Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Atribut Yang Dipertimbangkan Dalam Keputusan Pembelian Beras Berlabel Pada Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Di Kota Malang (Studi Kasus Pembeli Beras Berlabel Di Kec

Sefriadi, Merly (2016) Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Atribut Yang Dipertimbangkan Dalam Keputusan Pembelian Beras Berlabel Pada Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Di Kota Malang (Studi Kasus Pembeli Beras Berlabel Di Kec. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Beras merupakan salah satu komoditas pangan pokok yang dikonsumsi sebagian besar penduduk Indonesia. Dengan besarnya konsumsi beras di Indonesia membuat produsen lebih melihat apa yang diinginkan oleh konsumen. Penjualan beras berlabel saat ini mulai mengalami perbaikan diantaranya produsen yang menjual beras tidak hanya curah tetapi memperhatikan faktor lain yakni menjual beras berlabel. Beras berlabel tentu akan menjadi pilihan yang dipertimbangkan konsumen untuk membelinya. Dalam pengambilan keputusan pembelian beras berlabel dipengaruhi akan atribut-atribut dari beras berlabel tersebut. Atribut-atribut dari produk beras berlabel akan menjadi acuan bagi produsen untuk memperbaiki produknya serta mengetahui karakter pembeli beras berlabel. Terbentuknya atribut-atribut pertimbangan akan dipengaruhi oleh faktorfaktor tertentu. Dalam penelitian ini akan menganalisis terbentuknya atributatribut produk beras berlabel yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian beras berlabel. Lokasi penelitian yang ditetapkan berdasarkan tersedianya penjualan beras berlabel yaitu di dua pasar tradisional yakni Pasar Merjosari dan Pasar Tawangmangu. Sedangkan penelitian pada pasar modern dilakukan pada tiga pasar modern yaitu Smesco Mart, Persada dan Sardo yang berada di Kota Malang tepatnya di Kecamatan Lowokwaru. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 22 Maret hingga 22 April 2016. Metode yang digunakan yakni metode analisis faktor dan analisis deskriptif. Analisis faktor dilakukan untuk menganalisis terbentuknya atribut-atribut yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian beras berlabel. Analisis faktor yang digunakan menggunakan pendekatan PCA (Principal Component Analysis). Sedangkan analisis deskriptif diperoleh dengan informasi yang telah di isi ke dalam kuisioner oleh responden. Penentuan responden dilakukan secara acak dengan menetapkan sebanyak 100 responden, yakni 50 responden pada pasar tradisional dan 50 responden pada pasar modern. Responden yang diberikan kuisioner adalah responden yang membeli beras berlabel pada saat penelitian dilakukan. Hasil dari analisis faktor diperoleh tiga faktor pembentuk atribut-atribut produk dalam pengambilan keputusan pembelian beras berlabel. Ketiga faktor terbentuk dari sebelas variabel yaitu variabel pulen (X1), variabel warna putih (X2), variabel kebersihan (X3), variabel ukuran kemasan (X4), variabel mengenyangkan (X5), variabel diiklankan (X6), variabel kebiasaan (X7), variabel harga terjangkau (X8), variabel kemasan (X9) dan variabel mudah didapat (10). Dari kesepuluh variabel tersebut tereduksi menjadi enam variabel yang tersisa. Variabel yang tereduksi yaitu variabel warna putih (X2), variabel mengenyangkan (X5), variabel harga terjangkau (X8) dan variabel kemasan (X9). Dari dua faktor yang diperoleh diberi nama faktor eksternal yang terdiri dari kebiasaan (X7) dan ii diiklankan (X6), sedangkan faktor kedua diberi nama faktor internal yang terdiri dari mudah didapat (X10), pulen (X1), kebersihan (X3) dan ukuran kemasan (X4). Pada hasil analisis deskriptif karakteristik responden pada penelitian pengambilan keputusan pembelian beras berlabel ini sebanyak 80% perempuan dengan rentan usia diatas 30 tahun sebanyak 77%. Dari seratus responden, yang berstatus menikah sebesar 78% dengan tingkat pendidikan paling besar yakni sarjana sebanyak 32%. Sedangkan berdasarkan pendapatan dari seratus responden paling besar persentasenya yakni memiliki pendapatan > Rp.2.000.000 – Rp. 4.000.000.

English Abstract

Rice is one of the staple food commodities consumed the majority of the population of Indonesia. With the amount of consumption of rice in Indonesia make manufacturers more to see what is desired by consumers. The current label rice sales begin to experience improvements including manufacturers who sell rice not only heavy but pay attention to other factors. selling rice labeled. Rice will certainly be labeled options that consider the consumer to buy it. In decision making rice purchases will be influenced by the label attributes of the rice labeled it. Attributes-the attributes of a product labeled rice will be the reference for the manufacturer to repair the product and knowing the character labeled rice buyers. The formation attributes will be influenced by the consideration of certain factors. In this study will analyze the formation of product attributes-attribute rice labeled the decision making that affects the purchase of rice labeled. Location of research assigned based on availability in labeled rice sales to two traditional markets, Merjosari market and Tawangmangu market. While research on the modern market is conducted on three modern markets namely Smesco Mart, Persada and Sardo which are in the city of Malang in Lowokwaru Subdistrict. This research was conducted on 22 March to 22 April 2016. The method used is the method descriptive analysis and factor analysis. Factor analysis was conducted to analyse the formation attributes considered in decision-making by consumers purchasing rice labeled. Analysis of the factors that used to use the approach of the PCA (Principal Component Analysis). While the descriptive analysis obtained by the information in the contents into the questionnaire by respondents. Determination of the respondents was conducted randomly by assigning as many as 100 respondents, 50 respondents in traditional markets and 50 respondents in the modern market. Respondents provided a detailed questionnaire respondents who purchased rice is labeled at the time the research was conducted. The results of the analysis of the factor obtained three factors Shaper product attributes-attribute decision making in purchasing rice labeled. The third factor was formed from the eleven variables namely variable fluffier (X1), variable white (X2), variables hygiene (X3), variable packing size (X4), variable satiate (X5), variable advertised (X6), variable habits (X7), variable affordable price (X8), variable packing (X9) and variable easy to get (X10). Of the ten variables are reduced into six of the remaining variables. The reduced variables namely variable white (X2), variable satiate (X5), variable affordable price (X8) and variable packing (X9). Of the two factors obtained were given the name of the external factors which consists of habits (X7) and advertised (X6), whereas the second factor was given the name internal factors consisting of easy to get (X10), fluffier (X1), hygiene (X3) and packing sizes (X4) iv On the results of the analysis of the descriptive characteristics of respondents in research decision-making rice purchases labeled this as much as 80% of women with susceptible age above 30 years by as much as 77%. Than one hundred respondents, representing 78% of married life with the greatest level of education. Bachelor as much as 32%. While based on the income of a hundred greatest percentage of respondents have an income of Rp 2 million – Rp 4 million.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/977/051700053
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 17 Jan 2017 14:42
Last Modified: 22 Oct 2021 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131979
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_DAN_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
COVER_DAN_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSEMBAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSEMBAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JUDUL_DAN_PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
JUDUL_DAN_PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PERSETUJUAN_DAN_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PERSETUJUAN_DAN_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN-KATA_PENGANTAR-RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN-KATA_PENGANTAR-RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item