AriNirwana (2016) Analisis Rantai Pasok (Supply Chain) Kopi Robusta Kelompok Tani “Sekar Rindu” Di Desa Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Berdasarkan data ICO (2016) produksi kopi di Brazil yaitu 48.095.000 ton, kemudian diikuti oleh negara Vietnam sebesar 19.467.000 ton, dan produksi kopi selanjutnya yaitu Indonesia dengan produksi sebesar 9.129.000 ton. Di Indonesia terdapat beberapa wilayah penghasil kopi diantaranya yaitu: Sumatra, Kalimantan, Papua maupun Jawa. Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu wilayah sentral penghasil kopi yang ada di Indonesia. Terdapat 6 kawasan di JawaTimur yang merupakan penghasil kopi terbesar diantaranya yaitu: Ijen-Raung-Argopuro (Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo), Bromo-Tengger-Semeru (Kabupaten Lumajang, Malang, Probolinggo), Kelud (Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang), Wilis (Kabupaten Madiun, Kediri, Trenggalek), Lawu (KabupatenMagetan, Ngawi) serta kawasan Pantura (Kabupaten Situbondo dan Probolinggo), untuk penghasil kopi di Kabupaten Malang terdapat di Kecamatan Dampit. Pada Kecamatan Dampit khususnya pada Kelompok Tani Sekar Rindu, Dusun Kampung Teh, Desa Sukodono petani di daerah tersebut banyak membudidayakan tanaman kopi jenis robusta. Terkait dengan teknik budidaya kopi di daerah tersebut sudah ada sejak zaman Belanda sampai dengan saat ini, selain itu tanaman kopi yang hidup di Desa Sukodono tumbuh dengan subur dikarenakan oleh keadaan iklim dan keadaan tanah yang subur. Pada Kelompok Tani Sekar Rindu terdapat beberapa permasalahan dalam melakukan budidaya kopi, seperti adanya serangan organisme pengganggu tanaman, penanganan pascapanen, daya tawar petani rendah, maupun terkait dengan permasalahan terkait dengan lembaga pemasaran yang ada di daerah tersebut khususnya di Kecamatan Dampit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengidentifikasi aktor-aktor yang terlibat dalam rantai pasok kopi robusta pada Kelompok Tani “Sekar Rindu” Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, (2) Menganalisis margin pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran dalam rantai pasok kopi robusta pada Kelompok Tani “Sekar Rindu” Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan menggunakan purposive. Pada penentuan responden menggunakan dua metode, penentuan responden petani menggunakan metode sensus dan penentuan responden lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, maupun dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan pola aliran rantai pasok dan analisis margin pemasaran untuk mengetahui tingkat margin pemasaran pada struktur rantai pasok kopi robusta di Kelompok Kani Sekar Rindu. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) pada Kelompok Tani Sekar Rindu terdapat dua struktur rantai pasok yaitu struktur rantai pasok yang pertama terdiri dari petani, pedagang pengumpul (CV. Sumber Agung), dan konsumen. Struktur rantai pasok yang kedua terdiri dari petani, pedagang besar (PT. Asal Jaya), dan konsumen luar maupun dalam negeri. Pada hasil analisis margin pemasaran di Kelompok Tani Sekar Rindu yaitu: pada struktur rantai pasok pertama yaitu Rp 1.000,-, dan pada struktur rantai pasok kedua yaitu Rp 2.000,-. Pada nilai margin tersebut menggambarkan bahwa struktur rantai pasok yang paling efisien yaitu pada struktur pertama dengan nilai margin Rp.1.000,-. Hasil perhitungan farmer’s share didapatkan hasil yaitu pada struktur rantai pasok pertama nilai farmer’s share sebesar 95,65% sedangkan pada struktur rantai pasok kedua nilai farmer’s share sebesar 92,31%, sehingga dengan demikian struktur rantai pasok yang paling efisien yaitu pada struktur pertama, karena pada struktur pertama mempunyai nilai farmer’s share paling tinggi sebesar 95,65%. Pada struktur pertama petani yang menjual hasil kopinya langsung kepada pedagang pengumpul.
English Abstract
Indonesia is one country of the largest coffee producer in the world after Brazil and Vietnam. Based on data from ICO (2016) coffee production in Brazil, namely 48.095.000 tonnes, followed by Vietnam amounted to 19.467.000 tons, and further the coffee production of Indonesia. With a production of 9.129.000 tons. In Indonesia there are several coffee-producing areas such as: Sumatra, Kalimantan, Papua and Java. East Java Province is one of the central coffee-producing regions in Indonesia. There are six regions in East Java which is the largest coffee producer among which: Ijen-roar-Argopuro (Jember, Bondowoso, Situbondo), Bromo-Tengger-Semeru (Lumajang, Malang, Probolinggo), Kelud (Kediri, Blitar and Malang ), Willis (Madiun, Kediri, Terri), Lawu (KabupatenMagetan, Ngawi) and the northern coast region (Situbondo and Probolinggo). For coffee producer in Malang regency are in District Dampit. In the District Dampit particularly to farmer group Sekar Rindu, Kampung Teh Village, Sukodono Village many farmers in the area cultivate robusta crop. Associated with the techniques of coffee cultivation in the region has existed since the Dutch era until today. Besides coffee plants that grow in the Sukodono Village thrive due to climatic conditions and fertile soil conditions. At Sekar Rindu farmer groups there are some problems in conducting the cultivation of coffee, such as organism pest attacks, post-harvest handling, as well as on the issues related to marketing agencies in the region, especially in Sub Dampit. The purpose of this research was to (1) identify actors involved in the supply chain of robusta coffee in the farmer group "Sekar Rindu" District of Dampit, Malang, (2) analyze the marketing margin on each marketing channel in the supply chain of robusta coffee the farmer group "Sekar Rindu" Dampit subdistrict, Malang regency. The determination of research areas is done by using purposive. In the determination of the respondents use two methods, the determination of the respondent farmers census method and determine the respondents marketing agencies using snowball sampling method. Methods of data collection using interviews, observation, and documentation. The data analysis method used is descriptive analysis method that is used to describe the flow pattern of the supply chain and marketing margin analysis to determine the level of marketing margin on supply chain structure robusta coffee farmer group Sekar Rindu. The analysis showed that: (1) in the farmer group Sekar Rindu there are two supply chain structure, namely the structure of the first supply chain consists of farmers, collectors (CV. Sumber Agung), and consumers. The structure of the supply chain consists of growers, wholesalers (PT. Asal Jaya), and foreign and domestic consumers. On the marketing margin analysis results in the farmer group Sekar Rindu namely: the first supply chain structure, namely Rp1,000, - and on the structure of the supply chain, namely Rp2,000, -. At the margin value illustrates that the structure of the most efficient supply chain is the first structure in the marginal value Rp.1000, -. Farmers share calculation results showed that the structure of the value supply chain first farmers share of 95.65%, while the structure of the supply chain both value the farmers share of 92.31%. Thereby structure the most efficient supply chain is the first structure, since the first structure has a value of farmers highest share of 95.65%. In the first structure of the coffee farmers who sell directly to the collector.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2016/671/051609358 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 04 Nov 2016 08:42 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 15:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/131680 |
Preview |
Text
ANALISIS_RANTAI_PASOK.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI_BAB_1-6.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN_DAN_SUMMRY.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |