Devintania, Pristi (2018) Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Terpadu Administratif Kecamatan (Studi Pada Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulunggagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 4 Tahun 2010 tentang pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Pasal 1 menyebutkan “penyelenggaraan pelayanan publik dikecamatan dari tahap permohonan sampai tahap terbitnya dokumen dalam satu tempat”. Hal ini berarti proses penyelenggaraan pelayanan administratif dilakukan secara bersamaan pada satu loket dengan berbagai layanan yang tersedia. Ruang lingkup PATEN meliputi perizinan dan non perizinan. Maksud dari penyelenggaraan PATEN untuk mewujudkan kecamatan sebagai pusat pelayanan masyarakat dan menjadi simpul pelayanan bagi kantor/badan pelayanan terpadu di kabupaten/kota. Namun pada hakekatnya, pelayanan PATEN juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari pelayanan publik, sehingga memunculkan kepuasan masyarakat atas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Mengingat Kabupaten Tulungagung relatif cukup baru dalam menerapkan Pelayanan Administrartif Terpadu Kecamatan (PATEN) dan Kecamatan Ngunut sebagai salah satu Kecamatan yang mampu menerapkan dan menyelengggarakan PATEN, maka peneliti tertarik untuk melihat sejauhmanakah kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung dalam perpektif kepuasan masyarakat yang terbaru melalui perhitungan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM). Penelitian ini menggunakanMixed Methods Research. Menurut Creswell (2010), penelitian campuran merupakan pendekatan penelitian yang mengkombinasikan antara penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif.Berdasarkan pembagian tipe Penelitian Mixed Methods, penulis memilih menggunakan desain tipe exploratory yang termasuk ke dalam model sequential (urutan). Data-data dalam penelitian ini diambil berdasarkan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PATEN di Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung berjalan dengan baik dan berdasarkan hasil perhitungan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) menunjukkan angka 75,16 dengan kategori “BAIK”. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi relevan dengan hasil perhitungan SKM yang menunjukan bahwa plaksanaan PATEN di Kecamatan Ngunut berjalan dengan baik.
English Abstract
Based on Minister of Home Affairs Regulation no. 4 Year 2010 about the Integrated Administration Service District Article 1 mentions "the implementation of public service in sub district, from people developed into the publication of documents in one place". This means that the service execution process is performed on one counter with various services available. The scope of PATEN includes licensing and non-licensing. The function of the implementation of PATEN to realize the task as a community service center and a task for the office / service integrated in the district / city. But in essence, PATEN services also aim to improve the quality of public services, making it possible to improve public services provided by the government. Considering that Tulungagung Regency is relatively new in applying District Integrated Adminitration Service (PATEN) and Ngunut District as one of District that is able to apply and keep PATEN, the researcher is interested to see how the quality of public service conducted by Ngunut District of Tulungagung Regency in the perspective of public satisfaction latest through calculation of Public Satisfaction Survey (SKM). This research uses Mixed Methods Research. According to Creswell (2010), mixed research is a research approach that combines qualitative research with quantitative research. Based on the division of Research Type Mixed Methods, the authors chose to use exploratory type designs that belong to the sequential model (sequence). The data in this research is taken based on primary data and secondary data. The results showed that the implementation of PATENT in Ngunut District, Tulungagung Regency runs well and based on the results of the calculation of Public Satisfaction Survey (SKM) shows the number 75.16 with the category "GOOD". This indicates that the implementation is relevant to the results of the SKM calculation which shows that the PATEN exercise in Ngunut District is running well.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/827/051809814 |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Publik, Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN), Pelayanan Prima, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM)-Public Service, District Integrated Administration Service (PATEN), Excellent Service, Public Satisfaction Survey (SKM) |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 04:34 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 07:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162307 |
Preview |
Text
Pristi Devintania.pdf Download (37MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |