Analisis Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Atribut Produk Benih Jagung Manis Di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang

Astari, Atika (2018) Analisis Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Atribut Produk Benih Jagung Manis Di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jagung manis termasuk tanaman yang potensial, masyarakat Indonesia banyak mengonsumsi jagung manis untuk menjadi pangan alternatif. Jagung manis saat ini merupakan salah satu jenis jagung yang mulai dikembangkan dalam skala yang luas. Benih sebagai sarana produksi pertanian merupakan suatu titik awal dalam kegiatan budidaya pertanian, sehingga kualitas produk budidaya akan sangat bergantung pada kualitas benih yang digunakan. Guna mendukung tersedianya benih bermutu, perusahaan multinasional atau perusahaan nasional bersaing untuk pasar benih khususnya benih jagung manis (Prihandono, 2015). Kepuasan petani terhadap benih jagung manis bergantung pada atribut-atribut produk yang melekat pada merek benih dan juga kecenderungan terhadap permintaan pasar terhadap jagung manis (Fandy, 1997). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepentingan dan kinerja atribut produk benih jagung manis di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang dan menganalisis tingkat kepuasan petani terhadap benih jagung manis di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Metode analisis yang digunakan untuk tingkat kepentingan dan kinerja atribut produk benih jagung manis yaitu menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dalam metode menentukan tingkat kesesuaian dan nilai rata-rata tingkat kepentingan dan tingkat kinerja selanjutnya diformulasikan pada diagram kartesius. Analisis tingkat kepuasan petani terhadap benih jagung manis dengan melihat tingkat kepentingan dan kinerja dari atribut-atribut produk benih jagung manis menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) sebelum dilakukan kedua analisis terdapat uji instrumen melalui tahapan Uji Cochran Q Test. Hasil penelitian antara lain dari 24 atribut produk benih jagung manis setelah melalui tahapan Uji Cochran Q Test didapatkan 11 atribut produk benih jagung manis yang dipertimbangkan oleh petani. Metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk merek benih Talenta dengan tingkat kinerja dan tingkat kepentingan atribut dirasa kurang oleh petani adalah atribut produktivitas jagung manis, ketahanan simpan jagung manis, umur panen dan warna bulir jagung manis, sedangkan untuk merek benih Bonanza atribut yang kurang menurut petani adalah atribut produktivitas jagung manis dan ketebalan daging buah jagung manis. Metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk merek Talenta berada pada kriteria puas dengan nilai sebesar 69,5 persen termasuk pada rentang kepuasan kurang dari 60 persen hingga kurang dari sama dengan 80 persen yang berarti secara keseluruhan petani responden di Kecamatan Karangploso yang menggunakan merek benih Talenta merasa puas terhadap atribut yang diujikan, sedangkan untuk merek benih Bonanza kepuasan petani pada kriteria cukup puas dengan nilai sebesar 58 persen yang termasuk pada rentang kepuasan 40 persen hingga kurang dari sama dengan 60 persen.

English Abstract

Sweet corn, including potential crops, Indonesian people consume lots of sweet corn to become alternative food. Sweet corn is currently one of the types of maize that began to be developed on a wide scale. Seed as a means of agricultural production is a starting point in agricultural cultivation activities, so the quality of cultivation products will depend on the quality of the seeds used. In order to support the availability of quality seeds, multinational companies or national companies compete in the seed market, especially sweet corn seed (Prihandono, 2015). Farmers' satisfaction with sweet corn seeds depends on product attributes attached to the seed brand and also to the market demand for sweet corn (Fandy, 1997). This research aims to analyze the importance and performance of the attributes of sweet corn seed products in Karangploso Subdistrict Malang Regency and analyze the level of farmer satisfaction of sweet corn seed in the Karangploso Subdistrict Malang Regency. The analytical method used for the importance and performance of sweet corn seed product attribute is used the method of Importance Performance Analysis (IPA) in the method of determining the level of conformity and the average value of importance and the subsequent level of performance is formulated on Cartesius Diagram. Analysis of farmer satisfaction of sweet corn seeds by looking at the importance and performance of the attributes of sweet corn seed products using Customer Satisfaction Index (CSI) method before the second analysis there is an instrument test through the Cochran Test. The results of the research include 24 attributes of sweet corn seed products after going through the stages of Cochran Q Test. Test obtained 11 attributes of sweet corn seed products considered by farmers. The method of Importance Performance Analysis (IPA) for Talenta seed brands with performance level and attribute importance level felt less by the farmer is attribute of production quantity, saving resilience of sweet corn, harvest age and color of sweet corn grain, while for a brand of Bonanza attribute which less according to farmers are the attributes of production quantity and the thickness of flesh. The Customer Satisfaction Index (CSI) method for the Talenta brand is in satisfied criteria with a value of 69.5 percent, including the satisfaction range of less than 60 percent to less than equal to 80 percent, which means overall farmers of respondents in Karangploso sub-district using the Talenta seed brand feel satisfied with the attributes being tested, while for the brand of Bonanza seed the satisfaction of the farmers on the criteria is quite satisfied with the value of 58 percent which included in the satisfaction range of 40 percent to less than equal to 60 percent.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/443/051807953
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Jagung Manis, Benih, Budidaya
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Nov 2018 03:26
Last Modified: 19 Oct 2021 05:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/14029
[thumbnail of ATIKA ASTARI.pdf]
Preview
Text
ATIKA ASTARI.pdf

Download (27MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item