Penerapan Bambu Pada Bangunan Sekolah Kejuruan Pertanian Di Kabupaten Tulungagung

Asfiansari, Irma Zuhria and Beta Suryokusumo, ST., MT., - and Ir. Edi Hari Purwono, MT., - (2014) Penerapan Bambu Pada Bangunan Sekolah Kejuruan Pertanian Di Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bambu sebagai bahan material lokal di Indonesia yang memiliki potensi sebagai bahan bangunan dan mengurangi penggunaan kayu yang berlebih. Saat ini kemajuan teknologi yang diimbangi dengan kemajuan desain membuat bambu sebagai bahan material alami tidak terbatas sebagai bahan material yang bersifat tradisional, namun juga modern. Kabupaten Tulungagung yang memiliki potensi utama daerah di bidang pertanian, juga memiliki potensi dari bidang industri, salah satunya industri bambu. Untuk mewujudkan visi dan misi Kabupaten Tulungagung di bidang pertanian dengan memanfaatkan bambu sebagai bahan material pada sekolah kejuruan pertanian, juga dapat mengembangkan potensi industri bambu. Perancangan dilakukan dengan mengumpulkan data primer dari hasil wawancara dan observasi langsung ke daerah di sekitar tapak terpilih, dan data sekunder dari pustaka tentang bambu dan sekolah, serta studi komparasi dari bangunan yang menggunakan bahan bambu, yaitu Panyaden School, Green School dan Nw Bar. Dari analisis kedua kelompok data tersebut diperoleh kriteria desain yang kemudian digunakan sebagai acuan dalam mendesain Sekolah Kejuruan Pertanian di Kabupaten Tulungagung. Penerapan bambu pada bangunan sekolah kejuruan pertanian adalah pada atap, lantai dan dinding yang disesuaikan dengan fungsi bangunan, kemampuan bambu dan bentuk bangunan.

English Abstract

Bamboo as local material in Indonesia having potential as building material and reduce over use of wood. Today, advances in technology are matched by progress made bamboo design is no longer seen bamboo as a building is not limited to the materials that are traditional, but also modern. Tulungagung distric area not only has major potential in agriculture, but also has the potential of industrial fields, one of them is bamboo industry. To realize the vision and mission Tulungagung in agriculture by using bamboo as building material in agricultural school, also can develop potential of bamboo industry. Designing was done by collecting primary data from interviews and observations directly to the area arround the selected site, and secondary data from literatures about bamboo and school, also comparative studies of buildings that use bamboo as building material, such as Panyaden School, Green School and Nw Bar. From analysis of two group of data we have design criteria that is used as a reference in designing the Agricultural School in Tulungagung. Bamboo application in agricultural school is on the roofs, walls and floors are adapted from the function of the building, the ability of bamboo and shape of the building.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/436/051405045
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 09 Sep 2014 09:40
Last Modified: 16 Nov 2021 06:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142734
[thumbnail of 4_BAB_V.pdf]
Preview
Text
4_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
5_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
6_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 1_AWAL(Halaman_judul,_daftar_isi_dll).pdf]
Preview
Text
1_AWAL(Halaman_judul,_daftar_isi_dll).pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2_BAB_I_II_III.pdf]
Preview
Text
2_BAB_I_II_III.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 3_BAB_IV.pdf]
Preview
Text
3_BAB_IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item