Pemodelan dan Evaluasi Proses bisnis menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi kasus : Radjawali Sport)

Puspitasari, Putri (2018) Pemodelan dan Evaluasi Proses bisnis menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF) (Studi kasus : Radjawali Sport). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Radjawali Sport adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang produksi pakaian. Radjawali Sport memiliki konsumen yang tersebar diseluruh Indonesia. Banyaknya konsumen yang ada pada perusahaan menuntut Radjawali Sport untuk dapat memberikan layanan terbaik pada pelanggan. Namun pada kenyataannya layanan yang diberikan mengalami berbagai kendala sehingga tidak maksimal. Terlambatnya proses produksi dan komplain yang diterima menjadi masalah serius bagi perusahaan. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan evaluasi untuk memperbaiki layanan. Evaluasi yang dilakukan menggunakan metode Quality Evaluation Framework (QEF). Tahap identifikasi aktivitas di perusahaan menggunakan metode value chain. Setelah melalui tahap value chain maka dilakukan dekomposisi untuk selanjutnya dilakukan pemodelan menggunakan Business Process Model and Nation (BPMN). Penentuan quality factor dilakukan untuk mengidentifikasi ketidaksesuaian hasil kalkulasi dengan target. Hasil perhitungan quality factor yang tidak sesuai akan dianalisis menggunakan Root Cause Analysis (RCA). Pada RCA terdapat metode fishbone diagram yang digunakan untuk mencari tahu akar permasalah. Hasil identifikasi menggunakan QEF didapatkan 7 quality factor yang tidak sesuai yaitu pada waktu pengiriman bahan baku, waktu pengecekan produk pada bagian penjahitan, proses penjahitan, waktu pengecekan produk pada bagian bordir, pengemasan, perbaikan produk, dan produksi ulang. Pada analisis akar permasalahan ditemukan 7 akar masalah yang terdapat pada keterbatasan pegawai, tidak terdapat pengecekan rutin oleh pemilik perusahaan, tidak terdapat aturan yang baku, metode yang digunakan pada penerimaan pesanan masih manual, tidak terdapat tenaga ahli, metode pendukung proses produksi masih manual, dan tidak terdapat pengecekan berkala.

English Abstract

Radjawali Sport is a manufacture company which enganges in the field of clothing line. Radjawali Sport has consumers which spreads all over Indonesia. The large number of consumers had lad to the demmand of providing the best services to the consumers. However, the services that had been given to the consumers are having some problems such as delay of production process and some complaints received from the consumers. These problems are taken as serious problems for the company. The company needs to make evaluation for improving their services. The evaluation will be done by using Quality Evaluation Framework (QEF) method. The activities inside the company will be identified by value chain method. After the activities are identified, they will be decomposed and then they will be modelled by using Business Process Model and Nation (BPMN). The result of quality factor calculation which doesn’t conform to the target will be analyzed by Root Cause Analysis (RAC). RAC contains of fishbone diagram method that will be used to identify the source of the problems. The result shows that there are 7 quality factors which doesn’t conform to the target. These factors are shipping duration of raw material, duration of product checking in sewing devision, sewing process, duration of product checking in embroidery division, packing, product improvement, and remanufacture. The root problem analysis found that there are 7 root problems which found in limited employees, no regular checking by the company owner, no official rules, the application of manual methods, no expert employee, supporting methods is still traditionally and no regular checking.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/437/051807597
Uncontrolled Keywords: Proses bisnis, Dekomposisi, Value chain, Business Process Model and Nation (BPMN), Quality Evaluation Framework (QEF), Root Cause Analysis (RCA), Fishbone diagram. Business Process, Decomposition, Value chain, Business Process Model and Nation (BPMN), Quality Evaluation Framework (QEF), Root Cause Analysis (RCA), Fishbone diagram.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 02 Apr 2019 01:55
Last Modified: 18 Oct 2021 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/14042
[thumbnail of Putri Puspitasari.pdf]
Preview
Text
Putri Puspitasari.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item