Pengaruh Pendampingan Gizi Terhadap Pola Makan (Jenis, Jumlah Dan Frekuensi) Dan Status Gizi Balita Di Wilayah Kecamatan Pakal, Sukomanunggal, Dan Wonokromo Kota Surabaya.

Arinitami, Naila Riska (2016) Pengaruh Pendampingan Gizi Terhadap Pola Makan (Jenis, Jumlah Dan Frekuensi) Dan Status Gizi Balita Di Wilayah Kecamatan Pakal, Sukomanunggal, Dan Wonokromo Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Balita dengan status gizi kurang akan beresiko mengalami gangguan dalam pertumbuhan dan perkembangannya jika tidak ditangani dengan baik. Diadakannya pendampingan gizi di wilayah Surabaya memiliki tujuan untuk meningkatkan status gizi dan pola makan balita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendampingan gizi terhadap pola makan (jenis, jumlah dan frekuensi) dan status gizi balita. Penelitian ini adalah penelitian dengan desain observasional analitik dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 46 balita yang berusia 2-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan pada penilaian status gizi dengan indikator BB/TB mengalami perubahan lebih baik dibandingkan dengan indikator BB/U. Selain itu pada hasil penelitian pola makan pada tingkat konsumsi energi lebih mengalami peningkatan dibandingkan tingkat konsumsi protein. Untuk frekuensi makan balita pada makanan selingan lebih menujukkan perubahan dibandingkan makanan utama. Juga pada jenis makanan terdapat peningkatan pada sumber vitamin mineral, protein, lemak dan karbohidrat. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendampingan gizi terhadap status gizi dengan indikator BB/U dan BB/TB serta pola makan (p < 0.05). Tetapi jenis makanan sumber karbohidrat tidak ditemukan perbedaan sebelum dan setelah pendampingan. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar pada penelitian lanjutan digali lebih dalam bagaimana pengaruh program pendampingan.

English Abstract

Toddlers with malnutrition will have impaired growth and development risk if they are not handled properly. Nutrition assistance program in Surabaya has a goal to improve the nutritional status and toddler’s diet. This study purpose were determined the effect of nutrition assistance program in diet habit (types, amount and frequency) and nutritional status of toddlers This research was observational analytic design with quantitative approach. The researcher used purposive sampling in determining sample. There were 46 children aged 2-5 years. Nutritional status indicator assessment showed that wasting toddler experienced indicator of underweight. While, the results of diet indicator showed the level of that progress related energy consumption had increased more the than levels of protein consumption. Snacking frequency had increased more than major food. On the other hand, there was an increasing in the sources of vitamins, minerals, proteins, fats and carbohydrates. The results of this study also showed that there was significant effect at nutritional assistance to nutritional status with the indicator underweight and wasting and also dietary habit (p <0.05). However in the type of carbohydrate source did not showed differences before and after mentoring. Based on this study, it is suggested that the advanced research should be able to explore more regording to mentoring programs effect.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/80/ 051602500
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Mar 2016 14:33
Last Modified: 26 Nov 2021 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126515
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of BAB_7.pdf]
Preview
Text
BAB_7.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of DEAL_COVER.pdf]
Preview
Text
DEAL_COVER.pdf

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of COVER_NRA_after_semhas.pdf]
Preview
Text
COVER_NRA_after_semhas.pdf

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of BAB_1-Lampiran_after_semhas.pdf]
Preview
Text
BAB_1-Lampiran_after_semhas.pdf

Download (863kB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (103kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item