Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode Eucs (End User Computing Satisfaction)

Damayanti, Asti Shofi (2018) Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode Eucs (End User Computing Satisfaction). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Evaluasi kepuasan pengguna sangat diperlukan karena Tapp Market merupakan online shop yang baru berdiri pada tahun 2013 di Finlandia dan memasuki Indonesia pada tahun 2015. Dengan adanya evaluasi ini diharapkan aplikasi Tapp Market dapat bersaing dengan para pendahulunya. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dimana terdapat 5 variabel yaitu content, accuracy, format, ease of use dan timeliness. Pada variabel content terdapat 4 indikator, accuracy terdapat 2 indikator, format terdapat 1 indikator, ease of use terdapat 2 indikator dan timeliness terdapat 1 indikator. Data didapatkan dari jumlah sampel sebesar 100 responden menggunakan kuesioner. Dari hasil evaluasi yang dilakukan dinyatakan bahwa kepuasan pengguna pada variabel content, format,dan ease of use masuk kedalam kategori Tingggi dengan masing-masing nilai yang diperoleh adalah 74,7%, 73,2%, 70,9% yang berarti pengguna merasa Puas terhadap aplikasi Tapp Market jika diukur dengan ketiga variabel tersebut. Pada variabel accuracy masuk kedalam kategori Sangat Tinggi dengan nilai yang dihasilkan adalah 76,6% yang berarti pengguna merasa Sangat Puas terhadap aplikasi Tapp Market jika diukur dari variabel tersebut. Pada variabel timeliness masuk kedalam kategori Rendah dengan nilai yang diperoleh adalah 50,0 yang berarti pengguna marasa puas terhadap aplikasi Tapp Market jika diukur dari variabel tersebut. Rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini adalah variabel dengan kategori Rendah dan kategori Tinggi perlu untuk meningkatkan kualitas layanan agar ketegorinya dapat mencapai kategori Sangat Tinggi agar dapat meningkatkan kepuasan pengguna aplikasi Tapp Market.

English Abstract

User satisfaction evaluation Tapp Market application is needed because Tapp Market is a new online store established 2013 in Finland and and entered Indonesia in the year 2015. The existence of this evaluation of expected application Tapp Market can compete with his predecessors. The evaluation is done by using the method of EUCS (END USER COMPUTING SATISFACTION) of which there are 5 dimensions i.e. content, format, accuracy, ease of use and timeliness. On the dimensions of the content there are 4 indicators of accuracy, there are 2 indicators, there is 1 format indicator, ease of use, there are two indicators and indicators there is 1 formats. The data obtained from the total sample of 100 respondents using a detailed questionnaire. From the results of the evaluation carried out stated that customer satisfaction on the dimensions of the content has a High percentage of 74.7 meaning, accuracy dimensions have the value percentage 76.6 which means very high, on the dimension format has a high percentage of 73.2 on the dimensions of the ease of use has a 70.9 percentage means high, and on the dimensions of timeliness has a 50.0 presentation means less. From those results then the author can recommend improvements against the dimensions and indicators is lacking so that could be the very high category by reference from a variety of reference journals or articles that are relevant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/350/051805131
Uncontrolled Keywords: Tapp Market, kepuasan pengguna, EUCS, content, accuracy, format, ease of use, timeliness Tapp Market, user satisfaction, EUCS, content, accuracy, format, ease of use, timeliness
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Mar 2019 08:15
Last Modified: 16 Oct 2021 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13454
[thumbnail of Asti Shofi Damayanti.pdf]
Preview
Text
Asti Shofi Damayanti.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item