Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Atribut Produk Benih Jagung Manis Di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokert

Aditya, Muhammad Irham (2018) Tingkat Kepuasan Petani Terhadap Atribut Produk Benih Jagung Manis Di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokert. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jagung manis adalah salah satu jenis jagung yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Konsumsi masyarakat terhadap jagung manis mengalami peningkatan seiring dengan pertambahan penduduk dan pola konsumsi. Dengan potensi besar yang dapat dikembangkan, muncul tuntutan untuk peningkatan kuantitas serta kualitas dari produksi jagung manis. Salah satu teknologi yang dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas produksi tanaman adalah benih. Benih memiliki peran yang sangat strategis untuk membawa teknologi baru berupa varietas yang unggul. Kecamatan Gondang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Mojokerto yang memiliki potensi budidaya jagung manis. Kebutuhan benih jagung manis di Kecamatan Gondang dipenuhi oleh beberapa produk benih. Dari beberapa produk benih yang ada di Kecamatan Gondang, produk yang menjadi pemimpin pasar adalah produk Talenta. Hal ini disebabkan pengepul hanya menyediakan produk benih Talenta saja. Hal tersebut menunjukkan bahwa petani menggunakan produk benih jagung manis Talenta bukan berdasarkan persepsi petani, namun berdasarkan pengepul yang menyediakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi petani terhadap tingkat kepentingan dan tingkat kinerja atribut produk benih jagung manis serta mengetahui tingkat kepuasan petani konsumen terhadap atribut produk benih jagung manis di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. Petani jagung manis di Kecamatan Gondang menggunakan produk benih jagung manis Talenta pada musim tanam terakhir. Petani juga pernah menanam produk benih jagung manis Bonanza. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini menggunakan dua merk produk benih jagung manis yaitu Talenta dan Bonanza. Penelitian ini menggunakan Cochran Q Test sebagai alat uji instrumen. Berdasarkan 24 atribut yang telah ditetapkan sebelumnya, dihasilkan 11 atribut produk yang benar-benar valid dipertimbangkan oleh petani dalam pembelian benih jagung manis hibrida. Penelitian dilakukan kepada 55 petani responden sebagai sampel dari keseluruhan populasi petani jagung manis di Kecamatan Gondang. Motede analisis yang digunakan dalam antara lain ialah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Keseluruhan analisis dilakukan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan SPSS versi 16. Hasil dari analisis IPA menunjukkan bahwa kedua produk benih jagung manis tersebut menghasilan persebaran atribut produk pada kuadran I yang berbeda. Pada produk benih jagung manis Talenta, atribut produk yang terdapat dalam kuadran I adalah kuantitas hasil produksi, ketahanan terhadap hama dan ketahanan terhadap penyakit. Sedangkan untuk produk benih jagung manis Bonanza atribut yang berada didalam kuadran I adalah kuantitas hasil produksi 8 dan ujung tongkol penuh. Hasil dari analisis CSI menunjukkan bahwa produk benih jagung manis Talenta memberikan tingkat kepuasan puas dengan presentase sebesar 77,65% dan produk benih jagung Bonanza memberikan tingkat kepuasan puas dengan presentase sebesar 69,56%. Produsen benih jagung manis untuk kedua merk tersebut harus tetap meningkatkan kinerja atribut produk, agar nilai CSI dapat mencapai 100% atau dapat dikatakan memenuhi harapan petani. Produsen disarankan untuk dapat fokus kepada peningkatan kinerja atribut produk yang berada pada kuadran I. Peningkatan kinerja untuk atribut kuantitas hasil produksi, ketahanan tanaman terhadap hama dan ketahanan tanaman terhadap penyakit bagi benih jagung manis Talenta serta atribut kuantitas hasil produksi dan ujung tongkol penuh bagi benih jagung manis Bonanza dapat dilakukan melalui penelitian atau pengembangan benih yang lebih baik, agar sesuai dengan keinginan dari petani serta meningkatkan kemampuan teknik bagi petani dalam melakukan usahatani jagung manis.

English Abstract

Sweet corn is the one of the foods consumed by many people in Indonesia. Public consumption of sweet corn has increased along with population growth and consumtion patterns. With great potential that can be developed, there are demands to increase the quantity and quality of seewt corn production. One technology that can improve the quality and quantity of plant production is seeds. Seeds have a very strategic role to bring new technology in the form of superior varieties.Gondang District is one of the district in Mojokerto Regency that has the potential of sweet corn cultivation. The requirement of sweet corn seed in Gondang District is fulfilled by several seed products in Gondang District, the product that became the market leader is Talenta product. This is due to the collectors who only provide seed products of Talenta only. It shows that farmers use Talenta sweet corn seed products not based on farmers perception, but based on the collectors who provide them. The objectives of this research are to analyze the perceptions of farmers on the importance and performance of the attributes of sweet corn seed products and to know the level of satisfaction of the farmers on the attributes of sweet corn seed products in Gondang District, Mojokerto Regency. Sweet corn farmers in Gondang District use Talenta sweet corn seeds in the last planting season. Farmers also planted sweet corn seeds of the brands Bonanza. Based on this, this research uses two brands of sweet corn seeds namely Talenta and Bonanza. This research used a research instrument test with Cochran’s Q Test. Based on 24 previously defined product attributes, 11 product attributes are considered by farmers. This research was conducted to 55 farmers as the sample of the sweet corn farmers populations in Gondang District. The methods that were used are Importance Performance Analysis (IPA) and Customer Satisfaction Index (CSI). All of these analyses were conducted in Microsoft Excel and SPSS ver. 16. The result of IPA analyses show that the two sweet corn seed products result in the distribution of product attributes in different quadrants I. In Talenta sweet corn seed products, product attributes found in quadrant I are the quantity of production, resistance to pests and resistance to disease. While for Bonanza sweet corn seed products attributes that are in quadrants I are the quantity of production and tip of the full cob. The results of the CSI analysis showed that Talenta sweet corn seed products provide satisfaction satisfied with the percentage of 77,65% and Bonanza corn seed products provide satisfied satisfaction with percentage of 69,56%. Producers of sweet corn seeds for both brands must still improve the performance of product attributes, so that the CSI value can reach 100% or can be said to meet the expectations of farmers. Producers are adviced to be able to focus on improving the performance of product attributes in quadrants I. Performace improvements for attributes of 10 productions quantity, plant resistance to pests and plant resistance to disease for Talenta sweet corn seeds and attributes of production quantity and full cob tip for corn seeds Bonanza can be done through better research or seed development. In order to be in accordance with the wishes of the farmers and to improve the technical capabilities for farmers in conducting sweet corn farming.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/625/051809869
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Jagung Manis, Produksi, Benih
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Oct 2018 02:20
Last Modified: 20 Oct 2021 10:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12689
[thumbnail of Muhammad Irham Aditya.pdf]
Preview
Text
Muhammad Irham Aditya.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item