Analisis Perbedaan Antara Shopping Lifestyle dan Status Consumption pada Generasi X, Y, Z (Survei pada Wanita Berhijab di Kota Jakarta)

Pramesti, Namira Yekti (2018) Analisis Perbedaan Antara Shopping Lifestyle dan Status Consumption pada Generasi X, Y, Z (Survei pada Wanita Berhijab di Kota Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dunia fesyen di Indonesia dapat dikatakan berkembang pesat beberapa tahun belakangan ini, salah satunya sejak adanya kesepakatan untuk membentuk Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Indonesia merupakan salah satu negara yang berlomba-lomba menjadikan dirinya sebagai ASEAN Fashion Hub Capital atau negara pusat mode di Asia Tenggara. Kota Jakarta merupakan Ibukota Negara Indonesia yang merupakan pusat pemerintahan dan bisnis serta menjadi salah satu pusat kota mode fesyen di Indonesia. Beberapa tahun terakhir ini, industri ekonomi kreatif terutama dalam retailer dan fesyen terus berkembang dengan pesat, khususnya fesyen hijab. Indonesia merupakan salah satu negara dengan konsumsi fesyen busana muslim terbesar di dunia sehingga menduduki peringkat ke 5 berdasarkan Global Islamic Economy Report tahun 2016. Ekspor fesyen muslim negara Indonesia berada di peringkat ke 3 setelah Bangladesh dan Turki. Perkembangan fesyen hijab yang bergerak cepat kemudian menjadi salah satu motivasi dari wanita berhijab Generasi X, Y, dan Z untuk melakukan pembelanjaan serta terdorong untuk mengonsumsi barang fesyen yang up to date. Perbedaan dalam kepribadian konsumen antar kelompok generasi ini yang akan mempengaruhi karakteristik Shopping Style dan Status Consumption pada masingmasing generasi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berjudul “Analisis Perbedaan Antara Shopping Lifestyle dan Status Consumption pada Generasi X, Y, Z (Survei pada Wanita Berhijab di Kota Jakarta)”. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 152 orang responden yang merupakan wanita berhijab di kota Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Incidental Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuisioner dan menggunakan analisis one way anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara Shopping Lifestyle dan Status Consumption yang diukur menggunakan Fashion Consciousness, Shopping Conscious, Brand Consciousness, Impulsive Buying, dan Status Consumption pada Generasi X, Y, Z

English Abstract

The Fashion world in Indonesia can be said as rapidly growing in recent years. One of the reasons is since the agreement to form an integrated ASEAN Economy Community (AEC), and Indonesia is one of the countries that competes to define itself as the ASEAN Fashion Hub Capital or fashion central country in Southeast Asia. Jakarta is the capital city of Indonesia which is the centre of business and government, and also became one of the city hub of fashion in Indonesia. A few years ago, the creative economy industry mainly in fashion retails continue to grow rapidly, especially hijab fashion. Indonesia is one the biggest Moslem fashion consumption in the world till it ranked fifth by the Global Islamic Economy Report in 2016. The rapid development of hijab fashion became one of the motivations of hijabi women of X, Y, Z generation to spend and triggered off to consume the up to date fashion items. The consumer personality differences between each generation group will affect the characteristic of shopping style and consumption status in each generation. Therefore, the researcher is interested to do a research titled ‘The differences analysis between Shopping lifestyle and Status Consumption among X, Y, Z generation (Survey on Hijabi Women in Jakarta). The method used in this research is comparative descriptive with quantitative approach. The sample of 152 respondents are hijabi women in Jakarta. The sampling technique used is incidental sampling technique. The data collected was obtained by distributing the questionnaires and using a one way anova analysis. The results of this research shows that shopping lifestyle and status consumption which measured by using fashion consciousness, shopping conscious, brand consciousness, impulsive buying and consumption status have significant differences among X, Y, Z generation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/462/051807099
Uncontrolled Keywords: Fashion Hijab, Generasi X, Generasi Y, Generasi Z, Kelompok Generasi, Cohort, Shopping Lifestyle, Status Consumption.-Hijab Fashion, X generation, Y generation, Z generation, Generation Group, Cohort, Shopping Lifestyle, Status Consumption
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 18 Jun 2019 01:11
Last Modified: 25 Oct 2021 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162672
[thumbnail of Namira Yekti Pramesti.pdf]
Preview
Text
Namira Yekti Pramesti.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item