Prasetya, Irwan (2018) Inovasi Pelayanan Pembuatan Surat Pindah di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo melalui Aplikasi Berkas Mlaku Dewe. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa: (1) inovasi pelayanan pembuatan surat pindah di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo melalui aplikasi Berkas Mlaku Dewe, (2) dampak dari pelaksanaan inovasi pelayanan pembuatan surat pindah melalui aplikasi Berkas Mlaku Dewe. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Kabupaten Sidoarjo, dan situs penelitian dilaksanakan di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo, Kantor Desa Suruh, dan Kantor Desa Suko. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dirancang menggunakan metode analisis data spiral yang terdiri dari mengorganisasi data, membaca dan membuat memo, mendiskripsikan, mengklasifikasikan dan menafsirkan data menjadi kode dan tema, menyajikan dan menvisualkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan di semua klasifikasi tipologi inovasi menurut Muluk (2008:44-45). Yaitu dari bentuk atau produk layanan, proses pelayanan, metode pelayanan, strategi dan kebijakan pelayanan, dan aktor dalam pelayanan. Dampak internal pelayanan pembuatan surat pindah melalui aplikasi Berkas Mlaku Dewe di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo memberikan dampak positif terhadap kinerja kelembagaan yang lebih efisien dan efektif dalam penggunaan sumber daya yang ada. Karena pelayanan dilakukan secara elektronik menggunakan komputer atau smartphone. Sedangkan dari dampak eksternal pelayanan pembuatan surat pindah melalui aplikasi Berkas Mlaku Dewe di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo memberikan dampak positif terhadap waktu penyelesaian pelayanan yang lebih cepat dan alur pelayanan yang lebih singkat yaitu pemohon hanya datang ke kantor desa saja. Selanjutnya, diharapkan aktor dalam pelayanan dapat lebih meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, terutama dalam pembuatan surat pindah melalui aplikasi Berkas Mlaku Dewe, seperti layanan kepada pemohon yang langsung diproses dalam pembuatannya secara tepat, cepat, efektif, dan efisien agar meminimalisir waktu seperti yang ditargetkan. Dengan kualitas pelayanan yang baik diharapkan membuat pemohon merasa puas dalam hal pelayanan pembuatan surat pindah.
English Abstract
This study aims to analyze: (1) innovation service of moving letter in Sukodono Sub-district of Sidoarjo Regency through application of File Mlaku Dewe, (2) impact of implementation of service innovation of making of moving letter through application of Mlaku Dewe File. This research uses descriptive research with qualitative approach. The research location is in Sidoarjo regency, and the research sites are conducted at Sukodono District Office of Sidoarjo Regency, Suruh Village Office, and Suko Village Office. Using observation data collection techniques, interviews, and documentation. Data analysis techniques are designed using spiral data analysis methods consisting of organizing data, reading and making memos, describing, classifying and interpreting data into codes and themes, presenting and visualizing data. The results of this study indicate that there is a change in all classifications of typology of innovation according to Muluk (2008: 44-45). Namely from the form or product of service, service process, service method, strategy and service policy, and actor in the service. The internal impact of moving letter-making service through the application of Mlaku Dewe File in Sukodono Sub-district of Sidoarjo Regency gives a positive impact on institutional performance that is more efficient and effective in the use of existing resources. Because the service is done electronically using a computer or smartphone. Meanwhile, from the external impact of the service of making a moving letter through application of Mlaku Dewe File in Sukodono Sub-district of Sidoarjo Regency gives a positive impact on the faster service settlement time and the shorter service flow that the applicant only come to the village office only. Furthermore, it is expected that the actors in the service can further improve the quality of service to the community, especially in the making of moving letters through the application of Mlaku Dewe File, such as the service to the applicant directly processed in its manufacture precisely, quickly, effectively and efficiently in order to minimize the time as targeted. With good service quality is expected to make the applicant feel satisfied in terms of service of making a moving letter.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/287/051804415 |
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Program, Pelayanan Surat Pindah, Berkas Mlaku Dewe-Program Innovation, Move Service, Dewe Mlaku File |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 23 May 2019 06:30 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162791 |
Preview |
Text
Irwan Prasetya.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |