Hubungan Perilaku Oral Hygiene Dengan Status Nutrisi Pada Lansia Di Posyandu Lansia Kelurahan Sumbersari Malang

Kertiyasa, Galih (2016) Hubungan Perilaku Oral Hygiene Dengan Status Nutrisi Pada Lansia Di Posyandu Lansia Kelurahan Sumbersari Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perilaku Oral Hygiene memiliki fungsi yang penting bagi peningkatan kualitas hidup lansia. Lansia yang jarang melakukan perilaku oral hygiene akan mengakibatkan penumpukan bakteri yang akan menyebabkan gangguan gigi dan mulut. Gangguan gigi dan mulut akan mempengaruhi nafsu makan serta asupan makan lansia yang menurun, sehingga menyebabkan kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi dan akan berdampak pada status nutrisi serta kesehatan tubuh lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Perilaku Oral Hygiene dengan Status Nutrisi pada Lansia di Posyandu Lansia Kelurahan Sumbersari Malang, dengan menggunakan metode cross sectional. Responden dalam penelitian ini adalah lansia di Posyandu Kelurahan Sumbersari Malang yang berjumlah 127 orang. Pengambilan sampel di lakukan dengan simple random. Instrumen pengumpulan data adalah lembar kuesioner serta lembar hasil pengukuran status nutrisi melaui pengukuran tinggi badan atau rentang lengan serta berat badan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai minimal perilaku oral hygiene responden adalah 35 dan nilai maksimalnya adalah 68 dengan mean 52,3. Nilai minimum untuk status nutrisi adalah 16,49 dan nilai maksimalnya 33,02 dengan mean 22,31. Uji statistik Pearson menunjukan adanya hubungan signifikasi dengan p value (0,000) < α (0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara perilaku oral hygiene terhadap status nutrisi pada lansia di posyandu lansia Kelurahan Sumbersari Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini di sarankan agar lansia lebih meningkatkan perilaku oral hygiene yang salah satunya adalah frekuensi membersihkan gigi dan mulut agar asupan makan lansia dapat lebih meningkat yang nantinya akan memperbaiki status nutrisi lansia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/290/051604683
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 May 2016 15:48
Last Modified: 21 Oct 2021 01:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125966
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_7.pdf]
Preview
Text
BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_+_daftar_isi.pdf]
Preview
Text
cover_+_daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item