Evaluasi Kinerja IPAL Duri Kosambi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pengangkutan dan Pengolahan Limbah.

Pratama, MuhammadSukoAdi (2015) Evaluasi Kinerja IPAL Duri Kosambi Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pengangkutan dan Pengolahan Limbah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Setiap hari manusia menghasilkan limbah rumah tangga (domestic waste water) setiap hari. Diperlukan sarana dan prasarana pengolahan limbah untuk mengolah limbah yang dihasilkan rumah tangga tersebut. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) merupakan salah satu dari bagian infrastruktur perkotaan yang memiliki peranan penting terhadap kesehatan lingkungan sesuai dengan semakin meningkatnya laju pembangunan permukiman, khususnya di kawasan perkotaan. IPAL Duri Kosambi yang melayani 25 kelurahan yang berada di wilayah Jakarta Barat tidak mempunyai jaringan pengangkutan limbah, hanya mampu mengangkut limbah septic tank dari rumah tangga menggunakan truk pengangkut dan mengolahnya menjadi lumpur, sedangkan air limbah non toilet yakni yang berasal dari mandi, cuci serta buangan dapur dibuang langsung ke saluran drainase. Kondisi IPAL tersebut kurang dirasakan manfaatnya karena masih mengalami permasalahan seperti kapasitas pengolahan air limbah belum mencukupi, beroperasi sudah tidak efektif dan efisien jika dikaitkan dengan perkembangan teknologi, hingga hasil olahan limbah yang tidak memenuhi standar baku mutu. Tujuan penelitian yaitu mengidentifikasi permasalahan serta persepsi masyarakat mengenai IPAL Duri Kosambi serta mengukur keinginan masyarakat untuk membayar biaya pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pengangkutan dan pengolahan limbah IPAL Duri Kosambi. Metode yang digunakan adalah analisis akar masalah-tujuan dan analisis IPA (Importance Performance Analysis) untuk menjawab rumusan masalah pertama sedangkan analisis WTP (Willingnes To Pay) digunakan untuk menjawab rumusan masalah kedua. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kinerja IPAL Duri Kosambi yang diinginkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pengangkutan dan pengolahan limbah berdasarkan hasil analisis persepsi masyarakat menggunakan metode IPA, diperoleh bahwa atribut ketersediaan informasi atau petunjuk mengenai pelayanan pengangkutan dan pengolahan limbah, waktu tunggu dan proses ii pengangkutan limbah, truk pengangkut limbah tidak menimbulkan pencemaran, dan informasi tentang IPAL Duri Kosambi mudah diterima masyarakat berada di kuadran I atau prioritas utama peningkatan kualitas pelayanan IPAL, dimana masyarakat merasa tingkat kepentingan tinggi namun kepuasan rendah. Selain itu berdasarkan hasil analisis willingness to pay masyarakat tidak keberatan dikenakan biaya atas pelayanan yang diberikan bahkan bersedia membayar lebih jika kualitas pelayanannya meningkat, diketahui bahwa nilai rata-rata kemauan untuk membayar masyarakat sebesar Rp. 377.650 lebih besar dari tarif pelayanan eksisting jasa pelayanan pengangkutan dan pengolahan limbah sebesar Rp 300.000 untuk sekali pelayanan. Oleh karena itu terdapat peluang untuk meningkatkan pelayanan IPAL Duri Kosambi karena masyarakat bersedia membayar lebih sebesar Rp. 77.650 dari biaya eksisting dengan syarat masalah terkait pengangkutan dan pengolahan limbah dapat teratasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2015/212/051502341
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Mar 2015 11:05
Last Modified: 22 Oct 2021 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143268
[thumbnail of 05._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
05._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 03.SURAT_PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
03.SURAT_PERNYATAAN_ORISINALITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 06._BAB_I.pdf]
Preview
Text
06._BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 04._RINGKASAN_DAN_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04._RINGKASAN_DAN_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 07._BAB_II.pdf]
Preview
Text
07._BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 08._BAB_III.pdf]
Preview
Text
08._BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_V.pdf]
Preview
Text
10._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 09._BAB_IV.pdf]
Preview
Text
09._BAB_IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of 12._LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
12._LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 02.LEMBAR_PENGESAHAN_DAN_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
02.LEMBAR_PENGESAHAN_DAN_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 01._COVER.pdf]
Preview
Text
01._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item