Analisis Penilaian Kinerja Karyawan pada Industri Otomotif berdasarkan Pertimbangan Aspek Human Error dengan Metode Behavioral Observation Scale

Saputri, Anita Galih (2018) Analisis Penilaian Kinerja Karyawan pada Industri Otomotif berdasarkan Pertimbangan Aspek Human Error dengan Metode Behavioral Observation Scale. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Meshindo Alloy Wheel adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif sebagai produsen aluminium alloy wheels untuk berbagai pembuat dan model mobil di Indonesia. Diperlukan manajemen sumber daya manusia yang baik untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu diperlukan proses penilaian kinerja untuk mengetahui prestasi yang dapat dicapai oleh setiap pekerja. Salah satu permasalahan yang ada di perusahaan adalah banyaknya kejadian kecelakaan kerja yang dialami pekerja. Departemen machining adalah salah satu dari 11 departemen pada perusahaan yang mengalami kenaikan kejadian kecelakaan kerja secara signifikan. Penyebab utama dari permasalahan kejadian kecelakaan kerja pada perusahaan ini adalah tinggi nya unsafe action yang diakibatkan dari tindakan pelanggaran pekerja atau human error yang dilakukan pekerja. Oleh karena itu perlu adanya penilaian kinerja karyawan yang mempertimbangkan aspek human error sebagai bentuk kedisiplinan dalam bekerja. Penilaian ini dilakukan dengan menggunakan metode Behavioral Observation Scale (BOS) untuk melakukan penilaian berdasarkan kejadian-kejadian kritis dan frekuensi dari kejadian tersebut. Behavioral Observation Scales (BOS) adalah metode untuk menilai kombinasi dari kejadian kritis (critical incidents) serta frekuensi dari kejadian tersebut dengan cara observasi pada pekerja kemudian dinilai secara keseluruhan. Penilaian dilakukan dengan melakukan identifikasi human error yang dilakukan oleh supervisor menggunakan form penilaian human error. Langkah selanjutnya dilakukan transformasi nilai kinerja operator yang sudah ada di perusahaan untuk menyamakan range nilai 1 sampai dengan 5. Setelah kedua nilai ditemukan, maka dilakukan pembobotan nilai yaitu 10% untuk human error dan 90% untuk nilai kinerja perusahaan. Pembobotan nilai 10% dilakukan berdasarkan aspek kedisiplinan pada penilaian kinerja perusahaan. Penelitian menunjukkan bahwa nilai human error yang tertinggi adalah 4.21 yang dimiliki oleh operator A2.5 dan C2.2, sedangkan nilai human error yang terendah sebesar 2.53 yang dimiliki oleh operator A2.4. Setelah mendapatkan nilai human error maka dilakukan konversi nilai kinerja perusahaan dan didapatkan nilai tertinggi untuk keseluruhan operator departemen machining adalah 4.56 yang dan nilai terendah sebesar 3.77 dan range keseluruhan nilai berada pada kategori cukup hingga sangat memuaskan. Hasil perbandingan antara nilai existing performance appraisal dengan nilai kinerja yang dilakukan penelitian, didapatkan 16 dari 54 operator mengalami penurunan predikat nilai. Error mode yang paling banyak terjadi dari 16 operator tersebut adalah C2 atau check incomplete. Saran untuk penelitian ini adalah diharapkan masa penelitian yang dilakukan dapat lebih lama sehingga hasil yang diperoleh dapat menjadi acuan yang lebih baik untuk penelitian selanjutnya. Selain itu disarankan perusahaan dapat menerapkan proses penilaian kinerja seperti yang dilakukan pada penelitian untuk dapat terus meningkatkan kedisiplinan kepada seluruh operator produksi.

English Abstract

PT. Meshindo Alloy Wheel is a company in automotive industry as an aluminium alloy wheels manufacturer for various makers and models of cars in Indonesia. Human resource management was needed to produce good-quality human resources. Therefore it was necessary to know the performance appraisal of process performance can be achieved by each worker. One of the problems in the company was the high incidence of occupational accidents suffered by workers. The machining department is one of 11 departments in the company, which increased significantly the incidence of workplace accidents. The main cause of the problems of occupational accidents events on this company was its high value in unsafe action resulting from violations of labor or human error committed workers. Therefore, it was necessary to the performance appraisal to consider aspects of human error as a form of discipline in work. The assessment was conducted using the method of Behavioral Observation Scale (BOS) to make judgments based on critical events and the frequency of the incident. This assessment was carried out using the Behavioral Observation Scale (BOS) method to conduct an assessment based on critical events and the frequency of the incident. Behavioral Observation Scales (BOS) is a method for assessing a combination of critical incidents and the frequency of events by observing workers and then assessing them as a whole. The assessment was carried out by identifying human errors carried out by the supervisor using a human error assessment form. The next step was to transform the value of the operator's performance that already exists in the company to equate the value range 1 to 5. After the two values were found, the weighting value was 10% for human error and 90% for the value of the company's performance. Weighting a value of 10% was based on disciplinary aspects of the company's performance appraisal. Research shows that the highest human error value was 4.21 who owned by operators A2.5 and C2.2, while the lowest human error value is 2.53 who owned by operator A2.4. After getting the value of human error, the conversion of the company's performance value was obtained, and the highest value for the entire machining department operator was 4.56, also the lowest value was 3.77. The results of the comparison between the value of the existing performance appraisal and the value of the performance carried out by the study were 16 of the 54 operators experienced a decrease in the value of the predicate. The most common error mode of the 16 operators were C2 or check incomplete. The suggestions for this study were the research period can be carried out longer so the results obtained a better reference for further research. In addition, it was suggested that the company can implement a performance appraisal process from the research to improve discipline for all production operators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2018/856/051808892
Uncontrolled Keywords: Behavioral Observation Scale (BOS), Error Mode, Human Error, Industri Otomotif, Kriteria Error, Penilaian Kinerja Automotive Industry, Behavioral Observation Scale (BOS), Error Mode, Error Criteria, Human error, Performance Appraisal
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.312 Conditions of employment, performance rating, utilization of personnel > 658.312 5 Performance rating (evaluation)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Nov 2018 04:13
Last Modified: 31 Dec 2021 03:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12886
[thumbnail of BAB IV.PDF]
Preview
Other
BAB IV.PDF

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.PDF]
Preview
Other
LAMPIRAN.PDF

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of KELENGKAPAN SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
KELENGKAPAN SKRIPSI.pdf

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.PDF]
Preview
Other
LEMBAR PENGESAHAN.PDF

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Anita Galih Saputri.pdf]
Preview
Text
Anita Galih Saputri.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (101kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item