Ali, Mia Fitri Khotijah (2018) Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja dan Keterlibatan Fesyen terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Survei pada Konsumen Fesyen Muslimah di Kota Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan dunia fesyen yang terus berkembang memunculkan banyak tren dalam fesyen itu sendiri. Salah satu tren fesyen yang sedang berkembang maju adalah tren fesyen muslim. Indonesia sebagai Negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia , yaitu 12,7% dari populasi penduduk muslim di dunia tentunya memiliki potensi yang besar dalam industry fesyen muslim. Hal ini diperkuat dengan Indonesia menjadi salah satu Negara dengan tingkat konsumsi produk fesyen muslim yang tinggi dan berada diposisi kelima menurut State of the Global Islamic Economy Report tahun 2017-2018. Tingginya nilai konsumsi pada produk fesyen muslim tersebut menggambarkan tingginya tingkat pembelian produk fesyen masyarakat muslim di Indonesia. Kota Jakarta sebagai kota metropolitan dan kota yang berkembang pesat menjadi pusat fesyen di Indonesia. Hal ini menjadikan banyak masyarakat khususnya peminat fesyen muslim di Jakarta memiliki kebiasaan dalam gaya hidupnya yang dapat mempengaruhi perilaku pembelian. Gaya hidup berbelanja dan keterlebitan fesyen untuk memenuhi kebutuhan akan fesyen dapat mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian impulsif. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berjudul “Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja dan Keterlibatan Fesyen terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Survei pada Konsumen Fesyen Muslim di Jakarta)” Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research atau eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 138 orang responden yang merupakan wanita muslim konsumen fesyen muslimah di kota Jakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Insidental sampling. Metode pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gaya Hidup Berbelanja dan Keterlibatan Fesyen memiliki pengaruh positif dan signifikan dan signifikan terhadap Perilaku Pembelian Impulsif.
English Abstract
The evolving fashion world develops many trends in fashion itself. One of the emerging fashion trends is the fashion trend of Muslims. Indonesia as a country with the largest Muslim population in the world, ie 12.7% of the Muslim population in the world certainly has great potential in the Muslim fashion industry. This is reinforced by Indonesia being one of the countries with high consumption level of Muslim fashion products and fifth position according to the State of the Global Islamic Economy Report 2017-2018. The high value of consumption in Muslim fashion products illustrates the high level of purchasing Muslim fashion products in Indonesia. The city of Jakarta as a metropolitan city and a rapidly growing city into a fashion center in Indonesia. This makes many people especially Muslim fashion enthusiasts in Jakarta have a habit in his lifestyle that can affect buying behavior. The shopping and fashion lifestyle to meet fashion needs can influence consumers to make impulsive purchases. Therefore, researchers interested in conducting research entitled “Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja dan Keterlibatan Fesyen terhadap Perilaku Pembelian Impulsif (Survei pada Konsumen Fesyen Muslim di Jakarta)” The type of research used is explanatory research with quantitative approach. The sample used is as much as 138 respondents who are muslimah fashion consumers . Sampling technique in this research is using insidental sampling. Data collection method in this research is by using questionnaires and data analysis is multiple linear analysis. The results of this research finds that Shopping Lifestyle and Fashion Involvement has a positive and significant towards Impulsive Buying Behaviour.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/460/051807097 |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Hidup Berbelanja, Keterlibatan Fesyen, Perilaku Pembelian Impulsif, Fesyen Muslimah kota Jakarta.-Shopping Lifestyle, Fashion Involvement, Impulsive Buying Behaviour, Muslimah Fashion Consumers in Jakarta. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 12 Jun 2019 03:15 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 02:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162646 |
Preview |
Text
Mia Fitri Khotijah Ali.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |