Pengaruh Daya Saing Produk Keripik Buah dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen : Survei pada Konsumen Produk Keripik Buah di kota Malang

Mahi, Faizah (2010) Pengaruh Daya Saing Produk Keripik Buah dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen : Survei pada Konsumen Produk Keripik Buah di kota Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh daya saing secara simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan konsumen; 2) mengetahui pengaruh daya saing secara parsial (individu) terhadap kepuasan konsumen; 3) mengetahui pengaruh dari daya saing terhadap loyalitas konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik survey pada konsumen produk keripik buah yang diproduksi di Malang Raya. Metode yang digunakan untuk menganalisis data-data yang dihasilkan dari kuesioner penelitian ini adalah analisis jalur (Path analysis). Variabel dalam penelitian ini adalah daya saing (X) dengan subvariabel biaya produk (X1), kualitas produk (X2) dan fleksibilitas produk (X3); loyalitas konsumen (Z) sebagai variabel terikat (variabel dependen) dan kepuasan konsumen (Y) sebagai variabel antara (intervening). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh daya saing secara simultan dari produk keripik buah terhadap kepuasan konsumen sebesar 61,8%. Artinya kontribusi daya saing produk keripik buah di Malang Raya memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kepuasan konsumen. Pengaruh daya siang secara parsial dari keripik buah di Malang terhadap kepuasan konsumen lebih didominasi oleh variabel kualitas produk sebesar 36,5% kemudian diikuti oleh variabel biaya produk sebesar 31,3% dan variabel fleksibilitas produk sebesar 23,6%. Pengaruh daya saing terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen lebih didominasi oleh variabel kualitas produk sebesar 35% kemudian diikuti oleh variabel biaya produk sebesar 29,6% dan variabel fleksibilitas produk sebesar 24,5%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: terdapat pengaruh daya saing secara simultan (bersama-sama) terhadap kepuasan konsumen sebesar 61,8%. Terdapat pengaruh daya saing secara parsial (individu) dari biaya produk sebesar 31,3%, kualitas produk sebesar 36,5% dan fleksibilitas produk sebesar 23,6% terhadap kepuasan konsumen. Terdapat pengaruh dari daya saing terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai berikut biaya produk sebesar 29,6%, kualitas produk sebesar 35% dan fleksibilitas produk sebesar 24,5%.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/664.804/MAH/p/041002524
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.8 Fruits and vegetables
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2010 09:50
Last Modified: 30 Nov 2010 09:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160150
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item