Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Atribut Produk Benih Jagung Manis Hibrida Di Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jom

Ramadhan, Wisnu Aji (2018) Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Atribut Produk Benih Jagung Manis Hibrida Di Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jom. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jagung manis merupakan varietas dari jagung biasa dengan penulisan nama latin Zea mays var. saccharata Sturt (Syukur dan Rifianto, 2013). Jagung manis mengalami trend kenaikan yang cukup pesat pada dua tahun terakhir akibat berkembangnya kondisi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat Indonesia. Tercatat pada tahun 2015, produksi jagung manis di Indonesia sebesar 490 ribu ton atau mengalami kenaikan sebesar 3,1 % dibandingkan pada tahun 2014 (475 ribu ton) (Food and Agriculture Organization, 2016). Jagung manis dapat diolah menjadi berbagai macam olahan pangan dengan cita rasa manis karena tingginya kandungan gula dalam bijinya dan aroma yang khas sehingga pangan olahan jagung manis dapat dengan baik diadaptasi konsumen dan memiliki potensi pasar yang besar. Di masa mendatang, jagung manis akan menjadi sumber karbohidrat alternatif yang disukai konsumen karena cukup tingginya kandungan karbohidrat jagung manis sebesar 22,8 gram atau 25% lebih sedikit dibandingkan jagung biasa (30,3 gram) (Yasin dan Suarni, 2011). Berbagai produk benih jagung manis hibrida beredar dan digunakan oleh petani jagung manis di Kecamatan Ngoro. Hampir seluruh petani cenderung menggunakan benih jagung manis merek Talenta sehingga merek tersebut menguasai pasaran dan menjadi market leader di Kecamatan Ngoro. Tetapi faktanya di lapang, beberapa petani mengeluhkan kualitas dari merek tersebut dan merasa kurang puas dengan hasil produksinya. Fenomena tersebut mengindikasikan bahwa persepsi dan tingkat kepuasan petani berbeda mengenai produk benih jagung manis dengan kualitas yang baik. Melihat fenomena yang terdapat di Kecamatan Ngoro, penelitian mengenai tingkat kepuasan petani benih jagung manis menarik untuk dikaji lebih dalam. Penelitian ini akan menganalisis tentang kepuasan konsumen yaitu petani pada produk benih jagung manis Talenta. Alat analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengukur atribut dari tingkat kepentingan dan kinerja produk serta Customer Satisfaction Indeks (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut produk. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 11 atribut yang dipertimbangkan konsumen diantaranya bentuk tanaman jagung, kuantitas hasil produksi, daya tahan hama, daya tahan penyakit, daya tahan simpan klobot, umur panen, bobot tongkol, ujung tongkol penuh, warna kuning biji tanaman, ketebalan daging buah, dan berat kemasan. Hasil tersebut didapatkan dari uji instrumen menggunakan Cochran Q test terhadap 24 atribut produk benih jagung manis. Berdasarkan hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA), atribut kuantitas hasil produksi dan daya tahan penyakit merupakan atribut prioritas utama untuk diperbaiki guna meningkatkan kepuasan konsumen. Rendahnya kinerja kedua atribut dikarenakan masih banyak tanaman jagung manis Talenta tidak tahan terhadap penyakit bulai sehingga menurunkan kuantitas hasil produksi hingga mencapai kurang lebih 22%. Atribut daya tahan hama, umur panen, bobot tongkol,iii ujung tongkol penuh, dan ketebalan daging buah merupakan atribut kekuatan yang harus dipertahankan pretasinya. Kinerja kelima atribut tersebut sudah sesuai dengan harapan atau kepentingan konsumen yang tinggi. Atribut daya tahan simpan klobot dan warna kuning biji tanaman merupakan atribut yang memiliki prioritas rendah karena kinerja atribut tersebut sebanding dengan harapan atau kepentingan konsumen yang rendah. Atribut bentuk tanaman jagung dan berat kemasan memiliki kinerja yang berlebihan karena kinerja atribut tersebut melebihi harapan atau kepentingan konsumen yang rendah. Hasil Customer Satisfaction Indeks (CSI) menunjukkan bahwa petani merasa sangat puas menggunakan benih jagung manis Talenta. Hal ini dapat dilihat dari nilai CSI sebesar 80,92%. Sejalan dengan data yang menunjukkan sebesar 95,46% responden petani setia mencari benih jagung manis Talenta ke tempat lain apabila stok di toko habis. Selain itu, sebanyak 11 atribut yang diujikan, 6 atribut memiliki nilai tingkat kesesuaian di atas rata-rata yang artinya konsumen merasa sesuai dengan kinerja atribut benih jagung manis Talenta. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan untuk Perusahaan Agri Makmur Pertiwi supaya meningkatkan kinerja atribut kuantitas hasil produksi dan daya tahan penyakit yang menjadi prioritas utama dengan perbaikan teknik produksi benih jagung manis. Perusahaan perlu menyamakan persepsi petani tentang budidaya jagung manis Talenta dengan kegiatan penyuluhan. Selain itu, peningkatkan kualitas jasa perlu dilakukan oleh perusahaan supaya konsumen selalu puas dengan benih jagung manis Talenta. Kemudian saran lain untuk penelitian selanjutnya supaya mengembangkan penelitiannya hingga membahas mengenai loyalitas konsumen

English Abstract

Sweet corn experienced a fairly rapid increase trend in the last two year due to the development of social, economic and cultural conditions of Indonesian Society. Recorded in 2015, total production of sweet corn in Indonesia was 490 thousand tons or increase of 3,1% compared to 2014 (475 thousand tons) (FAO, 2016). Sweet corn can be processed into various kinds of processed foods with sweet taste because of the high content of sugar in the seeds and a distinctive aroma so that the processed food of sweet corn can be well adapted by consumers and has great market potential. In the future, sweet corn will be an alternative source of carbohydrates that consumers prefer because of the high content of sweet corn carbohydrate of 22.8 grams or 25% less than ordinary corn (30.3 grams) (Yasin and Suarni, 2011). There are varieties of hybrid sweet corn seeds distiributed and used by sweet corn farmers in Ngoro District. Almost all farmers tend to use sweet corn seed with the brand of Talenta, so that the brand controls the market and become a market leader in Ngoro District. But the fact in the field, some farmers complain about the quality of the brand and feel less satisfied with the results of its production. This phenomenon indicates that the perception and level of satisfaction of farmers is different about a good product quality of sweet corn seed. Looking at the phenomenon found in Ngoro Subdistrict, research on farmers satisfaction level of sweet corn seed is interesting to be studied more deeply. This research will analyze about consumer satisfaction which is farmer on sweet corn seed product of Talenta. That uses the Importance Performance Analysis (IPA) as analysis tool to measure attributes of importance and product performance and Customer Satisfaction Index (CSI) to determine the level of customer satisfaction on product attributes. The attributes used in this study are 11 attributes considered by consumers such as the shape of corn crops, production quantity, pest endurance, disease endurance, storability of cornhusk, harvest time, weight of corn cob, full cob tip, the yellow color of the kernels, thickness of corn flesh, and packaging weight. The result is obtained from instrument testing using Cochran Qtest 24 attribute. Based on the results of analysis of Importance Performance Analysis (IPA), attributes of production quantity and disease endurance are the main priority attributes to be improved in order to improve customer satisfaction. The low performance of both attributes is because there are still many Talenta sweet corn crops is not resistant to bulai disease so it decreases the quantity of production until it reaches approximately 22%. Attributes of pest resistance, harvest time, weight of corn flesh, full cob tip, and thickness of the flesh are the attributes of strength that must be preserved. The fifth performance of these attributes is in compatible with the high expectations or interests of consumers. Attribute of storability cornhusk and the yellow color of the kernels is an attribute that has a low priority because the performance of these attributes is proportional to the low consumer expectations or interests. The shape of corn crops and weight packaging attributes have anv excessive performance because the performance of these attributes exceeds expectations or consumer low interest. While the results of the Customer Satisfaction Index (CSI), shows that farmers are very satisfied using sweet corn seed with the brand of Talenta. This can be seen from the CSI value of 80,92%. This is in line with data that show 95,46% of farmers looking for seeds of sweet corn Talenta elsewhere when there is no stock in the store that is usually purchased. In addition, from 11 attributes tested, 6 attributes have an above-average level of compatibility which means consumers feel in compatible with the performance of Talenta sweet corn seeds attributes. Based on the result of the research, suggestion to Agri Makmur Pertiwi Corporation improve the attributes of production quantity and disease endurance that are the main priority with production technique of sweet corn seed. Corporation have to synchronize farmer’s perceptions about the cultivation of sweet corn Talenta with counseling activities. In addition, services quality improvement needs to be done by the corporation so the consumers are always satisfied with Talenta sweet corn seeds. Lastly, another suggestion for further research to develop their research to discuss about consumer loyalty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/342/051805265
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Benih, Jagung Manis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Dec 2018 06:26
Last Modified: 19 Oct 2021 14:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161508
[thumbnail of WISNU AJI RAMADHAN.pdf]
Preview
Text
WISNU AJI RAMADHAN.pdf

Download (20MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item