assessments obtained by the employee are on average overall so as not to describe clearly. A gar implementation of behavioral assessments with 360 degree feedback method to work effectively it is necessary to disseminate to all employees and mentoring or training to employees in order to understand the objectives of the implementation of employee behavioral assessment with the 360 degree methodfeedb a ck this.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/298/051804426
Uncontrolled Keywords: Penilaian perilaku kerja, Metode penilaian 360 derajat feedback-Assessment of work behavior, 360 degree feedback assessment method
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.312 Conditions of employment, performance rating, utilization of personnel > 658.312 5 Performance rating (evaluation)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 27 Jun 2019 02:44
Last Modified: 25 Oct 2021 04:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/163032
[thumbnail of Dina Alyani Putri.pdf]
Preview
Text
Dina Alyani Putri.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item