Lipesik, Elsye Sherley (2014) Model Pengaruh Desain Geometri dan Fasilitas Jalan Terhadap Karakteristik Kecelakaan (Studi Kasus: Ruas-Ruas Jalan di Pusat Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kecelakaan lalu lintas di Kota Malang pada tahun 2012 mengakibatkan 77 orang meninggal dunia, delapan orang luka berat, dan 352 orang luka ringan. Kecelakaan fatal yang semakin banyak terjadi mengakibatkan kerugian material mengalami peningkatan. Kecamatan Klojen, sebagai pusat Kota Malang, mempunyai guna lahan yang bervariasi sehingga menjadi sumber tarikan yang besar bagi kawasan di sekitarnya. Desain geometri dan fasilitas jalan merupakan faktor penting penyebab terjadinya kecelakaan. Kesalahan manusia terjadi karena kesalahan infrastruktur jalan, yaitu rambu lalu lintas yang tidak terlihat jelas, deretan pohon yang mengganggu jarak pandang, kondisi jalan yang rusak dan bergelombang, lampu penerangan jalan kurang layak. Lokasi penelitian merupakan lokasi dengan jumlah kecelakaan tertinggi di Kecamatan Klojen. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengurangi tingkat kecelakaan dengan memberikan solusi terkait desain geometri dan fasilitas jalan bagi pengguna jalan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis tingkat pelayanan jalan dan analisis audit keselamatan jalan, untuk menganalisis kualitas desain geometri dan fasilitas jalan, analisis angka kecelakaan, analisis angka keparahan korban, dan analisis daerah rawan kecelakaan untuk menganalisis tingkat kerawanan kecelakaan, serta analisis regresi linier berganda untuk menganalisis pengaruh desain geometri dan fasilitas jalan terhadap karakteristik kecelakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas desain geometri dan fasilitas jalan akan semakin buruk apabila nilai audit keselamatan jalan semakin tinggi. Ruas-ruas rawan kecelakaan yaitu Jalan Jaksa Agung Suprapto, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Kawi, Jalan Merdeka Utara, dan Jalan Merdeka Timur karena memiliki angka kecelakaan dan angka keparahan korban melebihi batas kontrol atas. Desain geometri dan fasilitas jalan berpengaruh secara linier terhadap karakteristik kecelakaan. Semakin banyak permasalahan terkait desain geometri dan fasilitas jalan, maka semakin tinggi pula kecelakaan yang terjadi. Model pengaruh desain geometri dan fasilitas jalan terhadap karakteristik kecelakaan yaitu: • Jumlah kecelakaan = -849,652 + 77,275 X1 + 127,435 X4 + 129,007 X5 + 80,935 X7 • Angka kecelakaan = -142,217 + 29,292 X4 + 66,733 X6 • Angka keparahan korban = -3072,913 + 294,625 X1 + 461,409 X4 + 445,043 X5 + 302,609 X7 dengan X1 adalah kondisi umum jalan, X4 adalah lalu lintas tak bermotor, X5 adalah kondisi penerangan, X7 adalah rambu dan marka jalan, serta X7 adalah kondisi permukaan jalan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2014/339/051404303 |
Subjects: | 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 26 Aug 2014 10:09 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 07:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142626 |
Preview |
Text
1_Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2,3_Lembar_persetujuan_-_pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4_Surat_Pernyataan_Orisinalitas.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5_Halaman_peruntukan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
6,7,8,9,10_Kata_Pengantar,_Daftar_Isi,_Daftar_Tabel,_Daftar_Gambar,_Daftar_Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
11,12_Ringkasan_-_Summary.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
13_BAB_1_SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
14_BAB_2_SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
15_BAB_3_SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
17_BAB_5_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
19_lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |