Aristya, Oktian Chandra (2018) Upaya Meningkatkan Disiplin Aparatur Sipil Negara Pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soedono Madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelaksanaan kegiatan pelayanan publik adalah suatu tugas dan tanggung jawab yang dibebankan oleh pemerintah kepada para Aparatur Sipil Negara dan harus dijalankan sesuai dengan norma dan ketaatan kepada peraturan yang berlaku pada masing-masing ruang lingkup kerjanya. Pada RSUD dr. Soedono Madiun tindakan dan sanksi tegas akan diberikan oleh pegawai yang terbukti melakukan pelanggaran disiplin. Pelanggaran disiplin yang dilakukan tentunya akan turut menghambat jalannya kegiatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dikarenakan pegawai yang bersangkutan tidak berada di tempatnya ketika sedang menjalankan tugas. Peran RSUD dr. Soedono Madiun dalam mengoptimalkan sikap disiplin pegawainya merupakan suatu hal yang penting. RSUD dr. Soedono Madiun diharapkan mampu menjadi contoh baik bagi rumah sakit lain di wilayah karesidenan Madiun, sehingga kualitas pelayanan kesehatan di Wilayah karesidenan Madiun dapat lebih ditingkatkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh RSUD dr. Soedono Madiun untuk mengoptimalisasikan disiplin Aparatur Sipil Negara dalam menunjang kualitas pelayanan publik. Menganalisis disiplin pegawai serta upaya-upaya yang dilakukan RSUD dr. Soedono Madiun dalam mengoptimalisasikan sikap disiplin pegawainya. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa sikap disiplin yang dimiliki oleh Aparatur Sipil Negara pada RSUD dr. Soedono Madiun masih cukup baik, walaupun ada beberapa pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh pegawai. Namun ketegasan direktur dalam memberikan sanksi hukuman disiplin kepada pegawai yang terbukti melanggar sudah patut diapresiasi. Juga kurangnya sumber daya manusia (SDM) terlebih tenaga ahli pada RSUD dr. Soedono Madiun menjadi keluhan tersendiri bagi pegawai dalam menjalankan tugasnya. Karena dengan kurangnya jumlah tenaga ahli dapat membuat kegiatan pelayanan kesehatan menjadi terhambat dan juga kualitas pelayanan bisa terpuruk apabila tidak segera menemukan solusi pemecahan masalahnya.
English Abstract
Implementation of public service activities is a task and responsibility imposed by the government to the State Civil Apparatus and must be run in accordance with the norms and obedience to regulations applicable to their respective scope of work. In RSUD dr. Soedono Madiun action and strict sanctions will be provided by employees who are proven to commit disciplinary offenses. Violation of discipline will certainly hinder the course of health service activities to the community, because the relevant employees are not in place while performing the task. Role of RSUD dr. Soedono Madiun in optimizing the attitude of employees discipline is an important thing. RSUD dr. Soedono Madiun is expected to be a good example for other hospitals in the residency area of Madiun, so that the quality of health services in the Madiun Residency area can be further improved. This research uses descriptive research type with qualitative approach. The purpose of this research is to know the efforts undertaken by RSUD dr. Soedono Madiun to optimize the discipline of Civil State Apparatus in supporting the quality of public services. Analyzing employee discipline and efforts made by RSUD dr. Soedono Madiun in optimizing the discipline attitude employees. The results of this study found that the discipline attitude that is owned by the State Civil Apparatus in dr. Soedono Madiun is still quite good, although there are some disciplinary violations committed by employees. But the firmness of the director in giving disciplinary punishment to the employee who proved to violate is deserved to be appreciated. Also the lack of human resources (HR) especially experts at dr. Soedono Madiun became a separate complaint for employees in carrying out their duties. Due to the lack of number of experts can make health care activities to be hampered and also the quality of service can be worse if not immediately find solutions to problem solving.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/278/051804406 |
Uncontrolled Keywords: | Upaya Peningkatan Disiplin, Aparatur Sipil Negara, Pelayanan Publik-Efforts to improve discipline, State Civil Service, Public Service |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 07:49 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162803 |
Preview |
Text
Oktian Chandra Aristya.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |