Inovasi Pelayanan Publik “Sogun” (Samsat Orang Gunung) di Kantor Samsat Kraksaan Kabupaten Probolinggo

Laraswati, Nainin (2018) Inovasi Pelayanan Publik “Sogun” (Samsat Orang Gunung) di Kantor Samsat Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Samsat singkatan dari Sistem Administrasi Manunggal di Bawah Satu Atap, yaitu suatu sistem kerjasama secara terpadu antara Polri, Bapenda dan PT. Jasa Raharja (Persero). Samsat memberikan pelayanan untuk penerbitan STNK/TNK yang dikaitkan dengan pemasukan uang ke kas Negara baik melalui PKB, BBNKB dan SWDKLLJ dan dilaksanakan pada satu kantor yang diberi nama Kantor Bersama Samsat. Dalam upaya memberikan pelayanan tersebut khususnya pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), pihak Kantor Bersama Samsat Kraksaan Kabupaten Probolinggo membentuk inovasi layanan Samsat Sogun (Orang Gunung). Hadirnya layanan Samsat Sogun disebabkan dari adanya pengaduan masyarakat yang berada di daerah pegunungan yang mengalami kesulitan dalam membayarkan pajak kendaraan bermotor ke Kantor Bersama Samsat Induk Kabupaten Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi serta faktor pendukung dan penghambat yang terjadi dalam pelaksanaan Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Layanan Samsat Sogun di Kantor Bersama Samsat Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini didasarkan pada teori atribut inovasi menurut Rogers dalam Suwarno (2008:17) yang terdiri dari relative advantage, compatibility, complexity, triability, dan observability serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang terjadi dalam pelaksanaan layanan Samsat Sogun. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Pengumpulan Data, Kondensasi Data, Penyajian Data dan Menarik Kesimpulan atau Verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Sogun di Kantor Bersama Samsat Kraksaan Kabupaten Probolinggo dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik, namun masih ada beberapa kekurangan dan hambatan yang terjadi. Hambatan yang terjadi dalam inovasi layanan Samsat Sogun adalah ketika jaringan internet yang digunakan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor sedang trouble atau bermasalah serta kondisi cuaca yang tidak terduga.

English Abstract

Samsat stands for Manunggal Administration System under One Roof, an integrated system of cooperation between Polri, Bapenda and PT. Jasa Raharja. Samsat provides services for the issuance of STNK / KNP associated with the entry of money to the State treasury either through PKB, BBN-KB and SWDKLLJ and implemented in an office named Samsat Joint Office. In an effort to provide these services, especially the payment of Motor Vehicle Tax (PKB), the Joint Office Samsat Kraksaan Probolinggo District form innovation service Samsat Sogun (People Mountain). The presence of Samsat Sogun service is caused by the complaints of people who are in the mountains who have difficulty in paying motor vehicle taxes to the Joint Office of Samsat Induk Probolinggo Regency. The purpose of this study is to describe the innovation and the supporting and inhibiting factors that occur in the implementation of the Automotive Tax Service Payment Service Through Samsat Sogun Service in Joint Office Samsat Kraksaan Probolinggo District. The method used in this research is descriptive by using qualitative approach. The focus of this research is based on Rogers attribute theory of innovation in Suwarno (2008:17) which consists of relative advantage, compatibility, complexity, triability, and observability and describes the supporting and inhibiting factors that occur in the implementation of Samsat Sogun service. While the data analysis techniques in this study are Data Collection, Data Condensation, Data Presentation and Attract Conclusion or Verification. The result of this research indicates that the Innovation of Tax Service of Samsat Sogun Motor Vehicle in Joint Office of Samsat Kraksaan of Probolinggo Regency can be said to have been running well, but there are still some shortcomings and obstacles that happened. Barriers that occur in service innovation Samsat Sogun is when the internet network used in the payment of motor vehicle taxes are troubled or problematic and unpredictable weather conditions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/615/051808439
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pelayanan, Samsat Sogun (Orang Gunung), Kabupaten Probolinggo.-Service Innovation, Samsat Sogun (Orang Gunung), Probolinggo District.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Mar 2019 03:48
Last Modified: 25 Oct 2021 06:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162311
[thumbnail of Nainin Laraswati.pdf]
Preview
Text
Nainin Laraswati.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item