Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Potential Gain In Customer Value (PGCV)

Zahroh, Afiyatuz (2016) Analisis Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Potential Gain In Customer Value (PGCV). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas pelayanan dapat didefnisikan sebagai segala sesuatu yang memfokuskan pada usaha-usaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen yang disertai dengan ketepatan dalam menyampaikannya sehingga tercipta kesesuaian yang seimbang dengan harapan konsumen. Pada rumah sakit, kualitas pelayanan digunakan untuk menggambarkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Salah satu rumah sakit yang berada di Tuban adalah RSUD Dr. R. Koesma Tuban. Peningkatan pelayanan kualitas harus dilakukan oleh pihak manajemen RSUD Dr.R Koesma untuk menarik pelanggan dan mempertahankan mutu pelayanan Rumah Sakit. Penelitian ini akan difokuskan pada Intalasi Rawat Jalan (IRJ) RSUD Dr. R. Koesma, yang mana kondisi saat ini masih terdapat beberapa keluhan pelanggan. Permasalahan pada Rumah Sakit ini yaitu masih banyak pasien dan keluarga pasien yang tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan di RSUD DR. R. KOESMA. Selain itu pihak rumah sakit belum mengetahui atribut apa saja yang harus diprioritaskan untuk diperbaiki guna meningkatkan kepuasan pelanggan. Pada penelitian kali ini menggunakan Importance-Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui kondisi kualitas pelayanan rumah sakit yang akan ditampilkan melalui diagram yang memiliki 4 kuadran. Dengan menggunakan IPA maka akan didapatkan informasi berkaitan dengan faktor-faktor pelayanan yang menurut konsumen mempengaruhi kepuasan dan loyalitas mereka. Potential Gain in Customer Value (PGCV) digunakan untuk menentukan prioritas perbaikan pelayanan berdasarkan penilaian konsumen tentang kinerja dan kepentingan dari beberapa atribut pelayanan. Rekomendasi perbaikan diberikan untuk memberikan solusi dari permasalahan yang mendapat prioritas paling utama. Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut-atribut yang harus ditingkatkan dalam kualitas pelayanan rumah sakit yaitu kebersihan toilet umum, ketersediaan pengharum ruangan di toilet umum RSUD, kesesuaian kapasitas ruang tunggu dengan jumlah pasien, keamanan lingkungan rumah sakit, kepastian jadwal pelayanan di klinik instalasi rawat jalan. Rekomendasi perbaikan untuk pihak rumah sakit ini antara lain untuk atribut kebersihan toilet umum maka rekomendasinya adalah pihak rumah sakit menyediakan check sheet atau form controller disetiap toilet, membuat petunjuk untuk menjaga kebersihan toilet rumah sakit berupa tulisan ataupun gambar untuk memberikan informasi kepada semua pasien, membuat prosedur penggunaan toilet secara benar bagi pasien. Solusi atribut ketersediaan pengharum ruangan di toilet umum maka pihak rumah sakit menyediakan pengharum ruangan otomatis disetiap ruang toilet. Kesesuaian kapasitas ruang tunggu dengan jumlah pasien hendaknya rumah sakit menyediakan tempat duduk fleksible dengan jumlah minimal 7 kursi. Rekomendasi perbaikan untuk keamanan Rumah sakit bisa dilakukan dengan menyediakan dua petugas khusus keamanan untuk mengamati cctv

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2016/513/051606877
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 05 Aug 2016 14:00
Last Modified: 22 Oct 2021 05:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/144732
[thumbnail of 04_Pengantar.pdf]
Preview
Text
04_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 05_Daftrar_isi.pdf]
Preview
Text
05_Daftrar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 09_BAB_III_FIX.pdf]
Preview
Text
09_BAB_III_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 07_BAB_I_FIX.pdf]
Preview
Text
07_BAB_I_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 08_BAB_II_FIX.pdf]
Preview
Text
08_BAB_II_FIX.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 06_Ringkasan_&_Resume.pdf]
Preview
Text
06_Ringkasan_&_Resume.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11_BAB_V.pdf]
Preview
Text
11_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10_BAB_IV_FIX.pdf]
Preview
Text
10_BAB_IV_FIX.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 14_Lampiran_2_SPM.pdf]
Preview
Text
14_Lampiran_2_SPM.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
12_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13_Lampiran_1_Kuesioner_Terbuka.pdf]
Preview
Text
13_Lampiran_1_Kuesioner_Terbuka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15_Lampiran_3_Kuesioner_Tertutup.pdf]
Preview
Text
15_Lampiran_3_Kuesioner_Tertutup.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 16_Lampiran_4_tabel_r.pdf]
Preview
Text
16_Lampiran_4_tabel_r.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 18_Lampiran_6_Rekap_kuesioner.pdf]
Preview
Text
18_Lampiran_6_Rekap_kuesioner.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 17_Lampiran__5_Check_Sheet.pdf]
Preview
Text
17_Lampiran__5_Check_Sheet.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lembar_orisinalitas.pdf]
Preview
Text
lembar_orisinalitas.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 01_Cover.pdf]
Preview
Text
01_Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 02_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
02_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03_Orisinalitas.pdf]
Preview
Text
03_Orisinalitas.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item