Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan Jamur Tiram (Studi Kasus Pada Cv. Agaricus Sido Makmur Sentosa, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang)

Firman, - (2015) Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan Jamur Tiram (Studi Kasus Pada Cv. Agaricus Sido Makmur Sentosa, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah. Selain itu Indonesia memiliki letak yang sangat strategis yang diapit oleh dua benua yaitu oleh benua asia dan australia, sehingga memudahkan Indonesia untuk melakukan ekspor perdagangan. Tanaman holtikultura merupakan salah satu sektor penting dalam perkembangan pertanian di Indonesia. komoditas tanaman hortikultura diantaranya adalah jamur tiram sebagai tanaman obat ataupun tanaman sayuran. Kabupaten malang merupakan salah satu sentra pembudidayaan jamur tiram di Jawa Timur yang terletak di Kecamatan Lawang. Strategi pemasaran jamur tiram disini sebagai suatu wujud rencana yang terurai dibidang pemasaran. Untuk memperoleh hasil yang optimal, strategi pemasaran ini mempunyai ruang lingkup yang luas dibidang pemasaran diantaranya adalah strategi dalam promosi, strategi harga, strategi produk, dan strategi tempat atau distribusi. Perusahaan perlu mengenali kekuatan dan kelemahan perusahaan dalam persaingan hal ini akan sangat membantu dalam mengenali diri, serta memanfaatkan setiap peluang yang ada dan menghindari atau meminimalkan ancaman. Kendala yang muncul pada daerah penelitian adalah terjadinya fluktuasi penjualan jamur tiram, karena hasil penjualannya tidak stabil dari tahun ke tahun. Oleh karena itu diperlukan strategi strategi khusus baik dari segi produk, promosi, harga, maupun distribusi agar dapat bersaing dengan perusahaan perusahaan lain yang bergerak pada bidang budidaya jamur tiram yang lain. Dengan diterapkannya strategi strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan jamur tiram yang akan memaksimalkan keuntungan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menganalisis strategi – strategi pemasaran yang diterapkan di lokasi penelitian dikaitkan dengan volume penjualannya. (2) Mengidentifikasi alternative strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada lokasi penelitian untuk meningkatkan volume penjualan. Jawaban sementara dari tujuan tersebut adalah, Strategi pemasaran yang lengkap mencakup strategi produk, promosi, harga, dan distribusi memperoleh volume penjualan yang lebih tinggi dibanding dengan strategi pemasaran yang tidak lengkap Metode analisis yang digunakan adalah dengan cara membandingkan strategi – straegi perusahaan yang dilakukan, dikaitkan dengan volume penjualannya dan dengan menggunakan analisis swot. Berdasarkan hasil analisis strategi yang dibandingkan dengan volume penjualan dapat disimpulkan bahwa semakin lengkap strategi yang digunakan maka semakin tinggi volume penjualannya, strategi yang paling memiliki kelengkapan dari sisi produksi, promosi, harga, maupun distribusi akan menghasilkan penjualan tertinggi. ii Berdasarkan tujuan kedua yaitu Mengidentifikasi alternative strategi pemasaran yang dapat diterapkan pada lokasi penelitian untuk meningkatkan volume penjualan menggunakan analisis SWOT, didapatkan empat alternative strategi bagi perusahaan CV. Agaricus Sido Makmur Sentosa. Alternatif strategi yang dirumuskan berdasarkan analisis matriks QSPM meliputi (1) Mengoptimalkan upaya promosi produk untuk memperluas pangsa pasar, (2) Melakukan pengembangan produk dengan meningkatkan kualitas produk, (3) Mengajukan permintaan bantuan dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas produk dan pembelian bahan baku, (4) Memperluas wilayah pemasaran. Dalam hal mengoptimalkan upaya promosi produk langkah yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan melakukan update informasi pada media internet dan cetak. Untuk mendistribusikan informasi secara luas maka perusahaan dapat menggunakan meida yang berskala nasional. Meningkatkan dan mempertahankan kualitas jamur tiram pada perushaan dapat dilakukan dengan pengendalian kualitas produk agar semua aktivitas yang berhubungan pada proses produksi jamur tiram dapat sesuai dengan harapan konsumen atau selera konsumen. Dengan cara mengajukan permintaan bantuan dari pemerintah seperti mengajukan proposal, hal ini bertujuan agar meringankan beban modal perusahaan untuk membelian bahan baku maupun peningkatan kualitas produk. Perluasan wilayah pemasaran oleh perusahaan dapat dilakukan dengan kembali membuka cabang pada daerah lain.

English Abstract

Indonesia is one of the country that has abundant natural resources . In addition, Indonesia has a very strategic location which is flanked by Asia and Australia continents, that make it easier for Indonesia to export trade. Horticultural plant is one of the important sectors in the development of agriculture in Indonesia .horticultural crops include oyster mushrooms as medicinal plants or vegetables. The malang districts is one of the centers of oyster mushroom cultivation in East Java which is located in District Lawang . Oyster mushroom marketing strategy here as a form of planning that decomposes in marketing. To obtain optimal results, this marketing strategy has a broad scope in the field of marketing include the promotion strateg , pricing strategy, product strategy, and place or distribution strategies. Companies need to recognize the strengths and weaknesses of the company in this competition will be very helpful in identifying themselves, as well as take advantage of any opportunities that exist and avoid or minimize threats. Problems were encountered in the study area is the oyster mushroom sales fluctuations, because the proceeds are not stable every years . Therefore theyneed a special strategy, both in terms of product , promotion , price , and distribution in order to compete with other companies engaged in the oyster mushroom cultivation . With the implementation of the strategys is expected to increase sales volume of oyster mushrooms that will maximize corporate profits The purpose of this study was (1) to analyze the marketing strategies applied in the study area is associated with the volume of sales. (2) Identify alternative marketing strategies that can be applied to the study site to increase sales volume. The marketing strategy that have most complete strategies including product strategy, promotion strategy, prtice strategy, and distribution strategy have higher sales volume than the incomplete marketing strategy, is the temporary answer of the purposes. Compare the company strategys which is running in company, connected to selling volume and SWOT analyze were used to answer the research objective. Based on the analysis the more complate strategys can produce high selling volumemost strategies have completeness of the production, promotion, pricing, and distribution will generate the highest sales iv The second objective, that is Identifying alternative marketing strategies that can be applied to the study site to increase sales volume using SWOT analysis , obtained four strategic alternatives for the company CV. Agaricus Sido Makmur Sentosa. Alternative strategies are formulated based on the analysis of the matrix QSPM ccontaint (1) optimize product promotional efforts to expand market share (2) conducting product development by improving the quality (3 )send a request to goverment to help increase product quality and to buy material raw (4) expand marketing zone. To Optimize product promotional effort company must update the information in iinternet and magazine. To distribute information wider, company must use national scale magazine. Conducting product development by improving the quality can be conduct by controling the quality of product, so all the activities of oyster mushroom cultivation can be fulfill the custemers need. Filed a request for assistance from the government to improve the quality of the products and purchases of raw materials. To expand marketing zone companny must open the new branch in another location.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/866/ 051509688
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 02 Feb 2016 09:28
Last Modified: 26 Nov 2021 07:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130909
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of RIWAYAT_HIDUP.pdf]
Preview
Text
RIWAYAT_HIDUP.pdf

Download (6kB) | Preview
[thumbnail of SUMMARY.pdf]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (383kB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (21kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item