Hubungan antara Asupan Energi dan Status Gizi Wanita Usia Subur (WUS) dengan Pre Hipertensi dan Hipertensi di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Putri, AyuAntika (2015) Hubungan antara Asupan Energi dan Status Gizi Wanita Usia Subur (WUS) dengan Pre Hipertensi dan Hipertensi di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kejadian hipertensi pada Wanita Usia Subur (WUS) meningkat seiring berjalannya waktu. Hipertensi pada WUS dikaitkan dengan kejadian obesitas pada WUS yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Obesitas disebabkan oleh multifaktor salah satunya diet tinggi energi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara asupan energi total makanan dan status gizi pada Wanita Usia Subur dengan Pre hipertensi dan Hipertensi di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Desain penelitian menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah WUS yang mengalami Pre Hipertensi dan Hipertensi di wilayah Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dengan sampel sebanyak 48 responden. Analisa data asupan energi makanan total menggunakan analisis nutrisurvey dan analisia hubungan asupan energi dan status gizi menggunakan Pearson Rank Correlation. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan dengan menunjukkan hubungan yang positif namun sangat lemah antara asupan energi dengan status gizi (p = 0,125 dan r = 0,225). Kesimpulan penelitian ini adalah tidak adanya hubungan antara asupan energi dengan status gizi, hal ini disebabkan oleh status gizi tidak hanya dipengaruhi oleh faktor diet saja, melainkan faktor-faktor lainnya seperti aktifitas fisik.

English Abstract

Hypertension in women of childbearing ( WUS ) increased over time. Hypertension in WUS associated with the occurrence of obesity in WUS increased by year. Obesity caused by multifactor one of them high energy diet. The objective of this study was to determine the correlation between intake of total energy food and nutritional status in woman of childbearing with pre hypertension and hypertension in Distric Kedungkandang Malang. Design studies using observational analytic design with the cross sectional approach. Subjects of study is woman of childbearing that experienced pre hypertension and hypertension in the Distric Kedungkandang Malang with samples from 48 of respondents. Analysis of total energy intake using nutrisurvey’s analysis and analysis correlation of energy intake and nutritional status using Pearson Rank Correlation. The results showed no significant correlation with a positive relationship but very weak between intake of energy and nutritional status (p = 0.125 and r = 0.225). The conclusion of this study is the lack of correlation between energy intake and nutritional status, caused by nutritional status is not only influenced by diet alone, but other factor such as physical activity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2015/602/051504596
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Aug 2015 14:23
Last Modified: 19 Oct 2021 08:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/125390
[thumbnail of 6.BAB_4.pdf]
Preview
Text
6.BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7.BAB_5.pdf]
Preview
Text
7.BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 9.BAB_7.pdf]
Preview
Text
9.BAB_7.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8.BAB_6.pdf]
Preview
Text
8.BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10.Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
10.Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lembar_pengesahan.pdf]
Preview
Text
lembar_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.Cover_+_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
1.Cover_+_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf]
Preview
Text
2.Abstrak_Indonesia_+_Inggris.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.BAB_1.pdf]
Preview
Text
3.BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5.BAB_3.pdf]
Preview
Text
5.BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.BAB_2.pdf]
Preview
Text
4.BAB_2.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item