Novandini, Revani (2018) Pelayanan Publik Pada Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit (Studi Pada Instalasi Rawat Jalan Poli THT di RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan publik diartikan sebagai setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah terhadap sejumlah manusia yang memiliki setiap kegiatan yang menguntungkan dalam suatu kumpulan atau kesatuan, dan menawarkan kepuasan meskipun hasilnya tidak terikat pada suatu produk secara fisik. Pelayanan kesehatan ialah setiap upaya yang diselenggarakan secara sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok dan ataupun masyarakat. Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) ialah lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia menurut Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, bahwa jaminan kesehatan diselenggarakan secara nasional berdasarkan prinsip ekuitas sebagaimana diatur dalam Pasal 19 ayat 1 UU SJSN. JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) adalah program Pemerintah yang bertujuan memberikan kepastian jaminan kesehatan yang menyeluruh bagi seluruh rakyat Indonesia untuk dapat hidup sehat, produktif dan sejahtera. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Malang, sedangkan situsnya berada di RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan topik penelitian. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan publik pada pasien peserta BPJS di rumah sakit dirumuskan melalui beberapa tahap yaitu: (1) Tahap Proses Pelayanan Publik; (2) Tahap Prosedur Pelayanan; (3) Tahap Persyaratan Pelayanan; (4) Tahap Keadilan Mendapatkan Pelayanan; (5) Tahap Kesopanan dan Keramahan Petugas; (6) Tahap Kewajaran dan Kepastian Biaya Pelayanan; (7) Tahap Kenyamanan Lingkungan, dan Keamanan Pelayanan. Selain itu selama proses perumusan tersebut, terdapat pula cara penyelesaian konflik dalam proses pelayanan publik yang diselesaikan melalui: 1) Faktor Sosial; 2) Hambatan Keluarga; dan 3) Hambatan Komunikasi.
English Abstract
Public service is defined as any activity undertaken by the government against a number of people who have every profitable activity in a collection or unity, and offer satisfaction even if the result is not bound to a product physically. Health care is any effort that is held by itself or together in an organization to maintain and improve health, prevent and cure diseases and restore the health of individuals, families, groups and or society. The Health Insurance Provider Body (BPJS) is an institution established to organize a social security program in Indonesia under Law No. 40 of 2004 on the National Social Security System, that health insurance is held nationally based on the principle of equity as stipulated in Article 19 paragraph 1 of the Social Security Law. JKN (National Health Insurance) is a Government program that aims to provide full assurance of health care for all Indonesian people to be able to live healthy, productive and prosperous. This research uses descriptive research type with qualitative approach which is located in Malang Regency, while its website is in RSUD Kanjuruhan Malang Regency. Primary data sources were obtained from interviews from related informants, while secondary data were obtained from documents relating to the research topic. Data collection techniques through interviews and documentation. While the research instrument is the researcher himself, and some supporting tools such as interview guides, and other aids. The results showed that public service in patients participating BPJS in the hospital was formulated through several stages: (1) Stage of Public Service Process; (2) Stage of Service Procedure; (3) Stage of Terms of Service; (4) Justice Stage of Getting Ministry; (5) Stages of Courtesy and Friendliness of Officers; (6) Fairness Stage and Service Cost Assurance; (7) Stage of Environmental Comfort, and Security of Service. In addition, during the process of formulation, there are also ways of resolving conflicts in the process of public service completed through: 1) Social Factors; 2) Family Barriers; and 3) Communication Barriers.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/633/051808310 |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan publik, Pelayanan kesehatan, Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS), JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)-Public service, Health care, The Health Insurance Provider Body (BPJS), JKN (National Health Insurance) |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 03:18 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 08:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162490 |
Preview |
Text
Revani Novandini.pdf Download (40MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |