Lingkungan Ramah Anak Pada Sekolah TK (Studi Kasus: TK NEGERI PEMBINA 1 MALANG)

Diyanti, Ayu Oktira (2014) Lingkungan Ramah Anak Pada Sekolah TK (Studi Kasus: TK NEGERI PEMBINA 1 MALANG). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masa enam tahun pertama anak adalah golden age, dimana anak mengalami proses tumbuh kembang yang pesat. Dalam proses tumbuh kembang, lingkungan fisik mempunyai peran penting karena paling sering ditangkap langsung oleh panca indera anak. Lingkungan fisik yang memilliki intensitas interaksi yang tinggi dengan anak selain lingkungan rumah, adalah lembaga pendidikan formal yang didapat anak, yaitu taman kanak – kanak (TK) sehingga lingkungan TK wajib menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan tumbuh kembang anak. Konsep sekolah ramah anak sesuai dan perlu untuk diaplikasikan dalam lingkungan TK, karena merupakan konsep dimensional yang menyediakan sarana yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak. Objek studi yang terpilih TK Negeri Pembina 1 Malang karena merupakan TK percontohan kota Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi penerapan desain sekolah ramah anak pada ruang luar dan ruang dalam TK, dan menerapkan desain sekolah ramah anak pada ruang luar dan ruang dalam TK Negeri Pembina 1, Malang. Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kriteria ramah anak adalah metode komparasi literatur dan metode yang digunakan untuk menerapkan kriteria ramah anak pada sekolah TK Negeri Pembina 1 Malang adalah metore deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kriteria lingkungan ramah anak pada sekolah TK dalam penerapan variabel keamanan, kenyamanan, dan stimulasi pada elemen ruang luar dan ruang dalam sebuah TK, dan rekomendasi desain dari keadaan eksisting ruang luar dan ruang dalam TK Negeri Pembina 1 Malang. Kesimpulan secara umum dari penelitian ini adalah, yang perlu diperhatikan pada variabel keamanan ruang luar dan keamanan ruang dalam adalah kemudahan pengawasan aktivitas anak dan keselamatan anak dari material yang melukai maupun beracun. Pada variabel kenyamanan ruang luar dan ruang dalam, yang harus diperhatikan adalah pembedaan spasial zona aktivitas, dan sains bangunan yang mendukung aktivitas anak. Pada variabel stimulasi ruang luar dan dalam, yang harus diperhatikan adalah adanya kontras fisik dan visual seperti warna, bentuk maupun tekstur pada elemen – elemen bangunan yang dapat mendorong anak untuk mendorong anak untuk beraktivitas secara positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/718/051408318
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Dec 2014 09:46
Last Modified: 23 Dec 2021 03:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143052
[thumbnail of 2_DAFTAR_ISI_BAB_12345.pdf]
Preview
Text
2_DAFTAR_ISI_BAB_12345.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 1_COVER_-_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1_COVER_-_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
3_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item