Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang

Imani, Fajar Rahma Adha (2018) Efisiensi Pemasaran Telur Ayam Ras Di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telur merupakan makanan sumber protein hewani yang murah dan mudah untuk didapatkan oleh masyarakat Indonesia.Telur memiliki kandungan gizi yang lengkap mulai dari protein, lemak, vitamin dan mineral. Meskipun demikian telur juga mengalami kualitas yang disebabkan oleh kontaminasi mikroba, kerusakan secara fisik, serta penguapan air dan gas-gas seperti karbondioksida, amonia, nitrogren, dan hydrogen sulfide dari dalam telur . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2018 sampai bulan Maret 2018 di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola pemasaran telur ayam ras yang digunakan di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang dan mengetahui efisiensi pemasaran ditinjau dari segi farmer price share, margin pemasaran, share biaya pemasaran, dan share keuntungan dari biaya masing-masing pola pemasaran ayam petelur ras di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive sampling).vii Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan mengambil sampel dari peternak yang dilakukan dengan cara purposive sampling Terdapat 26 responden yang terdiri dari 10 peternak, 10 pedagang besar dan 6 pedagang pengecer. Purposive sampling merupakan teknik pengambilan sampel dengan sengaja. Berdasarkan hasil analisis data Pola pemasaran I. Harga jual telur ayam ras oleh peternak dengan harga Rp. 16.000,-/kg sedangkan untuk harga jual pedagang besar A Rp. 17.500,-/kg pedagang besar A memasarkan telur ayam ras ke luar kota luar provinsi sehingga membutuhkan biaya pemasaran yang lumayan banyak. Rata-rata harga jual telur ayam ras oleh konsumen akhir adalah Rp. 18.500,-/Kg. Harga yang diterima dari konsumen akhir luar kota luar provinsi hasil dari pencarian harga di internet. Pemasaran telur ayam ras pola II. Harga jual telur ayam ras oleh peternak sebesar Rp. 16.000,- /kg dengan farmer price share 94,12. Harga jual pedagang besar B Rp. 17.000,-/kg telur ayam ras dengan share harga pedagang besar 97,14 untuk margin pemasaran pedagang besar B Rp. 1.000. Pola pemasaran II dikatakan efisien karena dari segi farmer price share diatas 50% yaitu 94,12. Harga beli di konsumen akhir diketahui melalui internet. Pemasaran telur ayam ras Pola III. Harga jual oleh peternak sebesar Rp 16.000,-/kg, rata-rata harga beli yang diterima oleh konsumen akhir sebesar Rp. 18.500,-/kg. Sehingga farmer price share sebesar 86,47. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak lembaga pemasaran yang digunakan dalam pemasaran ayam telur ras, maka nilai margin pemasaran akan semakin besar karena melalui proses pemasaran yang semakin panjang dan harga yang diterima oleh konsumen akhir semakin mahal. Margin pemasaran pola III sangat menguntngkan karena hanyaviii melibatkan satu lembaga pemasaran sehingga harga yang diterima konsumen sangat menguntungkan, pola pemasaran III ini. Dari pola pemasaran I, pola pemasaran II, dan jga pola pemasaran III yang paling efisien adalah pola pemasaran III, karena pola pemasaran III tidak banyak melibatkan l lembaga pemasaran. Kesimpulan penelitian ini adalah Terdapat 3 pola pemasaran yang digunakan di kecamatan tumpang kabupaten malang untuk pola pemasaran I mulai dari peternak – pedagang besar- agen luar kota luar provinsi, Pola pemasaran II mulai dari peternak- pedagang besar- agen luar kota dalam provinsi, dan pola pemasaran III pemasaran telur ayam ras dimulai dari peternak- pedagang pengecer- sampai dengan konsumen akhir. Ditinjau dari Pola pemasaran yang paling efisien adalah pola pemasaran III dikarenakan pola pemasaran III telur ayam ras tidak banyak menggunakan lembaga pemasaran dan tidak membutuhkan biaya pemasaran yang tinggi, tetapi pola pemasaran III ini konsumen akhir membeli telur ayam ras dari pedagang pengecer secara eceran dan untuk perbutir telur ayam ras memiliki harga yang relative mahal dibandingkan dengan pembelian telur ayam ras yang per kilogram

English Abstract

The purpose of this research was to know the marketing pattern of chicken eggs, marketing efficiency in terms of farmer price share, marketing margin, marketing cost share, and profit share of each chicken marketing pattern of chicken eggs in subdistrict Tumpang Malang Regency. The method used in this Study was the survey method by taking samples from the farmers (26 Respondents) consisting of 10 Farmers, 10 wholesalers and 6 retailers. The results showed that data analysis Pattern marketing I. The selling price of chicken eggs by breeders at a price of Rp. 16000, - / kg while for the selling price of large traders A Rp. 17500, - / kg A large merchant marketed chicken eggs out of the city outside the province so it requires a considerable marketing costs. And for the average selling price of chicken eggs by the end consumer was Rp. 18500, - / Kg. The price received from end consumers outside the city outside the province results from price searches on the internet. Marketing eggs of chicken breeding patterns uII. The selling price of chicken egg by breeder was Rp. 16000, - / kg with a farmer price share of 94.12. For sale price of big trader B Rp. 17000, - / kg chicken eggs with a share price of 97.14 wholesalers for marketing margin of big traders B Rp. 1000.v Marketing pattern II is said to be efficient because in terms of farmer price share above 50% ie 94.12. The final purchase price was known to exploit the internet. Marketing of chicken eggs Pola III.Price selling price by breeder of Rp 16000, - / kg, the average purchase price received by the final consumer of Rp. 18500, - / kg. resulting in a farmer price share of 86.47.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/519/051809862
Uncontrolled Keywords: eggs, marketing, breeders, traders, consumer.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.5 Chickens and other kinds of domestic birds > 636.51 Poultry for specific purposes > 636.514 2 Eggs / Birds--Eggs / Birds--Nests / Eggs--Production
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 29 Nov 2018 07:14
Last Modified: 23 Oct 2021 04:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13511
[thumbnail of Fajar Rahma Adha Imani.pdf] Text
Fajar Rahma Adha Imani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item