Putri, Dita Permata (2018) Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Pada Pembelian Sayuran Organik Di Loka Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Semakin banyaknya permintaan sayuran organik membuat penawaran sayuran organik meningkat pula. Saat ini mulai bermunculan outlet-outlet yang menjual sayuran organik. Hal ini menyebabkan pemasar sayuran organik berlomba-lomba mendapatkan konsumen. Competitive advantage diperlukan unntuk menghadapi persaingan yang kompetitif. Metode untuk menciptakan competitive advantage adalah dengan memberikan kesan positif melalui produk, pelayanan dan suasana. Sehingga dapat menciptakan pengalaman untuk konsumen, menyentuh perasaan dan emosional konsumen. Konsep pemasaran seperti ini biasa disebut dengan experiential marketing. Loka Malang menerapkan konsep tersebut dalam penjualan sayur organiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sense, feel, think, act dan relate terhadap kepuasan konsumen serta menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada pembelian sayur organik di Loka. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei 2018 dengan cara menyebarkan kuesioner online pada followers Instagram @lokaindonesia yang membeli telah membeli sayur organik di Loka minimal 1 kali dan berumur lebih dari 18 tahun. Penelitian ini menggunakan 50 responden dengan kriteria yang telah disebutkan. Teknik analisis yang digunakan ialah SEM-PLS menggunakan software WarpPLS 5.0. Hasil dari penelitian ini bahwa variabel sense memiliki p-value <0,01; feel 0,22; think <0,01; act 0,01 dan relate 0,03 terhadap kepuasan konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa variabel sense, think, act dan relate berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sedangkan variabel feel tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Variabel kepuasan konsumen memiliki p-value <0,01 terhadap loyalitas konsumen yang berarti bahwa kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Variabel experiential marketing yang berpengaruh paling besar terhadap kepuasan konsumen adalah variabel think, kemudian disusul sense, act dan relate yaitu sebesar 24%; 23%; 22% dan 19%. Variabel kepuasan konsumen berpengaruh 71% terhadap loyalitas konsumen. Nilai R2 sense, feel, think, act dan relate terhadap kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen adalah 0,65 dan 0,50 yang berarti bahwa model masuk kategori kuat dan prediktor model baik dalam menjelaskan variance.
English Abstract
The increasing demand for organic vegetables makes the supply of organic vegetables increase as well. Currently, outlets are starting to emerge that sell organic vegetables. This causes organic vegetable marketers to compete to get consumers. Competitive advantage is needed to face competitive competition. The method for creating competitive advantage is by giving a positive impression through product, service and atmosphere. So that it can create experience for consumers, touching the feelings and emotional consumers. This marketing concept is commonly called experiential marketing. Loka Malang applies the concept in the sale of organic vegetables. This study aims to analyze the influence of sense, feel, think, act and relate to customer satisfaction and analyze the impact of consumer satisfaction on consumer loyalty on the purchase of organic vegetables at Loka. This research was conducted from April to May 2018 by distributing an online questionnaire on Instagram followers in Indonesia who bought it to buy organic vegetables at Loka at least 1 time and were more than 18 years old. This study using 50 respondents with the criteria mentioned. The analysis technique with SEM-PLS using WarpPLS 5.0 software. The results of this study that the sense variable has a p-value <0.01; feel 0.22; think <0.01; act 0.01 and relate 0.03 to consumer satisfaction. This shows that the variables sense, think, act and relate affect consumers satisfaction while the feel variables do not affect consumer satisfaction. Variable consumer satisfaction has a p-value <0.01 to consumer loyalty which means that consumer satisfaction have impact on consumer loyalty. Experiential marketing variables that have the most influence on customer satisfaction are think, then followed by sense, act and relate, that is 24%; 23%; 22% and 19%. Variable consumer satisfaction have impact 71% of consumer loyalty. R2 values sense, feel, think, act and relate to consumer satisfaction and consumer satisfaction on consumer loyalty are 0.65 and 0.50, which means that the model is categorized as strong and a good predictor of the model in explaining variance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/528/051809639 |
Uncontrolled Keywords: | marketing, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 30 Oct 2018 01:58 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 07:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13114 |
Preview |
Text
DITA PERMATA PUTRI.pdf Download (6MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |