Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) (Studi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Mojokerto)

Sholikah, Zumrotus (2018) Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) (Studi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Mojokerto). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perdangan menjadi primadona di Kota Mojokerto, hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang sulit dalam mencari pekerjaan, sektor informal menjadi alternatif mereka, salah satunya adalah menjadi pedagang kaki lima (PKL). Banyak upaya Pemerintah dalam mengembangkan pedagang kaki lima (PKL). Tetapi pada kenyataannya, solusi kebijakan yang diberikan Pemerintah belum sepenuhnya berhasil. Hal ini disebabkan masih terdapat banyak permasalahan dalam proses yang dilakukan pemerintah dalam segi penataan, pengaturan, dan pembinaan pedagang kaki lima. Mengacu pada masalah diatas Pemerintah membuat kebijakan yang tercantum dalam Peraturan Daerah No 5 Tahun 2005 tentang Penataan dan Pembinaan Pedagang Kaki Lima di Kota Mojokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Melalui penelitian ini diharapkan akan dapat mengetahui Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Penataan Pedagang Kaki Lima. Lokasi penelitian adalah di Kota Mojokerto. Situs penelitian ini adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Satuan Polisi Pamong Praja. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara, buku catatan, alat perekam, dan kamera. Analisis data dalam penelitian ini model dari Milles dan Hiberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanan Kebijakan Pemerintah dalam Penataan pedagang kaki lima di Mojokerto masih banyak terdapat permasalahan, baik yang berasal dari Pemerintah Kota maupun dari pedagang kaki lima (PKL). Oleh sebab itu untuk mengukur Kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah Kota Mojokerto sudah berhasil atau tidak maka peneliti menggunakan Model Implementasi George C.Edward III yaitu melalui komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi. Dari hasil penelitian, ada beberapa saran yang dapat diberikan oleh peneliti salah satunya adalah keterbukaan dalam hal anggaran. Pemerintah harus lebih tegas untuk memberi sanksi pada pedagang kaki lima yang melanggar. Melakukan pendekatan secara personal sehingga bisa menampung aspirasi para pedagang kaki lima.

English Abstract

Trading become prima donna in Mojokerto City, it is caused by the societies difficult to find work, informal sector become alternative, one of them become street vendor. Many governmental efforts in developing street vendors. But in the fact, the policy solution given by government not success fully. It is caused many problems in the process done by government in the organizing, and developing the street vendors. Refer to the problems above then the government make policy given in Local Regulation No 5 Year 2005 about The Organizing and Developing of Street Vendors in Mojokerto City. The research method used is qualitative research with descriptive approach. Through the research, it is expected can be known the Implementation of Local Government Policy in Organizing The Street Vendors. The research location is Mojokerto City. The research site is Industrial and Trading Agency and Civil Service Police Unit. The data collection technique by documentation, interview, and observation. The research instrument used is the researcher, interview guidance, notes, recorder and camera. Data analysis in the research is model from Miles and Hibberman. The results showed that in the implementation, the governmental policy in organizing the street vendors in Mojokerto city has many problems, either from the City Government or from the street vendors. Because of that to measure the policy made by city government of Mojokerto has succeed or not then the researcher used implementation model from George C Edward, through communication, resources, disposition, bureaucracy structure. From the results, there are several suggestion can be given by the researcher, such as the openness in the budget. Government should more firm in giving sanction to the violating street vendors. Conduct approach personally so able to contain aspiration from the street vendors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2018/770/051809340
Uncontrolled Keywords: policy implementation, street vendors
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.18 Outdoor and streat markets
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 07 Jan 2019 06:36
Last Modified: 25 Oct 2021 08:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/162256
[thumbnail of Zumrotus Sholikah.pdf]
Preview
Text
Zumrotus Sholikah.pdf

Download (45MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item