Baiturrohmah, Dewi (2018) Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran di Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan unsur yang sangat penting dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Adapun dimensi pokok dalam kualitas pelayanan antara lain adalah dimensi tangibles (berwujud), dimensi reliability (kehandalan), dimensi responsiviness (ketanggapan), dimensi assurance (jaminan) dan dimensi emphaty (empati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan akta kelahiran, faktor pendukung dan faktor penghambat pelayanan serta upaya dalam peningkatan kualitas pelayanan akta kelahiran di Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman dengan cara pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan akta kelahiran di Kabupaten Blitar sebagian besar sudah memenuhi indikator dimensi kualitas pelayanan publik. Tetapi terdapat beberapa indikator yang belum terpenuhi sehingga menjadi penghambat dalam proses pelayanan akta kelahiran di kabupaten Blitar. Selain itu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan, antara lain faktor pendukung internal yaitu jaringan komputer lancar dan kerjasama antara sesama petugas maupun antara petugas dengan masyarakat. Faktor pendukung eksternal yaitu dasar hukum jelas. Sedangkan faktor penghambat internal meliputi kurangnya sarana dan prasarana dan kurangnya sumber daya manusia. Dan faktor penghambat eksternal adalah letak geografis dan kurangnya kesadaran masyarakat.
English Abstract
Quality of service is a very important element in the implementation of public services. The main dimensions in service quality include the dimensions of tangibles, dimensions of reliability, dimensions of responsiviness, dimensions of assurance and dimensions of emphaty. This study aims to determine the quality of birth certificate services, supporting factors and inhibiting service and efforts in improving the quality of birth certificate service in Blitar district. This research uses descriptive research with qualitative approach. Sources of data used are primary data and secondary data. Technique of collecting data is done by interview, observation and documentation. Data analysis model used is a model of Miles and Huberman analysis by means of data collection, data condentation, data presentation and drawing conclusions. The results showed that the quality of birth certificate service in Blitar district has fulfilled most of the indicators of public service quality dimensions. But there are some indicators that have not been fulfilled so that a barrier in the process of birth certificate service in Blitar district. In addition there are several factors that are smooth computer network and cooperation between fellow officers and between officers with the community. The external supporting factor is the clear legal basis. While internal inhibiting factors include lack of facilities and infrastructure and lack of human resources. And external inhibiting factors are geographical location and lack of public awareness.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/797/051809497 |
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Akta Kelahiran-Service Quality, Population Administration, Birth Certificate |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 22 May 2019 06:28 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 06:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162471 |
Preview |
Text
Dewi Baiturrohmah.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |