Pengaruh Variasi Pre-Tension Dua Arah Pada Reinforcement Fiber Panel Komposit Vinylester Terhadap Kekuatan Tarik Dan Impact

Roso, AdiSucipto (2016) Pengaruh Variasi Pre-Tension Dua Arah Pada Reinforcement Fiber Panel Komposit Vinylester Terhadap Kekuatan Tarik Dan Impact. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi material komposit semakin pesat. Rekayasa material komposit diharapkan meningkatkan sifat mekanik material. Pemberian tegangan mula dua arah pada serat penguat (reinforcement fiber) dari bahan komposit untuk mengetahui pengaruh pre-tension dua arah komposit vinylester terhadap kekuatan tarik dan impact bahan komposit tersebut. Pada penelitian ini dilakukan variasi pre-tension dua arah pada reinforcement fiber panel komposit vinylester. Material komposit disusun oleh serat E-glass (Woven roving) dan resin vinylester. Dengan variasi tension sebesar 0 N, 10 N, 20 N, 30 N, 40 N. Pembuatan bahan komposit menggunakan metode hand lay-up. Pengujian tarik menggunakan universal testing machine dengan berdasarkan acuan standar ASTM D 3039 dan pengujian impact menggunakan Charpy Impact Non – Ferrous berdasarkan standar ASTM D 6110-04. Penarikan serat penguat (reinforcement fiber) dilakukan dalam batas elastis serat menggunakan neraca pegas. Cetakan spesimen dipasang di instalasi alat pre-tension, setelah itu proses penuangan campuran resin dan katalis ke dalam cetakan. Penuangan dilakukan berulang-ulang sampai cetakan penuh pada suhu ruang. Spesimen uji tarik dan impact dibedakan berdasarkan bentuk cetakan. Penarikan serat dilepas ketika spesimen kering dilanjutkan inspeksi secara visual untuk memisah spesimen yang cacat dan spesimen yang siap untuk di uji. Dari hasil pengujian dan analisis data didapatkan bahwa variasi pre-tension yang diterapkan pada reinforcement fiber panel komposit vinylester mempengaruhi kekuatan tarik dan impact komposit. Kekuatan tarik dan impact pada panel komposit vinylester reinforcement fiber mengalami peningkatan seiring meningkatnya pre-tension yang diberikan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai kekuatan tarik komposit maksimum yaitu 142,22 N/mm 2 terdapat pada tension 40 N dan kekuatan impact tertinggi 3,72 J/mm2 pada tension 40 N.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/679/051608679
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 15 Sep 2016 09:11
Last Modified: 21 Oct 2021 12:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144925
[thumbnail of 3_JURNAL_sucip.pdf]
Preview
Text
3_JURNAL_sucip.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 1_cover_jurnal.pdf]
Preview
Text
1_cover_jurnal.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item