Analisis Efisiensi Pemasaran Komoditas Cabai Rawit (Capsicum Frutescens) Di Desa Bulupasar Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri

Setyowati, Eny and Fitria Dina Riana, SP. MP. (2015) Analisis Efisiensi Pemasaran Komoditas Cabai Rawit (Capsicum Frutescens) Di Desa Bulupasar Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daerah penghasil cabai rawit terbesar di Indonesia adalah di daerah Jawa Timur dengan rata-rata hasil produksi sebesar 189.318 ton, dengan kontribusi terhadap produksi cabai rawit nasional sebesar 31 %. Propinsi tersebut merupakan daerah yang memiliki jumlah produksi cabai rawit yang tinggi dan jumlah produksinya selalu mengalami peningkatan yang cukup baik. Desa Bulupasar Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri merupakan salah satu daerah dengan kontribusi produksi cabai rawit terbesar di Jawa Timur. Lokasi ini, dipilih secara purposive sesuai dengan tujuan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan saluran pemasaran komoditas cabai rawit yang dilakukan oleh petani di Desa Bulupasar, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui fungsi pemasaran apa saja yang dilakukan oleh petani cabai rawit di Desa Bulupasar dan lembaga pemasaran lain selama melakukan kegiatan pemasaran. Tujuan terakhir dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat efisiensi pemasaran komoditas cabai rawit. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini metode analisis data deskriptif dan kuantitatif. Analisis data deskriptif digunakan untuk menganalisis saluran pemasaran dan fungsi pemasaran yang dilakukan oleh petani dan lembaga pemasaran dalam memasarkan komoditas cabai rawit. Analisis data kuantitatif digunakan untuk menganalisis tingkat efisiensi pemasaran dengan beberapa indikator antara lain yaitu analisis share harga, analisis share keuntungan, analisis share biaya, analisis efisiensi pemasaran, analisis efisiensi operasional, analisis rasio keuntungan dan biaya. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui ada tiga saluran pemasaran yang berbeda. Saluran pemasaran I terdiri atas petani, tengkulak, pedagang besar, pedagang pengecer. Saluran pemasaran II terdiri atas petani, tengkulak dan pedagang pengecer. Saluran pemasaran III terdiri atas petani tengkulak luar daerah, pedagang besar dan pedagang pengecer. Berdasarkan analisis data, dapat diketahui bahwa Saluran II merupakan saluran pemasaran yang paling efisien dibandingkan dengan saluran I dan III. Saluran Pemasaran II merupakan saluran pemasaran yang paling efisien, hal ini diketahui dari nilai-nilai indikator yaitu indikator marjin pemasaran, farmer’s share, rasio biaya dan keuntungan dan efisiensi operasional. Nilai marjin pemasaran II merupakan nilai marjin yang paling rendah yaitu Rp 3.792,10. Kondisi ini menunjukkan bahwa saluran ini merupakan saluran pemasaran yang paling efisien diantara yang lainnya. Nilai farmer’s share pada saluran pemasaran ini sebesar 72,48%, yaitu diatas 50% yang menunjukkan bahwa saluran tersebut telah memenuhi syarat efisiensi. Saluran pemasaran II, juga merupakan saluran pemasaran yang paling efisien dari segi efisiensi operasional. Kondisi ini diketahui berdasarkan nilai efisiensi operasional saluran ini yang mencapai 80%.

English Abstract

The largest producing areas of cayenne pepper in Indonesia is in East Java with an average of production is 189.318 tonnes, with a contribution to the national production of cayenne pepper by 31%. Bulupasar village is one of the areas with the largest contribution of cayenne pepper production in East Java. This location, purposively selected in accordance with the purpose of research. The aim of this study was to describe the marketing channels of cayenne pepper made by farmers in the village Bulupasar, this study was also conducted to determine what marketing functions are carried out by farmers and the marketing agencies for marketing activities. Final goal of this study was to determine the extent of marketing efficiency. Methods in this research is data descriptive analysis and quantitative data analysis. Descriptive data analysis is used to analyze marketing channels and marketing functions are carried out by farmers and marketing agencies. Quantitative data analysis is used to analyze the level of marketing efficiency by several indicator that is the analysis of the share price, profit share analysis, cost share analysis, marketing efficiency analysis, analysis of operational efficiency, and cost benefit ratio analysis. Based on the research, it is known there are three different marketing channels. First marketing channel composed of farmers, middlemen, wholesalers, retailers. Second marketing channel is consists of farmers, middlemen and retailers. Third marketing channel is consists of farmers, middlemen outside the region, wholesalers and retailers. Based on the data analysis, it can be seen that the second channel is the most efficient than the first channel and the third channel. This marketing channel is efficient in term of marketing margin, farmer’s share, benefit and cost ratio and also from operational efficiency. The value of farmer’s share in the second marketing channels is 72,48 %. It shows that this channel is efficient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2015/745/ 051507738
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 22 Oct 2015 14:24
Last Modified: 16 Aug 2024 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/130783
[thumbnail of COVER_SKRIPSI.pdf] Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of persembahan.pdf] Text
persembahan.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Daftar_isi.pdf] Text
Daftar_isi.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of BAB_I_.pdf] Text
BAB_I_.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of BAB_II.pdf] Text
BAB_II.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of BAB_III_.pdf] Text
BAB_III_.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of BAB_IV_.pdf] Text
BAB_IV_.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of BAB_V_DAN_VI_.pdf] Text
BAB_V_DAN_VI_.pdf

Download (447kB)

Actions (login required)

View Item View Item