Studi Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air Lodoyo I di Desa Gogodeso, Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar Jawa Timur.

Bere, Andrianus Suryanto (2015) Studi Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Air Lodoyo I di Desa Gogodeso, Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangkit listrik tenaga air merupakan pembangkit listrik yang bersifat clean energy, mudah diterapkan dan cepat guna. Tujuan dari pembangunan PLTA Lodoyo II adalah untuk memanfaatkan debit yang tidak terpakai oleh PLTA Lodoyo I. Total debit air yang masuk ke waduk Lodoyo adalah 140 m3/det pada musim basah. Dari debit total tersebut yang dimanfaatkan untuk PLTA Lodoyo I adalah sebesar 50 m3/det sehingga ada kelebihan air sekitar 90 m3/det yang dilimpaskan. Debit yang tidak termanfaatkan tersebut digunakan untuk pengembangan PLTA Lodoyo II. Studi ini dilakukan untuk mengetahui besarnya energi paling efektif yang dapat dibangkitkan berdasarkan kelayakan teknis maupun ekonomi. Sehingga nantinya PLTA Lodoyo II mampu menambah energi listrik pada kabupaten Blitar dan sekitarnya. PLTA Lodoyo II direncanakan untuk menambah kapasitas terpasang dengan memanfaatkan tinggi jatuh dan debit yang terbuang. Studi ini menggunakan alternatif debit untuk mendapatkan hasil yang optimum. Analisa debit andalan menggunakan simulasi long storage dengan memperhatikan sistem PLTA yang sudah ada, agar nantinya PLTA Lodoyo II tidak mengganggu sistem PLTA lodoyo I. Bangunan pembawa pada PLTA Lodoyo II direncanakan menggunakan terowongan dan pipa pesat tertanam. Perencanaan desain turbin menggunakan metode USBR dan ESHA yang nantinya dijadikan pembanding guna memperoleh desain turbin yang efisien dan layak secara ekonomis untuk PLTA Lodoyo II. Untuk analisa ekonomi menggunakan beberapa parameter yaitu Benefit Cost Ratio (BCR), Net Present Value (NPV), dan Internal Rate of Return (IRR). Hasil kajian menunjukan debit 74,77 m3/dt (alternatif 5) dapat dibangkitkan energi tahunan sebesar 55576 MWh. PLTA Lodoyo II dibangun dengan komponen bangunan sipil (pintu pengambilan, terowongan, pipa pesat (buried penstock), tangki gelombang (surge tank), saluran pembuang, dan rumah pembangkit) dan komponen peralatan mekanik elektrik seperti turbin, governor dan generator. Total biaya pembangunan sebesar 332.691.979.699 milyar rupiah dengan nilai BCR 1,41, NPV 123,51 milyar rupiah, IRR 17,21 % dan pay back period 5,23 tahun, sehingga pembangunan PLTA layak secara ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/788/051508025
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 28 Oct 2015 10:56
Last Modified: 12 Nov 2021 01:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143939
[thumbnail of 4._DAFTAR_ISI.pdf] Text
4._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3._Ringkasan.pdf]
Preview
Text
3._Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf] Text
BAB_II.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf] Text
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
Text
Bab_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER_DAN_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
1._COVER_DAN_PERSETUJUAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2._Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
2._Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item