Policy Evaluation Of Restructuring Street Vendors In Surakarta City (Study Of Street Vendors In Monument Park Banjarsari And Street Vendors In Manahan Stadium)

Prajasari, Frahlevi (2013) Policy Evaluation Of Restructuring Street Vendors In Surakarta City (Study Of Street Vendors In Monument Park Banjarsari And Street Vendors In Manahan Stadium). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

pedagang kaki lima mewakili pelaku ekonomi di sektor informal ekonomi perkotaan aktivitas. Pertumbuhan perkotaan yang dramatis telah memicu urbanisasi dari pedesaan. Namun, itu hanya meningkatkan populasi kota, meskipun Pertumbuhan ekonomis atau sosial budaya di perkotaan menjadi berkembang dengan baik. Di dalam Beberapa kasus di kota-kota besar, kehadiran vendor jalanan dipertimbangkan mengganggu lalu lintas dan mengaburkan keindahan kota. Pemerintah dari Kota / kabupaten biasanya menghilangkan pedagang kaki lima ini dengan menyamarkan kegiatan ini di belakang alasan penataan. Namun, vendor jalanan dengan cepat muncul lagi setelah dihapus. Konflik kepentingan antara keindahan dan penataan berakhir kota di satu sisi, dan permintaan bertahan hidup di antara para pedagang di sisi lain, tampaknya tak ada habisnya. Penelitian sebelumnya (kertas final) oleh penulis berhak dengan `The Strategi penataan vendor jalanan melalui kepemimpinan persuasif Mendekati`. Namun, ini Penelitian sebelumnya hanya difokuskan pada satu lokasi, yang merupakan Monumen Banjarsari Taman, dan hanya ditekankan pada satu hal, yang merupakan bagaimana kepemimpinan persuasif dilakukan oleh Walikota pada saat itu (Jokowi). Dalam penelitian ini (tesis), penulis berkonsentrasi pada 2 lokasi yang akan dianalisis untuk kebijakannya struktur vendor jalanan. Lokasi-lokasi ini adalah Taman Monumen Banjarsari dan Stadion Manahan. Penelitian ini berupaya untuk mengevaluasi apakah kebijakan penataan vendor di kota ini dikelola dengan baik mirip dengan itu selama kepemimpinan Jokowi atau bahkan lebih buruk. Ini penting karena Surakarta City telah menjadi kota model untuk penataan vendor jalanan. Ini Penelitian menggunakan tipe adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.data Sumber yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data oleh observasi, wawancara, dan dokumentasi. instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri, panduan wawancara, catatan lapangan. Metode analisis data termasuk pengurangan data, presentasi data, penarikan kesimpulan / verifikasi. Fokus penelitian ini meliputi: (1) Street Structuring Kebijakan Vendor dan proses relokasi PKL di Solo, A.Socialisasi Kebijakan Penataan Vendor Street di Solo, b. Implementasi Kebijakan Penataan Vendor jalanan di Solo, c. Kondisi vendor jalanan di Banjarsari, d. Pedagang kaki lima Kondisi di Stadion Manahan. (2) Faktor pendukung dan penghambat penataan Vendor Street, Faktor Pendukung dan Faktor penghambat (3) Evaluasi Kebijakan penataan vendor jalanan di Monument Park Banjarsari dan Stadion Manahan, Menurut Prof.. Otto Soemarwoto dalam Sutisna (2006) tiga langkah yang mencakup : Ekonomi Kesejahteraan Pro, Pro Lingkungan Berkelanjutan, dan Sosial Pro keadilan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: restrukturisasi Vendor Street di Taman Monumen Banjarsari dengan memindahkannya ke Pasar Notoharjo belum memenuhi standar pro-kesejahteraan yang diusulkan oleh Prof.Otto Sumarwoto. Dia mengatakannya karena 15% vendor jalanan di pasar Notoharjo mengakui kurangnya pembeli. Vendor jalanan ini tidak melakukan perdagangan sama sekali sehingga mereka tidak memiliki penghasilan. Kerugian dialami setiap hari. Sementara itu, vendor jalanan di Stadion Manahan telah memenuhi standar pro-kesejahteraan karena mereka tidak mengeluh semua. Penyediaan fasilitas tempat penampungan membuat aktivitas perdagangan di Manahan Stadion berjalan dengan baik. Pemerintah kota Surakarta saat ini harus belajar dari Pemerintah Kota Surakarta sebelumnya dengan mendengarkan semua keluhan vendor jalanan Untuk kelancaran dan ketertiban aktivitas perdagangan vendor jalanan. Bukan hanya mendengarkan, tetapi pemerintah kota Surakarta juga memberikan yang sesuai dan solusi terbaik untuk vendor jalanan sehingga vendor jalanan merasa nyaman Jual dan penghasilan mereka lebih baik dari sebelumnya.

English Abstract

Street vendors represent the economic actors in the informal sector of urban economic activity. The dramatic urban growth has triggered the urbanization from the rural. However, it only increases the population of the city, although the economical or socio-cultural growth in the urban is becoming well developed. In several cases at big cities, the presence of street vendors is considered disturbing the traffic and obscuring the beauty of the city. The government of City/District usually removes these street vendors by disguising this activity behind the reason of structuring. However, street vendors quickly emerge again after removal. The conflict of interest between the beauty and structuring over the city in one hand, and the demand of survival among traders in other hand, seems endless. Previous research (final paper) by the author is entitled with “The Strategy of Structuring over Street Vendors through Persuasive Leadership Approach”. However, this previous research is only focused on one location, which is Banjarsari Monumen Park, and emphasized only on one matter, which is how persuasive leadership is conducted by the Mayor at the time (Jokowi). In this current research (thesis), the author concentrates on 2 locations to be analyzed for its policy to structure street vendors. These locations are Banjarsari Monument Park and Manahan Stadium. The research attempts to evaluate whether the policy of structuring vendors in this city is well managed similar to that during the leadership of Jokowi or even worse. It is important matter because Surakarta City has been the model city for the structuring of street vendors. This research using a type is descriptive research with a qualitative approach.Data sources used were primary and secondary data; techniques of data collection by observation, interviews, and documentation; research instruments used are researchers themselves, interview guides, field notes; methods of data analysis including data reduction, data presentation, drawing conclusions / verification. The focus of this study include : (1) Policy Structuring Street Vendors and Relocation Process Street Vendors in Solo, a.Socialization of policy structuring street vendors in Solo, b. Implementation of Structuring Policy street vendors in Solo, c. Condition of Street vendor in Banjarsari, d. Street Vendors conditions in Manahan Stadium. (2) Supporting and Inhibiting factors of Structuring Street Vendors, Supporting factors and Inhibiting factors (3) Policy Evaluation of Structuring Street Vendors in Monument Park Banjarsari and Manahan Stadium, according Prof. . Otto Soemarwoto in Sutisna( 2006 ) Three measures that include : Pro welfare economics, Pro environmentally sustainable, and Pro social justice. The results of this research indicate that : The restructuring of street vendors at Banjarsari Monument Park by relocating them to Notoharjo Market has not met the standard of Pro-Welfare proposed by Prof.Otto Sumarwoto. It is said so because 15 % street vendors at Notoharjo Market are admitting of lacking of buyers. These street vendors do not make trade at all such that they do not have income. Loss is experienced daily. Meanwhile, street vendors at Manahan Stadium has met Pro- Welfare standard because they do not complain at all. The provision of shelter facility keeps trading activity at Manahan Stadium running well. The current government of Surakarta City must learn from the previous government of Surakarta City by listening all complains of street vendors for the smoothness and orderliness of trading activity of street vendors. Not only listening, but the government of Surakarta City also gives appropriate and best solution to street vendors such that street vendors feel comfort in selling and their income is better than before.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/381.18/PRA/p/2015/041503193
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 14 Aug 2015 15:06
Last Modified: 14 Aug 2015 15:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/157328
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item