Pengaruh Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Minat Berkunjung Wisata Waduk Wonorejo Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Jawa Timur

Wijayanti, Chintya (2015) Pengaruh Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Minat Berkunjung Wisata Waduk Wonorejo Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

hal perempuan dan anak laki-laki, dan berpikul-pikul emas dan perak, dan kuda kenderaan yang diasuh, dan binatang-binatang ternak dan sawahladang. Yang demikian itulah perhiasan hidup di dunia. Namun di sisi Allah ada (lagi) sebaik tempat kembali (Q.S. Al-Imron : 14). Dunia pariwisata adalah dunia yang universal, artinya siapapun akan menyatakan sama bahwa pariwisata itu adalah kebutuhan umat manusia di seluruh dunia, sebagaimana yang dikemukakan oleh (Murti & Soeprihantono, 2003:134. Untuk meningkatkan peran kepariwisataan, sangat terkait antara barang berupa obyek wisata sendiri yang dapat dijual dengan sarana dan prasarana yang terkait dalam industri pariwisata. Usaha pengembangan suatu daerah bertujuan untuk wisata agar memperhatikan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan daerah tujuan wisata, yang meliputi obyek dan daya tarik wisata, prasarana wisata, tata laksana, atau infrastruktur serta kondisi dari masyarakat atau lingkungan. Waduk Wonorejo mulai dioperasikan tahun 2002, waduk ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Tulungagung dan sekitarnya sebagai waduk serbaguna sehingga perlu analisa operasional waduk yang lebih teliti. Berbagai metode telah dikembangkan untuk menganalisa tampungan waduk, diantaranya : penerapan program linier, program non linier dan program dinamik. Berdasarkan uraian tersebut, maka penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan mengingat pengaruh perilaku konsumen terhadap minat berkunjung ke Wisata Waduk Wonorejo akan mempengaruhi konsumen terhadap minat berkunjung ke wisata ini. Semakin banyak minat berkunjung ke wisata ini maka semakin banyak pendapatan yang diperoleh mitra usaha dan pemerintah yang terkait.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik pengunjung ke Wisata Waduk Wonorejo Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, faktor perilaku konsumen terhadap minat berkunjung ke Wisata Waduk Wonorejo Pagerwojo Kabupaten Tulungagung Jawa Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2015 di Waduk Wonorejo, Tulungagung. Populasi pada penelitian ini yaitu konsumen yang berkunjung ke Waduk Wonorejo. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive samplin dengan menentukan ukuran sampel menggunakan rumus linear time function sehingga didapatkan 50 responden. Sumber data yaitu data sekunder dan data primer dengan alat pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi kemudian dianalisis data secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Metode pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan variabel dependen (minat berkunjung) dan variabel independen (faktor, lingkungan, faktor pribadi dan faktor psikologis). Berdasarkan hasil analisis linier berganda diperoleh persamaan sebagai berikut : Y = 2.523 + 0,166X1 + 0,035X2 + 0,268X3 + e. Persamaan regresi diatas, menunjukkan bahwa faktor perilaku konsumen yang meliputi faktor lingkungan, faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh positif terhadap minat berkunjung ke Wisata Waduk Wonorejo. Dari uji F yang dilakukan, diperoleh nilai F hitung adalah 7.254 dari F tabel sebesar 6.355, sehingga diketahui bahwa F hitung > F tabel. Hal ini berarti bahwa faktor perilaku konsumen yang meliputi faktor lingkungan, faktor pribadi dan faktor psikologis secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat berkunjung ke Wisata Waduk Wonorejo Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Dari uji R2 diketahui bahwa secara simultan atau bersama-sama memberikan pengaruh terhadap minat berkunjung sebesar 27,7%, sedangkan sisanya yairu sebesar 72,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji pada penelitian ini. Dari uji t yang dilakukan diketahui bahwa secara parsial faktor perilaku konsumen berpengaruh terhadap minat berkunjung Wisata Waduk Wonorejo Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Dari keseluruhan faktor perilaku konsumen (faktor lingkungan, faktor pribadi dan faktor psikologis) diketahui dari nilai t hitung dari faktor psikologis (2,363) dan faktor lingkungan (1,584) lebih besar dari t tabel (1,299), sedangkan faktor perilaku konsumen secara parsial tidak berpengaruh terhadap minat berkunjung ke Wisata Waduk Wonorejo Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Hal ini diketahui dari nilai t hitung (0,580) lebih kecil dari t tabel (1,299). Dapat disimpulkan bahwa faktor psikologis (2,363) lebih tinggi dari variabelvariabel yang lain, hal ini dikarenakan banyak pengunjung mempunyai penilaian sendiri untuk menentukan dan menjadikan Wisata Waduk Wonorejo sebagai tempat untuk berwisata, pengunjung menganggap Wisata Waduk Wonorejo sebagai tempat wisata yang strategis dalam hal lokasi, harga tiket terjangkau, sehingga dapat meningkatkan minat berkunjung. Dari hasil penelitian tersebut, saran yang dapat diberikan adalah untuk penelitian yang akan datang,diharapkan untuk menambah jumlah variabel yang akan diteliti terutama variabel bebasnya. Sehingga lebih dapat diketahui variabel mana saja yang berpengaruh terhadap minatberkunjung. Dan juga diharapkan untuk menambah jumlah sampel yang akan diteliti. Kedua yaitu Variabel psikologi dapat dijadikan acuan oleh pihak pengelola Wisata Waduk Wonorejo dalam mengukur dan meningkatkan perilaku konsumen terutama pada keputusan mereka dalam melakukan kunjungan ke Wisata Waduk Wonorejo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/789/051603614
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 20 Apr 2016 09:49
Last Modified: 12 Nov 2021 01:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134680
[thumbnail of Daftar_isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1-BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_1-BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4-BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_4-BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item