The Use Of Video Blog To Learn English Vocabulary.

Mamuko, Ephifania (2017) The Use Of Video Blog To Learn English Vocabulary. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penguasaan kosakata selalu menjadi salah satu tugas yang sangat kompleks dalam proses belajar bahasa asing, kosakata dianggap sebagai tantangan terberat bagi pelajar bahasa Inggris. Mehta (2009) menyatakan bahwa "kosa kata adalah langkah penting pertama dan terpenting dalam perolehan bahasa." Pembelajaran dan teknologi tidak dapat dipisahkan dengan jelas, orang dapat menemukan penggunaan bahasa Inggris dengan menggunakan teknologi. Beberapa teknologi yang bisa digunakan orang adalah internet, seperti YouTube. Di YouTube ada versi singkat blog dalam video yang disebut Vlog. Vlog adalah salah satu sumber yang berguna yang berperan significanct dalam pendidikan dan juga dianggap sebagai sumber belajar yang menarik bagi pelajar bahasa Inggris asing (EFL) untuk mempraktikkan bahasa dan mendapatkan eksposur otentik. Oleh karena itu, penelitian saat ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi penggunaan Vlog dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kosa kata bahasa inggris bagi mahasiswa di Fakultas Ilmu Budaya,Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk melakukannya, checklist diadaptasi dari Olubanke M Bankole, Stephen O. Babalola (2012). Subjek penelitian ini adalag 3 orang mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya, Malang. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa Vlog dapat membantu siswa untuk belajar kosa kata baru, para siswa tertarik untuk mengembangkan muatan kosa kata mereka menggunakan Vlog. Video juga membawa bagaimana orang berperilaku dalam budaya yang bahasanya mereka pelajari. Dengan menonton Vlog bahasa Inggris, para siswa dapat mempelajari kosakata baru, dan mempraktikkannya dengan baik. Vlog juga memiliki dampak positif bagi karya akademis mereka, dan terkadang bisa membantu siswa mendapatkan informasi untuk tugas mereka. Peneliti memberi saran kepada para peneliti lainnya untuk mencari lebih banyak responden, dan mempelajari focus yang lain seperti pengaruh Vlog terhadap kemampuan bahasa inggris lainnya.

English Abstract

Vocabulary mastery always becomes one of the very complex tasks in the foreign language learning process. Vocabulary is regarded as the hardest challenge for English Foreign Language learners (EFL). Mehta (2009) states that “vocabulary is the first and foremost important step in language acquisition.” Learning and technology cannot clearly separated, people find the use of English using technology. One kind of technologies people can use is internet, such as YouTube. In YouTube there is a shortened version of the word Video Blog called as Vlog. Vlog is also regarded as an exciting learning resource for EFL learners to practice the language and get authentic exposure. Therefore, the current study is intended to explore the use of embedding Vlog to learn the English vocabulary for undergraduate students at Faculty of Cultural Studies, Brawijaya University, Malang. This research uses descriptive qualitative method. In order to do so, checklist was adapted from Olubanke M Bankole, Stephen O. Babalola(2012). The subjects of this research were three undergraduate students of Faculty of Cultural Studies, Brawijaya University, Malang. This research uses two instruments, interview and observation checklist. The finding showed that Vlog can help the students to learn new vocabulary, the students are interested in developing their vocabulary load using Vlog. By watching English Vlog, the students can learn new vocabulary, and practice it well. Vlog also has positive impact for their academic work, because it provides usefull information for their assignment. The researcher suggests for further researchers to get more respondents and study different focus such as The influence of Vlog for another language skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/519/051706600
Uncontrolled Keywords: Vocabulary, Technology, Social Media (YouTube), Vlog.
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Aug 2017 06:37
Last Modified: 31 May 2022 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1259
[thumbnail of Ephifania Mamuko.pdf] Text
Ephifania Mamuko.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item