Pengujian Variasi Beban Katup Limbah Dan Dimensi Tabung Udara Pada Pompa Hidram,

Ramadhani, MochamadJaffa (2015) Pengujian Variasi Beban Katup Limbah Dan Dimensi Tabung Udara Pada Pompa Hidram,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masyarakat yang berada jauh dari sumber air atau berada pada daerah yang lebih tinggi dari pada sumber air, dapat menggunakan peralatan mekanis untuk membantu dalam penyediaan air. Namun jika dicermati lebih mendalam, ternyata masih ada kendala yang dihadapi ketika dihadapkan pada kebutuhan energi sebagai sumber tenaga penggerak utama (prime mover). Pompa hidram bekerja 24 jam tanpa listrik maupun bahan bakar. Pompa hidram beroperasi berdasar prinsip palu air. Ketika air dihentikan secara tiba-tiba, maka perubahan momentum massa fluida tersebut akan meningkatkan tekanan secara tiba – tiba pula. Peningkatan tekanan fluida ini digunakan untuk mengangkat sebagian fluida tersebut ke tempat yang lebih tinggi. Penelitian mengenai pompa hidram telah banyak dilakukan, akan tetapi masih banyak pula yang perlu dikaji sehingga pengetahuan tentang perencanaan pompa hidram lebih baik. Dimensi tabung udara pada pompa hidram dan berat beban pada katup limbah berperan penting dalam kinerja pompa hidram. Debit yang dihasilkan dipengaruhi oleh banyak aspek meliputi ketinggian head, panjang serta dimensi pipa inlet, jenis pipa, berat beban katup limbah, dimensi tabung udara, panjang serta dimensi pipa output, dan debit yang masuk. Seluruh aspek tersebut saling mempengaruhi satu sama lain. Variasi dimensi tabung udara sangat berpengaruh terhadap debit output pompa hidram. Semakin besar volume tabung udara maka debit yang dihasilkan semakin menurun namun aliran air pada ujung pipa output lebih stabil. Pada penelitian ini volume udara divariasikan tingginya, dan hasil penelitian memperoleh hasil tabung udara hidram yang paling optimal yaitu menggunakan tinggi tabung 75 cm diameter 3 inchi dengan nilai efisiensi terbesar yaitu 49,655 %. Variasi berat beban katup limbah berpengaruh terhadap debit output pompa hidram. Semakin berat beban maka debit yang dihasilkan semakin sedikit. Penggunaan beban yang paling optimal yaitu pada pompa hidram dengan beban katup limbah 75 gram dibandingkan beban yang lain, air bertekanan akan lebih banyak yang dapat terpompa ke atas, karena air lebih mampu menggerakkan katup limbah lebih baik dan aliran air bertekanan menuju tabung udara untuk ditekan lagi menuju pipa penyalur lebih lancar. Pada penelitian untuk jenis pompa hidram ini dimensi tabung udara dan beban katup limbah pompa hidram yang paling efektif yaitu menggunakan berat beban katup limbah seberat 75 gram dengan tinggi tabung udara 75 cm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/611/051506111
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Sep 2015 12:07
Last Modified: 21 Oct 2021 04:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143736
[thumbnail of bab1.pdf]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_+DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
COVER_+DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab5.pdf]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab4.pdf]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of bab2.pdf]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab3.pdf]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item