Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Pembelian Sayur Secara Online Di Kota Malang

Mauliddya, Ferisna Rachma (2018) Pengaruh Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Pembelian Sayur Secara Online Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi internet yang pesat di era ini menimbulkan sebuah pemikiran baru bagi pelaku bisnis, terutama dalam hal pemasaran produknya. Beberapa tahun belakangan ini, di Kota Malang mulai muncul layanan e-commerce yang menjual produk-produk pangan seperti sayur, buah, daging, dan sebagainya. Inovasi ini direspon oleh beberapa konsumen yang kemudian melakukan pembelian sayur secara online di beberapa start up yang menjual sayuran secara online diantaranya yaitu Happy Fresh, Abang Sayur Organik, dan Sayurnet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi konsumen dalam membeli sayuran secara online di Kota Malang menggunakan pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB) dan Technology Acceptance Model (TAM), yaitu Persepsi Kebermanfaatan (PU), Persepsi Kemudahan Penggunaan (PEOU), Sikap Konsumen (ATB), Norma Subyektif (SN), Minat Pembelian (PI), dan Pembelian Online (OP). Penelitian dilakukan di Kota Malang pada bulan Februari hingga April 2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang didapatkan dari kuesioner. Responden pada penelitian ini berjumlah 45 orang dengan kriteria pernah membeli sayuran secara online minimal satu kali. Data yang telah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan WarpPLS 5.0. Hasil dari penelitian ini ialah faktor perceived usefulness (PU) dan perceived ease of use (PEOU) merupakan dua faktor yang tidak mempengaruhi intensi konsumen untuk membeli sayuran secara online maupun melakukan pembelian. Hal ini ditunjukkan oleh nilai dari hasil pengolahan data yang menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut tidak memiliki nilai yang signifikan. Sebaliknya, tiga variabel lain yang berasal dari TPB yaitu ATB, SN, dan PBC memiliki pengaruh yang signifikan terhadap purchase intention (PI). Variabel PI juga memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian sayur secara online (OP) yang dilakukan oleh konsumen. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa ATB, SN, PBC, dan PI berpengaruh terhadap OP.

English Abstract

The rapid development of Internet technology in this era caused consideration of renewal in business, especially in marketing strategy. A few years ago, in the city of Malang began to emerge e-commerce services that sell food products such as vegetables, fruits, meat, and so forth. This innovation are being responded by consumers who make purchases of vegetables online in several start up that sell vegetable online such as Happy Fresh, Abang Sayur Organik, and Sayurnet. This study aims to determine what factors are behind the consumer in buying vegetables online in Malang using the approach of Planned Behavior Theory (TPB) and Technology Acceptance Model (TAM), such as Perceptions of Effectiveness (PU), Perception of Ease of Use (PEOU) , Consumer Attitudes (ATB), Subjective Norms (SN), Purchase Interests (PI), and Online Delivery (OP). The study was conducted in Malang on February to April 2018. The data in this study is the primary data obtained from the questionnaire. Respondents in this study involved 45 people using vegetables online at least once. The data that has been obtained are processed using WarpPLS 5.0. The result of this research is factor of Perceived Usefulness (PU) and Perceived Ease of Use (PEOU) are not affected consumer intention to make purchases online or make a purchase. This fact is known by the value of the data processing which shows that the two variables have no significant value. Meanwhile, three other variables of TPB, such as ATB, SN, and PBC have significant influence on purchase intention (PI). The PI variables also have a significant effect on the purchase of vegetables online (OP). Based on the results, it can be concluded that ATB, SN, PBC, and PI affected consumers to do Online Purchasing (OP).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/1001/051805576
Uncontrolled Keywords: Sikap konsumen, e-commerce, Pembelian, Bahan Pangan, Sayur
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Dec 2018 08:44
Last Modified: 19 Oct 2021 14:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161578
[thumbnail of FERISNA RACHMA MAULIDDYA.pdf]
Preview
Text
FERISNA RACHMA MAULIDDYA.pdf

Download (21MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item