Syafi`i, Imam (2017) Analisis Hubungan Supply Chain Management Produk Aloevera PT. Keong Nusantara Abadi (PT. KNA) Kediri (Studi Kasus Pada PT. Keong Nusantara Abadi, Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. Keong Nusantara Abadi (PT. KNA) merupakan perusahaan agroindustri yang bergerak dalam bidang pengolahan dan memproduksi minuman lidah buaya. PT. KNA ini mendapatkan bahan baku berasal dari lahan budidaya perusahaan yang dikelola oleh petani mitra dan juga dari budidaya petani mitra luar perusahaan lahan milik petani. Supply chain produk aloevera dalam PT. KNA akan di mulai dari pemenuhan bahan baku lidah buaya oleh petani mitra hingga menjadi produk jadi yang akan di distribusikan ke konsumen. Tiga belas tahun perusahaan didirikan, manajemen supply chain telah digunakan oleh perusahaan hingga sekarang untuk bekerja sama dengan pemasok dan petani mitra. Supply chain yang telah berjalan juga tak luput dari beberapa masalah yang terjadi, yang diantaranya bahan baku lidah buaya yang belum sepenuhnya tercukupi, kerja sama petani mitra yang kurang baik, permintaan produk aloevera oleh konsumen yang belum dapat terpenuhi dengan optimal. Beberapa masalah tersebut sangat berakibat besar terhadap perkembangan perusahaan dalam sistem marketing yang digunakan oleh PT. KNA. Sehingga untuk mengurangi kendala tersebut, perlu dilakukan analisis hubungan supply chain yang digunakan oleh perusahaan. Penelitian yang dilakukan di PT. KNA bertujuan untuk menganalisis pola aliran barang, aliran uang dan aliran informasi yang terdapat PT. KNA. Menganalisis long term relationship antara PT. KNA dengan petani mitra. Menganalisis tingkat performansi petani mitra pada supply chain management untuk produk aloevera di PT. KNA. Peneliti menggunakan analisis data kuantitatif dengan menggunakan metode Schedule Orders to Customers Request (SOCR), yakni prosentase jumlah pesanan yang dapat dikirim sesuai dengan permintaan pelanggan yang telah dijadwalkan. Analisis kedua yakni peneliti menggunakan Long term relationship yang terjadi antara petani mitra dengan PT. KNA, dengan memperhatikan indikator kepercayaan, komitmen, komunikasi, kepuasan dan ketergantungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aliran supply chain antar pelaku ekonomi yakni aliran barang dalam supply chain produk aloevera akan dimulai dari para petani. Ketika proses pemanenan berlangsung, lidah buaya hasil panen akan di bawa ke perusahaan untuk di timbang dan dilakukan proses produksi. Produksi produk aloevera dilakukan dalam tiap harinya. Ketika produk aloevera telah jadi dan siap dikonsumsi, distributor wong coco group akan mendistribusikannya hingga sampai di tangan konsumen. Aliran uang dalam penelitian ini dapat diketahui dari sejumlah biaya yang digunakan untuk mengganti barang yang telah dibeli. Aliran uang akan bergerak dari hilir ke hulu yang dimulai dari konsumen, retailer, PT. KNA, hingga sampai ke petani mitra. Hasil yang diperoleh dari penjualan produk aloevera oleh PT. KNA akan digunakan untuk membayar bahan baku yang telah dibeli dari petani mitra. ii Aliran informasi yang terjadi dalam supply chain produk aloevera akan bergerak dari hulu ke hilir dan juga hilir ke hulu. Semua pelaku dalam supply chain memiliki peran yang sama pentingnya dalam memberikan informasi terkait bahan baku dan produk aloevera. Aliran informasi akan terjadi ketika dua pelaku ekonomi atau lebih sedang berinteraksi atau berkomunikasi. Informasi yang disampaikan terkait ketersediaan bahan baku, masalah-masalah yang terjadi, kondisi lahan budidaya dan tanaman budidaya. Hasil prosentase tingkat performansi petani mitra memiliki nilai yang berbeda. Perbedaan prosentase tingkat performansi yang terjadi karena luasan lahan yang dimiliki, kondisi lahan budidaya, rentan waktu dalam proses panen, dan pengalaman tiap petani mitra. Hasil tingkat performansi tertinggi dimiliki oleh responden nomor 35 dengan prosentase 96,27. Untuk nilai tingkat performansi terendah dimiliki oleh responden nomor 41 dengan prosentase 32,14. Long term relationship yang dimiliki oleh PT. KNA terhadap petani mitra didapati hasil yang mana perusahaan merasa percaya dengan adanya petani mitra. Hubungan kerja sama perusahaan juga menggunakan komitmen yang sangat baik. Perusahaan menggunakan komunikasi yang dirasa sering dalam proses pembinaan dan berinteraksi. Perusahaan telah merasa puas terhadap kinerja petani mitra dan hasil panen yang diberikan oleh petani. Hingga saat ini, perusahaan merasa tergantung dengan adanya sistem mitra dengan para petani akan pemenuhan kebutuhan bahan baku produk aloevera. Petani mitra yang telah bekerja sama dengan perusahaan telah memiliki rasa sangat percaya terhadap PT. KNA. Petani mitra juga telah bekerja sama dengan perusahaan dengan landasan komitmen yang baik, yang mana telah disepakati di awal bermitra. Menggunakan komunikasi yang sering, segala masalah yang terjadi sedikit demi sedikit telah terurai. Rasa puas petani mitra telah didapatkan petani dari aspek ekonomi dan hubungan yang berlangsung terhadap PT. KNA. Terdapat keterkaitan antara kepercayaan, komitmen, komunikasi, kepuasan, ketergantungan perusahaan terhadap petani mitra dengan tingkat performasi responden petani mitra dengan nilai prosentase keseluruhan 73,48 dengan kategori tinggi.
English Abstract
PT. Keong Nusantara Abadi (PT. KNA) is a agro industry companies that moving in the field of processing and producing product of aloevera. PT. KNA is getting the raw material comes from cropland company managed by partner farmers and also from outside the company partner farmers cultivating land owned by farmers. Supply chain product aloevera in PT. KNA will began from the fulfillment of the raw aloevera by the farmers partner, and the finished product will be distributed to consumers. Thirteen years was companies established, the supply chain management has been used by the company to cooperate with suppliers and customers. The supply chain, which has lasted is also not spared from some of the problems that occur, which include the raw aloevera that is not fully fulfilled, cooperation between the farmer partners that are less well, the demand for products aloevera by consumers who can not be optimal. Some of these trouble are very have huge consequences on the development of the company in the marketing used by PT. KNA. So, to reduce these obstacles, need to do analysis relationship supply chain used by the company. Research has doing at the PT. KNA, have some of the goals of which analyzed the pattern of the flow of goods, services and the flow of information that is PT. KNA. Analyze of the long term relationship between the PT. KNA with farmer a partner. Analyze the level of performance of farmers a partner in the supply chain management for product aloevera in PT. KNA. A researcher has use the analysis of data the applicability to the schedule orders to customers request (SOCR), who are prosentase the number of requests that can be sent with the customers request that has been scheduled. Second analyze both the writer using long term relationship between farmers a partner with PT. KNA, taking into account the trust, commitment, communication, satisfaction and dependence The results of research showed that the flow of supply chain between economic actors, namely the flow of goods and supply chain product aloevera will began from the farmers. When the process of harvesting, aloevera harvest will be brough to companies to weigh it and done the production process. The production of products aloevera be done in every day. When the product aloevera has finished and ready to be consumed, the distributor wong coco group will be distributed to the end of the hands of consumers. The flow of money in this research may go on from a number of expenses that are used to replace the stuff thats already been purchased. The flow of money moving from downstream to the starting from the consumers, retailers, PT. KNA, up to the farmer partners. The result obtained from the sale of product aloevera by PT. KNA will be used to pay for raw materials purchased from farmers a partner. The flow of information thats happened in the supply chain aloevera will move from upstream to downstream and also downstream to upstream. All actors of the supply chain has a role equally important in providing information related to raw materials and products aloevera. The flow of information will happen when iv two economic actors or more are to interact or communicate. The information is delivered related to the availability of raw materials, occuring problems and conditions of cultivation and plant cultivation. The percentage results of the level of performance of farmers partners will be different. The different percentage of level of performance to the area of land owned by, the condition of land cultivation, vulnerable time in the process of harvesting, and experience every farmer partners. The result level of performance of sample by the number 35 with 96,27 percent. For the level of performance the lowest of the sample number 41 with 32,14 percent. Long term relationship, which is owned by PT. KNA to farmers a partner got the results of which is where the company feel so the trust with the farmer partners. The cooperation between the companies also use the commitment of the very good. The company uses communication is often in the process of development and interact. The company has satisfied with the performance of the farmers a partner and the crop was given by the farmers. Until now, the company was hanging by a system of partnership with the farmers will meet the needs of raw materials product aloevera. Farmers are the partners who have been working together with the company has had a very confidence in the PT. KNA. The farmer partners also has teamed up with the company with the commitment, which has been agreed upon at the beginning of the partner. Using communication that often, all the problems that occurred a little by little has been disintegrated. Its satisfied growers partners have to get farmers from the economic aspect and relations between the two parties to the PT. KNA. There is a connection between trust, commitment, communication, satisfaction, dependency between the farmers partner and companies with the performasi the farmers partner with the overall value, 73,48 percent with high category.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/179/051703319 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 14:04 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:45 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/132086 |
Preview |
Text
9._lampiran_akhir.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
6._bab_1-4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
7._bab_5-_done.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
5._daftar_isi-daftar_lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
8._Daftar_pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
analisis_hubungan_scm_aloevera.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
4._RIWAYAT_HIDUP.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3._KATA_PENGANTAR.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1._cover_pii_cover-lmb_persembahan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
2._Ringkasan_dan_summary.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |