Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Benih Jagung Manis Di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang Jawa Timur

Hanifah, Fitria Nur (2018) Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Benih Jagung Manis Di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketua Asosiasi Petani Jagung Indonesia (2018) menyatakan pada tahun 2017 produksi jagung meningkat hingga 5% sehingga diperkirakan pada tahun 2018 akan ada peningkatan mencapai 7% produksi jagung nasional. Permintaan jagung yang meningkat menunjukkan tingginya kebutuhan konsumsi jagung nasional. Salah satu daerah penghasil jagung manis untuk konsumsi nasional ada di Provinsi Jawa Timur dengan penopang produksi di Kabupaten Malang, daerah produksi jagung di Kabupaten Malang adalah Kecamatan Tumpang. Petani jagung manis di Kecamatan Tumpang menggunakan 2 varietas benih jagung manis hibrida yaitu benih jagung manis merek Talenta dan Jambore. Untuk permasalahan benih yang digunakan petani, terdapat beberapa atribut produk benih yang kurang sesuai dengan harapan petani sehingga produktivitas petani kurang maksimal. Analisis kepuasan konsumen digunakan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja dari kedua merek benih jagung manis yang banyak digunakan di Kecamatan Tumpang. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut produk benih jagung manis di Kecamatan Tumpang, (2) menganalisis tingkat kepuasan petani terhadap benih jagung manis di Kecamatan Tumpang. Metode penentuan lokasi dilakukan secara purposive, dengan jumlah sampel sebanyak 55 petani jagung manis. Metode analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) yang menentukan tingkat kepuasan petani terhadap merek benih jagung manis. Hasil pengujian instrument dengan Uji Cochran Q Test, terdapat 11 atribut yang valid dari 24 atribut yang digunakan dalam Uji Cochran. Melalui analisis IPA diketahui bahwa terdapat 4 atribut yang dipioritaskan untuk diperbaiki pada benih merek Talenta, yaitu hasil produksi, daya tahan simpan klobot, daya tahan terhadap penyakit, dan daya tahan terhadap hama. Sedangkan untuk merek Jambore terdapat atribut hasil produksi, umur panen, dan warna biji. Atribut benih jagung manis dengan kinerja yang baik yaitu ujung tongkol terisi penuh (muput), bobot tongkol, dan bentuk tanaman jagung. Atribut pada benih merek Jambore yang perlu dipertahankan kinerjanya adalah bentuk tanaman jagung dan ujung tongkol terisi penuh (muput). Nilai Customer Satisfaction Index menunjukkan kedua merek benih tersebut puas, dengan indeks kepuasan sebesar 77% untuk Talenta dan 64% untuk benih merek Jambore.

English Abstract

Leader of Indonesian Maize Farmers Association (2018) stated that corn production increased to 5% in 2017, so it is estimated there will be an increase reaching 7% of national corn production in 2018. The increased demand for corn indicates the high need for national corn consumption. One of the areas of sweet corn producer for national consumption is in East Java Province with production support in Malang Regency. The corn production area in Malang Regency is Tumpang District. Sweet corn farmers in Tumpang use 2 varieties of hybrid sweet corn seeds, that are sweet corn seeds of Talenta and Jamboree. For the seeds used by farmers, there are several attributes of seed products that are less in line with farmer expectations so that the productivity of farmers is less than the maximum. Analysis of consumer satisfaction is used to determine the level of importance and performance of the two brands of sweet corn seeds that are widely used in Tumpang District. This research aims: (1) to analyze the level of importance and performance level of attribute of sweet corn seed product in Tumpang District, (2) to analyze farmers satisfaction level toward sweet corn seed in Tumpang District. The method used to determine the location of this research is purposive, with the number of samples of 55 sweet corn farmers. The analysis methods used are Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI) that determine farmers satisfaction level toward sweet corn seed brand. Based on the instrument test results with Cochran Q Test, there are 11 valid attributes of 24 attributes used in Cochran Test. Through the analysis of IPA, it is known that there are 4 attributes that prioritized to be improved on the seeds of the Talenta brand, such as the production, storage lifetime, resistance to disease, and resistance of pests. As for Jambore brand there are attributes of production, harvesting age, and seed color. The attributes of sweet corn seeds with good performance are the ends of cob filled (muput), weights of cobs, and the shape of maize. The attributes on the Jambore brand seeds that need to be maintained are the shape of the corn plant and the full end of cob filled (muput). The Value Satisfaction Index indicates that both brands are satisfied, with a satisfaction index of 77% for Talenta and 64% for Jambore seeds.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/417/051807948
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Jagung Manis
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Dec 2018 06:21
Last Modified: 19 Oct 2021 05:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13740
[thumbnail of Fitria Nur Hanifah.pdf]
Preview
Text
Fitria Nur Hanifah.pdf

Download (27MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item