Santosa, Khusnul Aidil (2018) Implementasi Metode Analytic Hierarchy Process Untuk Penentuan Prioritas Kategori Berita (Studi Kasus: Lyt Media). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Suatu perusahaan media daring di bidang hiburan dan industri kreatif memiliki banyak kategori artikel yang disajikan untuk pembacanya. Hal ini menimbulkan banyaknya materi artikel yang harus disiapkan oleh para penulis berita. Efektifitas dalam menyajikan suatu berita harus dipertimbangkan, agar perusahaan mendapatkan pengunjung artikel yang maksimal. Pimpinan redaksi bertanggung jawab atas artikel yang disajikan pada medianya. Tentunya perusahaan sudah memiliki kategori artikel yang disajikan melalui kriteria bidang hiburan dan industri kreatif. Pemilihan artikel diharapkan dapat memaksimalkan pengunjung yang membaca halaman website, sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan dari traffic pengunjung yang banyak pula. Analytic Hierarchy Process adalah salah satu metode pengambilan keputusan yang dapat memberikan saran untuk pengambilan keputusan kategori artikel dari kriteria yang dibutuhkan. Peralatan utama Analytic Hierarchy Process adalah sebuah hierarki fungsional dengan input utamanya persepsi manusia. Konsep dasar Analytic Hierarchy Process adalah penggunaan matriks pairwise comparison (matriks perbandingan berpasangan) untuk menghasilkan bobot relative antar kriteria maupun alternative. Suatu kriteria akan dibandingkan dengan kriteria lainnya dalam hal seberapa penting terhadap pencapaian tujuan di atasnya. Pada penelitian ini menghasilkan nilai akurasi 65,625%. Hasil dari implementasi metode Analytic Hierarchy Process dapat menjadi solusi efisien dan efektif dalam pengambilan keputusan kategori artikel untuk disajikan.
English Abstract
An online media company in the field of entertainment and creative industries has many categories of articles that are presented to readers, this will lead to excess material articles to be prepared by the authors. Effectiveness in the event of a news must be for the company there is a fairly. The editor-in-chief is responsible for the articles presented in the media. Obviously the company already has a category of articles presented through the criteria of entertainment and creative industries. The choice of articles is expected to maximize the visitors who read the pages of the website, so the company will benefit from the traffic that much as well. Analytic Hierarchy Process is one of the decision making methods that can provide suggestions to make category decisions from the required criteria. Hierarchical Process Hierarchy Process is a hierarchy with input of human assemblies. The Analytic Hierarchy Process procession is the use of pairwise comparison matrices to compare the relative weights between criteria and alternatives. A criterion will be compared with other criteria in terms of importance to the goal. In this research have accuration result 65,625%. The result of the process Analytic Hierarchy Process can be an efficient and effective solution in the decision categories of articles to be presented.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTIK/2018/425/051807585 |
Uncontrolled Keywords: | Analytic Hierarchy Process, Seleksi Kategori Artikel, Media. Analytic Hierarchy Process, Article Category Selection, Media. |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 02:29 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 06:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161632 |
Preview |
Text
Khusnul Aidil Santosa.pdf Download (18MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |