Cahyani, Isma Indah Tri (2018) Preferensi Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Produk Produk Geo Tagging Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Geo tagging merupakan proses memberikan identitas terhadap produk dengan menyisipkan nama tempat atau daerah tertentu pada merek produk. Penggunaan geo tagging pada nama produk telah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia saat ini. Tren ini banyak dipakai oleh pengusaha dengan menambahkan nama daerah tertentu pada nama atau merek produk. Produk geo tagging sudah semakin pesat diberbagai kota-kota di Indonesia salah satunya adalah Kota Malang. Banyaknya produk geo tagging menyebabkan persaingan antar produsen semakin ketat. Namun disisi lain, banyaknya produk geo tagging membuat pilihan konsumen semakin banyak, sehingga menyebabkan preferensi konsumen terhadap produk oleh-oleh berubah. Tujuan penelitian dari ini adalah untuk mengidentifikasi preferensi konsumen terhadap produk geo tagging yang ada di Kota Malang, menganalisis faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi preferensi konsumen, serta mengidentifikasi proses pengambilan keputusan pembelian konsumen terhadap produk geo tagging. Penelitian dilaksanakan pada April 2018 di Kota Malang. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner terhadap 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis konjoin dan regresi logistik serta statistik deskripsptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi atribut yang diinginkan kosumen dalam melakukan pembelian produk geo tagging secara berurutan adalah harga kurang dari Rp 50.000, varian rasa sedikit, jenis kue pastry, kemasan transparan, toko milik selebriti, dan bentuk kue persegi. Faktor-faktor sosial ekonomi yang secara parsial mempengaruhi preferensi konsumen dalam pembelian produk geo tagging yaitu jenis kelamin, asal daerah, pengetahuan merek dan pengalaman membeli. Proses pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian produk geo tagging melalui beberapa tahap yaitu pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian.
English Abstract
Geo tagging is process of giving an identity to product by inserting name of a particular place or spesific area on the product brand. Today, the use of the geo tagging on product names has become a trend among Indonesia's society. This trend is widely used by entrepreneurs by adding the name of a particular place on name or brand of the product. Geo tagging products are increasing rapidly in various cities in Indonesia one of them is Malang City. The large number of geo tagging products causes competition among producers is getting tighter. But on the other hand, the number of geo tagging products make consumers have more choices, thus also causing consumer preferences for souvenir products have changed. The purpose of this research is to identify consumer preference to geo tagging product in Malang City, to analyze socio-economic factors that influence consumer preferences, and to identify the process of consumer purchase decision toward geo tagging product. The research was conducted on April 2018 in Malang City. Data collection was done by interview using questionnaires to 100 respondents. Data obtained were analyzed using conjoint analysis and logistic regression and descriptive statistic. The results showed that attribute combination which is wanted by consumer in geo tagging products are price less than Rp 50,000, a few flavor varian, pastry, transparent packaging, celebrity owned store, and square shape. Factors that partially influence consumer preferences in purchasing geo tagging products are gender, regional origin, brand knowledge and buying experience. The decision making process of consumers in purchasing geo tagging products through several stages, there are needs recognition, information search, alternative evaluation, purchase decisions and post-purchase behavior.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/510/051809537 |
Uncontrolled Keywords: | Preferensi Konsumen, Geo Tagging, Merek Produk, Keputusan Pembelian |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 26 Nov 2018 06:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13649 |
Preview |
Text
ISMA INDAH TRI CAHYANI.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |