-, Muzdhalifah (2018) Inovasi Pelayanan Kelurahan Melalui Aplikasi SINGO dalam rangka meningkatkan Kualitas Pelayanan (Studi Pada Kantor Kelurahan Sawojajar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penyelenggaraan pelayanan publik di Kantor Kelurahan Sawojajar tidak luput dari permasalahan, terutama dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat, banyaknya keluhan masyarakat mengenai kurang primanya pelayanan berdampak kepada kualitas pelayanan kelurahan. Menurunnya kualitas pelayanan di Kelurahan Sawojajar mendorong Pemerintah Kelurahan Sawojajar melakukan upaya perbaikan dalam sistem pelayanannya. Inovasi merupakan salah satu upaya yang digunakan Kantor Kelurahan Sawojajar untuk meningkatkan kualitas pelayanan publiknya, Pada tahun 2016 Inovasi pelayanan kelurahan mulai dikembangkan, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi dan menerapkan konsep e-government, kelurahan sawojajar mampu menciptakan inovasi pelayanan berbasis internet yang diwujudkan dalam bentuk Aplikasi. Aplikasi yang diberi nama Aplikasi SINGO (Sistem Pelayanan Malang Online) merupakan inovasi dalam sistem pelayanan di Kantor Kelurahan Sawojajar, Inovasi ini merupakan metode baru yang digunakan pemerintah sawojajar untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, adanya pemanfaatan teknologi informasi ditujukan untuk memperbaiki sistem pelayanan yang sudah ada. Penerapan Aplikasi SINGO mengalami beberapa kendala sehingga tujuan dari dibuatnya aplikasi ini masih belum berjalan dengan maksimal, kendala yang terjadi dalam penerapan Aplikasi SINGO berasal dari dua belah pihak, yakni kurangnya sosialisasi yang diadakan pihak kantor kelurahan sawojajar kepada masyarakat, dan kurangnya pemahaman masyarakat mengenai penggunaan teknologi, untuk itu kelurahan sawojajar berupaya dengan melakukan sosialisasi di setiap RT dan RW agar dapat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Untuk mendukung penelitian ini digunakanlah teori-teori dari para ahli seperti teori mengenai inovasi, teori mengenai pelayanan publik dan teori mengenai e-government, inovasi pelayanan kelurahan melalui Aplikasi SINGO merupakan harapan Kantor Kelurahan Sawojajar dalam memperbaikin sistem pelayanan kelurahan menjadi pelayanan yang prima dan akuntabel seperti misi Kantor Kelurahan Sawojajar
English Abstract
The implementation of public service in Sawojajar Village Office is not escaped from problems, especially in giving service to the public, the number of public complaints about the lack of excellent service impacted the quality of service in the office of Sawojajar Village. The decreasing quality of service in Sawojajar village encourages Sawojajar village office to make improvements in its service system. Innovation is one of the efforts used by Sawojajar urban village office to improve the quality of its public service. In 2016, the urban village service innovation has been developed, utilizing the progress of technology and information and applying the concept of e-government, sawojajar village able to create innovation of internet-based service embodied in the form Application. Application named SINGO Application (Sistem Pelayanan Malang Online) is an innovation in the service system at Sawojajar Village Office, this innovation is a new method used by government of sawojajar village to provide services to the community, the use of technology is intended to improve the existing service system. SINGO Application has several obstacles so that the purpose of this application is still not running maximally, the obstacles that occur in the implemantation of SINGO Application comes from both sides, the lack of socialization held by the village office to the community, and the lack of understanding of the community about the use of technology , for that sawojajar village offices attempt to socialize in every RT and RW in order to touch all layers of society. To support this research used the theories of the experts such as the theory of innovation, the theory of public service and the theory of e-government, the innovation of village services through SINGO Application is the hope Sawojajar village office in improving the service system of the village to be excellent service and accountable as mission of Sawojajar village office
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/280/051804408 |
Uncontrolled Keywords: | Inovasi, Pelayanan Publik, Pelayanan Kelurahan, e- Government Kelurahan, Aplikasi SINGO-Innovation, Public Service, Village Service, e-Government Subdistrict, SINGO Application |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system > 352.630 285 Computer apllication |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 03:14 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162809 |
Preview |
Text
Muzdhalifah.pdf Download (12MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |